Sukses

20 Ucapan Maaf dan Selamat Idul Fitri, Menyentuh Hati dan Penuh Makna

Sebagai hari kemenangan, lebaran atau Hari Raya Idul Fitri kerap dirayakan dengan saling bermaaf-maafan.

Liputan6.com, Jakarta - Hari Raya Idul Fitri tinggal menghitung jam. Setelah sebulan lamanya berpuasa, umat muslim tentu telah menanti-nanti hari kemenangan ini. 

Sebagai hari kemenangan, lebaran atau Hari Raya Idul Fitri kerap dirayakan dengan saling bermaaf-maafan. Biasanya sehari sebelum lebaran tiba, tak sedikit orang bertukar ucapan satu sama lain.

Namun, seperti tahun 2022 dan 2021, tahun ini Idul Fitri dirayakan di tengah pandemi Covid-19. Tak seperti dahulu, pandemi pun membuat individu tak leluasa bersilahturahmi ke sanak saudara, teman dan tetangga.

Oleh karena itu, salah satu cara yakni dengan mengirimkan ucapan Idul Fitri melalui pesan singkat maupun media sosial.

Berikut beberapa ucapan maaf dan selamat Idul Fitri yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber.

1. Beningkan hati dengan dzikir. Cerahkan jiwa dengan cinta. Lalui hari dengan senyum tetapkan langkah dengan syukur. Sucikan hati dengan pemohhonan maaf. Selamat hari raya Idul Fitri. Taqabbalallahu Minna Wa Minkum, minal aidin wal faizin

2. Mata dapat salah lihat. Telinga dapat salah dengar. Mulut dapat salah bicara. Hati dapat salah sangka. Di hari yang fitri ini, mohon maaf lahir dan batin.

3. Bila ada langkah membekas lara, ada kata merangkai dusta. Ada tingkah menoreh luka, mohon maaf lahir dan batin. Selamat hari raya Idul Fitri 1443 H.

4. Waktu mengalir bagaikan air. Ramadhan suci akan berakhir. Untuk salah yang pernah ada, dan untuk khilaf yang sempat terucap. Pintu maaf akan selalu kuharap. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H, Mohon maaf lahir dan batin.

5. Takbir, tahmid, tahlil telah berkumandang. Memecah keheningan malam. Mengantar rasa syukur kepada-Nya. Esok pagi menyambut hari yang fitri. Selamat Hari Raya Idul Fitri. Taqabbalallahu Minna Wa Minkum.

 

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ucapan Idul Fitri selanjutnya

6. Tiada yang seindah ketika hati tersucikan. Bersih tanpa noda kebencian yang terbasuh oleh Ramadan dan kemurnian hati untuk saling memaafkan. Selamat hari Raya Idul Fitri, minal aidin wal faizin.

7. Terbenamnya matahari di bulan Ramadhan beranjak pergi, berganti fajar syawal di pagi hari. Membawa cahaya kedamaian di pengujung ramadan. Menebar berkah di hari kemenangan. Selamat Idul Fitri, Mohon maaf lahir dan batin.

8. Sunset Ramadhan beranjak pergi, berganti fajar syawal di pagi hari, membawa cahaya kedamaian di penghujung ramadhan, menebar berkah di hari kemenangan. Selamat idul fitri. Taqabbalallahu minna wa minkum. Minal aidin walfaizin.

9. Tiada kesucian menjadi sempurna, tatkala ada salah satu kebencian tertanam dalam jiwa. Untuk membasuh jiwa dari kebencian, dengan melakukan permintaan maaf. Terkirim dari lubuk hati terdalam atas kesalahan selama ini. Selamat Hari Raya Idul Fitri. Mohon maaf lahir dan batin.

10. Seiring kumandang takbir di 1 Syawal, kumohon maaf darimu. Keikhlasan untuk memaafkan merupakan sesuatu yang indah. Semoga Allah SWT menerima semua amal ibadah kita. Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir dan bathin.

 

3 dari 4 halaman

Ucapan lainnya

11. Andai jemari tak sempat berjabat. Andai raga tak dapat bertatap. Seiring beduk yang menggema seruan takbir yang berkumandang. Kuhaturkan salam menyambut hari Raya Idul Fitri. Jika ada kata, serta khilafku membekas lara.. mohon dimaafkan.

12. Bulan Ramadhan telah berlalu. Hari kemenangan telah datang. Untuk itu, mari kita bersihkan hati dan jiwa dari gelimang dosa. Selamat Hari Raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.

13. Sifat sejatinya adalah untuk mengkhotbahkan Allah dan Syariah-Nya di dalam jiwa, di dunia nyata, dalam semua gerakan, sepanjang nafas dan langkah, semoga kita berada pada hari kemenangan itu. Selamat untuk Idul Fitri.

14. Bulan Ramadhan telah berlalu. Hari kemenangan telah datang. Untuk itu, mari kita bersihkan hati dan jiwa dari gelimang dosa. Selamat Hari Raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.

15. Ketika khilaf berlabuh di jiwa akal pun terombang-ambing, kesalahan koyakkan hati, pikiran beku dalam nafsu dan emosi. Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir dan bathin.

4 dari 4 halaman

Ucapan Idul Fitri yang menyentuh

16. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H. Semoga Allah SWT menjadikan kita semua sebagai hamba-hambaNya yang kembali ke fitrah.

17. Tidak ada kata seindah kata maaf, tidak ada perbuatan seindah yang memaafkan, kini hati akan dibersihkan, tanpa noda dan kotoran, Selamat hari raya Idul Fitri. Mohon maaf lahir dan batin.

18. Harta yang paling bernilai adalah kesabaran. Rekan yang paling setia adalah amal. Ibadah yang paling indah adalah keikhlasan. Identitas tertinggi adalah iman. Pekerjaan paling berat adalah memaafkan. Mohon maaf lahir batin, Selamat Hari Raya Idul Fitri.

19. Semoga bulan Ramadhan 1443 H ini, memberikan banyak manfaat untuk kita dan dapat memotivasi kita mengalahkan hawa nafsu dan menuju kemerdekaan dalam Idul Fitri. Terlambat bukan berarti lupa. Selamat Hari Raya Idul Fitri, selamat berlebaran dan berkumpul dengan sanak saudara.

20. Dari dulu terus mencari, meski hati masih sendiri, jangan pernah bersusah hati, karena hari ini Idul Fitri. Semoga kita yang sendiri bisa saling berbagi, minal aidin walfaizin mohon maaf lahir dan batin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.