Sukses

5 Manfaat Buah Naga Bagi Tubuh, Cegah Penyakit Kronis hingga Turunkan Berat Badan

Berikut ini 5 manfaat buah naga bagi kesehatan yang jarang diketahui oleh kebanyakan orang.

Liputan6.com, Jakarta Buah naga menjadi salah satu buah yang banyak kita temui. Buah naga memiliki kulit berwarna merah, dengan daging buah berwarna merah ataupun putih dan memiliki banyak biji di dalamnya. Buah naga kerap disantap langsung atau dijadikan beragam kreasi makanan dan minuman seperti es krim, jus, hingga pudding.

Tak hanya nikmat, buah naga juga kaya akan vitamin dan mineral. Kandungan vitamin yang terkandung dalam buah naga merupakan sumber makanan baik yang sangat berguna bagi tubuh. Mungkin banyak dari kalian tak tahu bahwa buah naga sangat bermanfaat bagi tubuh. Nah, berikut ini 5 manfaat buah naga bagi kesehatan yang jarang diketahui oleh kebanyakan orang.

Mencegah penyakit kronis

Konsumsi buah naga dengan teratur dapat membantu mencegah penyakit kronis. Buah naga merupakan buah yang kaya akan antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh. Zat-zat yang terkandung dalam buah naga berfungsi untuk mengurangi radikal bebas dalam tubuh. Buah naga mengandung beberapa jenis antioksidan yang tinggi seperti vitamin C, beta-karoten, likopen dan betalain.

Antioksidan pada buah naga tersebut akan menetralkan radikal bebas di dalam tubuh, sehingga mencegah kerusakan sel dan peradangan. Selain itu zat yang terdapat dalam buah naga juga dapat berfungsi sebagai pencegah penyakit kronis seperti penyakit jantung, kanker, diabetes, dan peradangan sendi.

Menurunkan berat badan

Bagi Anda yang sedang menjalani diet sangat disarankan untuk mengonsumsi buah ini. Pasalnya buah naga dapat membantu menurunkan berat badan. Kandungan protein yang terkandung di dalamnya sangat tinggi, namun tetap rendah lemak dan karbohidrat. Hal tersebut yang membuat buah naga bisa dijadikan opsi camilan saat diet .

Mengonsumsi satu buah naga akan mampu membuat tubuh tidak mudah merasa lapar. Hal tersebut karena kandungan buah naga tinggi akan serat sehingga membuat tetap merasa kenyang sepanjang hari.

 

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Manfaat Buah Naga Selanjutnya

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat buah naga bagi kesehatan yang jarang diketahui berikutnya adalah dapat menjaga sistem kekebalan tubuh. Pasalnya n=buah naga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. tingginya kadar vitamin C yang ditemukan di dalam buah naga terbukti dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kandungan karatenoid di dalam buah naga juga dapat berfungsi untuk mencegah infeksi dengan cara melindungi sel darah putih di dalam tubuh dari kerusakan. Selain itu dipadukan dengan kandungan antioksidan yang juga bekerja untuk menetralkan radikal bebas dan memberi pertahanan pada sel darah putih.

Sel darah putih sendiri memiliki fungsi vital yaitu melindungi tubuh tetap kuat dan tidak mudah terserang penyakit. Mengonsumsi buah naga secara rutin sangat dianjurkan untuk kesehatan.

Melancarkan Pencernaan

Bagi Anda yang memiliki masalah pada sistem pencernaan, makanlah buah naga dengan rutin. Pasalnya buah naga dapat berfungsi untuk melancarkan pencernaan. Kandungan prebiotic yang terkandung di dalam buah naga memiliki potensi untuk meningkatkan bakteri baik di dalam usus.

Prebiotic memiliki fungsi untuk mendorong pertumbuhan bakteri usus seperti lactobacilli dan bifidobacteria yang berguna untuk melancarkan sistem pencernaan. Itu mengapa buah naga juga bermanfaat untuk mencegah sembelit, sindrom iritasi usus, ataupun kanker kolorektal.

Mencegah Anemia

Manfaat buah naga bagi kesehatan selanjutnya dapat menjadi pencegah dan mengatasi penyakit anemia. Menurut seorang dokter bernama Ahmad Muhlisin, buah naga memiliki khasiat untuk meningkatkan hemoglobin bagi penderita anemia. Zat besi yang terkandung dapat membantu memproduksi sel darah merah, dan membantu untuk oksigenasi organ tubuh manusia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.