Sukses

Lebaran Sebentar Lagi, Ini Bacaan Doa Idul Fitri Beserta Artinya

Berikut ini adalah doa-doa Idul Fitri yang bisa umat muslim lafalkan.

Liputan6.com, Jakarta Dalam hitungan hari kita akan menyambut Hari Raya Idul Fitri. Setelah sebulan penuh berpuasa di bulan Ramadhan, akhirnya seluruh umat muslim akan menyambut Hari Kemenangan. 

Kini umat muslim di seluruh dunia sedang bersuka cita menyambut Hari Raya Idul Fitri. Dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri, sudah sepatutnya bagi umat muslim untuk memanjatkan doa-doa pujian dan penuh harapan kehadirat Allah SWT. Rupanya ada bacaan doa Idul Fitri yang dapat umat muslim lafalkan saat menyambut Hari Raya Idul Fitri seperti sekarang ini.  

Doa Idul Fitri ini memiliki harapan yang baik bagi orang yang melantunkan dan juga yang dilantunkan. Berikut ini adalah doa-doa Idul Fitri yang bisa umat muslim lafalkan.

Bacaan Doa Idul Fitri

Terdapat anjuran doa Idul Fitri yang tertuang dalam kitab Fathul Bari Juz II Halaman 446. Doa Idul Fitri tersebut antara lain berbunyi seperti berikut:

Ibnu Hajar Al Asqalani (pengarang kitab Fathul Bari) berkata, "Telah sampai kepada kami riwayat dengan sanad yang hasan dari Jubair bin Nufair, ia (Jubair bin Nufair) berkata: "Jika Para sahabat Rasulullah saling bertemu di hari raya, sebagiannya mengucapkan kepada sebagian lainnya: "Taqabbalallahu minnaa wa minka."

Namun, ada juga beberapa versi doa Idul Fitri ini yang bisa dibaca oleh umat muslim yaitu:

 

"Taqobalallahu minna wa minkum."

 

Artinya: "Mudah-mudahan Allah menerima (amal ibadah) kita dan kalian."

 

"Taqobalallahu minna wa minkum, taqabbalallahu minna wa minkum wa taqabbal ya kariim."

 

Artinya: "Mudah-mudahan Allah menerima amal ibadah kita dan kamu semua, dan terimalah ya (Allah) yang maha Mulia."

 

"Taqabbalallaahi minnaa wa minkum taqabbal yaa kariim, wa ja'alanaallaahu wa iyyaakum minal 'aaidin wal faaiziin wal maqbuulin kullu ‘aamin wa antum bi khair."

 

Artinya: "Semoga Allah menerima (amal ibadah) kami dan kamu, Wahai Allah Yang Maha Mulia, terimalah!"

Bacaan doa Idul Fitri ini biasa diucapkan oleh satu orang ke orang lainnya. Maka jika Anda mendengar atau mendapatkan doa Idul Fitri tersebut dari seseorang, Anda bisa membalas dengan jawaban berikut:

 

"Minna waminkum taqobbal ya karim."

 

Artinya: "Segala sesuatu yang disampaikan dengan baik, maka akan mendapatkan yang baik pula."

 

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Link Twibbon Hari Raya Idul Fitri 2022

Dalam hitungan hari kita akan merayakan Hari Raya Idul Fitri. Akhirnya setelah satu bulan lamanya menjalankan ibadah puasa, seluruh umat muslim di dunia akan bertemu dengan Hari Kemenangan. Hari Raya Idul Fitri atau Hari Lebaran tentu menjadi momen yang sangat dinantikan oleh seluruh umat muslim di dunia.

Saat Hari Raya Idul Fitri semua umat muslim akan saling mengucapkan maaf. Hal ini lantaran kita sebagai manusia tak luput dari salah. Tak sedikit orang yang lantas bertemu dengan sanak saudara, kerabat dan teman untuk saling bermaafan.

Untuk kalian yang ingin ikut serta memeriahkan momen Hari Raya Idul Fitri 2022 juga bisa menggunakan Twibbon sebagai pilihan. Twibbon sendiri merupakan bingkai foto yang bisa disematkan pada gambar profil di media sosial yang kalian miliki. Menyambut momen Lebaran kalian juga bisa memasang twibbon Hari Raya Idul Fitri 2022 yang cocok digunakan dan diunggah ke media sosial.

Nah, berikut ini adalah beberapa link Twibbon selamat Hari Raya Idul Fitri yang bisa kalian gunakan dan unggah di media sosial mulai dari status Whatsapp, Facebook hingga Instagram.

1. twb.nz/idulfitri-2022

2. twb.nz/twiboniedulfitri1443h

3. twb.nz/idulfitri1443hreviewtechid

4. twb.nz/selamatidulfitritahun2022

5. twb.nz/selamatlebaranidulfitri

6. twb.nz/idulfitri2022yaaa

7. twb.nz/onlyriduan03idulfitri1443h

8. twb.nz/ucapanidulfitrielegant

9. twb.nz/eidmubarakselingkaran3

10. twb.nz/onlyriduan01idulfitri1443h

11. twb.nz/idulfitri1443-2022

12. twb.nz/idulfitri1443hijriyah2022

13. twb.nz/ucapanselamatidulfitri2022

14. twb.nz/garudadpdjatengidulfitri1443h

15. twb.nz/selamatidulfitritahun1443

16. twb.nz/url-idulfitri1443hijriyah

17. twb.nz/idulfitri1443hkbnjt

18. twb.nz/idulfitri1443h-1

19. twb.nz/eidmubarakselingkaran5

20. twb.nz/framehariraya1443h

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.