Sukses

Top 3: Kumpulan Ucapan Selamat Idul Fitri 2022

Artikel tentang 20 ucapan maaf dan selamat Idul Fitri, menyentuh hati dan penuh makna menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-Liputan6.com.

Liputan6.com, Jakarta - Hari Raya Idul Fitri tinggal menghitung jam. Setelah sebulan lamanya berpuasa, umat muslim tentu telah menanti-nanti hari kemenangan ini. 

Sebagai hari kemenangan, lebaran atau Hari Raya Idul Fitri kerap dirayakan dengan saling bermaaf-maafan. Biasanya sehari sebelum lebaran tiba, tak sedikit orang bertukar ucapan satu sama lain.

Namun, seperti tahun 2022 dan 2021, tahun ini Idul Fitri dirayakan di tengah pandemi Covid-19. Tak seperti dahulu, pandemi pun membuat individu tak leluasa bersilahturahmi ke sanak saudara, teman dan tetangga.

Oleh karena itu, salah satu cara yakni dengan mengirimkan ucapan Idul Fitri melalui pesan singkat maupun media sosial. 

Artikel tentang 20 ucapan maaf dan selamat Idul Fitri, menyentuh hati dan penuh makna menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang 40 link Twibbon Hari Raya Idul Fitri 2022, lengkap dengan cara membuatnya.

Sementara itu artikel ketiga terpopuler tentang tata cara sholat Idul Fitri 2022, lengkap dengan bacaan niat untuk sendiri dan berjamaah.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 20 Ucapan Maaf dan Selamat Idul Fitri, Menyentuh Hati dan Penuh Makna

 

Berikut beberapa ucapan maaf dan selamat Idul Fitri yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber.

1. Beningkan hati dengan dzikir. Cerahkan jiwa dengan cinta. Lalui hari dengan senyum tetapkan langkah dengan syukur. Sucikan hati dengan pemohhonan maaf. Selamat hari raya Idul Fitri. Taqabbalallahu Minna Wa Minkum, minal aidin wal faizin

2. Mata dapat salah lihat. Telinga dapat salah dengar. Mulut dapat salah bicara. Hati dapat salah sangka. Di hari yang fitri ini, mohon maaf lahir dan batin.

3. Bila ada langkah membekas lara, ada kata merangkai dusta. Ada tingkah menoreh luka, mohon maaf lahir dan batin. Selamat hari raya Idul Fitri 1443 H.

4. Waktu mengalir bagaikan air. Ramadhan suci akan berakhir. Untuk salah yang pernah ada, dan untuk khilaf yang sempat terucap. Pintu maaf akan selalu kuharap. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H, Mohon maaf lahir dan batin.

5. Takbir, tahmid, tahlil telah berkumandang. Memecah keheningan malam. Mengantar rasa syukur kepada-Nya. Esok pagi menyambut hari yang fitri. Selamat Hari Raya Idul Fitri. Taqabbalallahu Minna Wa Minkum.

Selengkapnya...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. 40 Link Twibbon Hari Raya Idul Fitri 2022, Lengkap dengan Cara Membuatnya

Hari Raya Idul Fitri menjadi salah satu momen yang ditunggu-tunggu para muslim di penjuru dunia setelah menjalankan puasa selama satu bulan penuh.

Sebagai hari kemenangan, lebaran kerap dirayakan dengan saling bermaaf-maafan. Namun, seperti tahun 2020-2021, tahun ini Idul Fitri dirayakan di tengah pandemi Covid-19.

Namun, berbeda dengan dua tahun sebelumnya, tahun ini pemerintah akhirnya memperboleh masyarakat kembali melakukan tradisi mudik ke kampung halaman saat hari raya Idul Fitri.

Pada tahun 2020 dan 2021, masyarakat tidak diperbolehkan mudik karena situasi pandemi Covid-19. Jadi, ini menjadi tahun pertama mudik lebaran berlangsung di tengah Covid-19. 

Namun, tak lengkap rasanya jika tak mempersiapkan ucapan Hari Raya Idul Fitri untuk diberikan kepada sanak saudara dan kerabat. Ya, tentu banyak dari Anda yang tak berkesempatan bertemu semua kerabat dan teman yang merayakan lebaran secara langsung, apalagi di saat pandemi Covid-19 seperti ini.

Untuk itu, Anda bisa mengirimkan ucapan Idul Fitri melalui pesan singkat. Namun, Anda juga bisa memeriahkan momen Idul Fitri 1443 H dengan menggunakan Twibbon atau bingkai menggunakan tema tertentu untuk foto profil media sosial maupun aplikasi chatting.

Selengkapnya...

3 dari 3 halaman

3. Tata Cara Sholat Idul Fitri 2022, Lengkap dengan Bacaan Niat untuk Sendiri dan Berjemaah

Tinggal menghitung jam, umat muslim di Tanah Air akan merayakan Hari Raya Idul Fitri. Untuk merayakan Hari Kemenangan, umat muslim biasanya melaksanakan sholat Idul Fitri atau sholat Id secara bersamaan.

Namun, pandemi Covid-19 membuat umat muslim tak bisa menjalani sholat Idul Fitri berjemaah di tahun 2020 dan 2021. Sebagai gantinya umat muslim diimbau untuk melakukannya sendiri di rumah.

Meski masih di tengah situasi pandemi, namun Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyatakan bahwa pemerintah mengizinkan pelaksanaan sholat Idul Fitri di masjid atau lapangan terbuka dengan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19 pada 1 Syawal 1443 Hijriah.

"Sesuai Surat Edaran Kementerian Agama Nomor 8 Tahun 2022, pada tahun ini umat Islam dapat melaksanakan di Hari Raya Idul Fitri, khususnya sholat Idul Fitri 1 Syawal 1443 Hijriah, di masjid maupun di lapangan terbuka," katanya dalam konferensi pers yang diikuti via daring dari Jakarta, Selasa 19 April 2022.

Sholat Idul Fitri sendiri sebenarnya diperbolehkan apabila umat Islam sedang berada dalam kondisi yang tidak memungkinkan untuk berjemaah. Hukum sholat Idul Fitri sendiri yakni sunah muakkad. Hukum sholat Idul Fitri ini sama halnya dengan hukum sholat Idul Adha dan sholat witir.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini