Sukses

10 Manfaat yang Bisa Anda Dapatkan Bila Menggunakan Air Purifier

Berikut ini manfaat yang Anda dapatkan bila menggunakan air purifier atau pembersih udara

Liputan6.com, Jakarta EPA Amerika Serikat memperingatkan efek polusi dalam ruangan terhadap kesehatan kita, mulai dari masalah jangka pendek seperti pusing hingga perkembangan penyakit jangka panjang. Karena kebiasaan seperti merokok bersama dengan partikel asap knalpot mobil dan alergen, udara yang kita hirup di rumah dapat berdampak negatif bagi kesehatan kita.

Pembersih udara atau air purifier bekerja dengan menarik udara kotor dan tercemar melalui filter untuk memurnikannya dan membuang racun. Dengan memasang pembersih udara, sebenarnya Anda dapat mengurangi penumpukan toksin dengan mensirkulasikan udara bersih.

Berikut ini manfaat yang didapat bila menggunakan air purifier di rumah seperti dihimpun dari Brightside.me.

1. Membersihkan udara rumah yang mengandung asap rokok atau api terbuka

Apakah Anda seorang perokok, Anda tinggal dengan seorang perokok, atau Anda memiliki perapian terbuka, Anda bisa saja menghirup berbagai tingkat karbon monoksida —— atau dalam kasus rokok, bahan kimia berbahaya.

Asap tembakau dapat menyebabkan efek samping kesehatan yang serius seperti bronkitis dan asma. Asap rokok juga dapat merusak anak-anak yang paru-parunya lebih rentan saat mereka berkembang.

Manfaat air purifier adalah membantu menghilangkan bagian berbahaya dari asap. Filter HEPA dapat menghilangkan lebih dari setengah partikel merusak yang dihasilkan oleh asap rokok yang terperangkap dalam filter.

Ini juga membantu menghilangkan faktor risiko asap rokok, yang dapat Anda hirup jika Anda tinggal dengan seorang perokok.

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Mengurangi gejala asma dengan menghilangkan debu dari udara

Asma ditandai dengan rasa sesak di dada yang bisa membuat sulit bernapas. Asma rentan memburuk ketika terganggu oleh alergi tertentu karena hewan, tungau debu, dan spora jamur.

Iritasi berbahaya ini dapat dihilangkan dengan pembersih udara, sehingga meredakan serangan asma di sekitar rumah.

Karena pembersih udara bekerja dengan menyaring partikel di udara, mereka mencegah penumpukan debu dengan menghilangkannya sebelum mengendap. Ini kemudian mendorong kesehatan pernapasan yang lebih baik yang sangat penting bagi mereka yang menderita asma. Dan sebagai bonus, ini membantu menjaga rumah Anda tetap segar dan bersih.

3. Menangani gas alam di rumah yang menumpuk saat tidak diudarakan

Kita terus-menerus dikelilingi oleh gas alam yang dihasilkan oleh bahan organik, apakah itu karbon monoksida dari napas kita sendiri atau radon yang dipancarkan dari lingkungan kita (seperti dari tanah, batu, dan air). Namun, penumpukan beberapa gas alam ini dapat memiliki efek berbahaya, seperti radon.

Radon memasuki rumah dan ruang kerja melalui celah di lantai dan retakan di batu bata dan plester yang bisa menjadi masalah jika Anda tinggal di daerah yang kaya radon. Dengan pembersih udara, racun tidak dapat menumpuk di dalam rumah Anda berkat udara bersih yang terus-menerus bersirkulasi, yang berarti Anda akan lebih sedikit terpapar radon tingkat tinggi ini.

 

3 dari 6 halaman

4. Mengurangi polusi eksternal dari asap knalpot diesel di dalam rumah

Meskipun kita membuka jendela untuk mendapatkan udara segar, kita masih rentan terhadap polutan. Hal ini terutama ketika Anda menghirup udara melalui jendela Anda dari jalan terdekat yang dapat mengandung partikel asap knalpot mobil dan polusi lainnya.

Partikel yang dibuat oleh mesin mobil diesel telah terbukti memiliki konsekuensi kesehatan yang signifikan, seperti yang diperingatkan oleh WHO (Organisasi Kesehatan Dunia). Untuk mengurangi dampak polutan ini di dalam rumah, pembersih udara bekerja untuk menyaring partikel dari udara untuk menghindari penghirupan.

5. Melindungi mereka yang rentan terkena virus dan penyakit

Memiliki pembersih udara membantu menjaga mereka yang rentan terhadap penyakit dan penyakit aman dari penyebaran bakteri di dalam rumah. Ini dapat melindungi orang tua, orang lemah, dan mereka yang rentan terhadap virus dan penyakit dengan membersihkan bakteri di udara dari sekitar rumah.

Karena virus biasanya menyebar melalui udara, terutama saat bersin dan batuk, pembersih udara akan mengurangi bakteri di udara yang kita hirup. Meskipun tidak dapat menghilangkan risiko penularan dan kontaminasi melalui bakteri permukaan, ini akan menurunkan risiko secara signifikan.

 

4 dari 6 halaman

6. Membantu mengurangi reaksi alergi dengan membersihkan udara dari iritasi

Kita terus-menerus dikelilingi oleh alergen potensial baik di luar maupun di dalam rumah. Dengan menghilangkan potensi agitasi yang disebabkan oleh hal-hal seperti hewan peliharaan, serbuk sari, tungau debu, dan spora jamur, Anda dapat menurunkan tingkat alergen di rumah Anda.

Dengan menghilangkan partikel dari udara yang dipancarkan oleh hewan dan alergen lainnya, pembersih udara memastikan gejala yang kurang mengganggu. Reaksi alergi bisa berkurang berkat sirkulasi udara bersih yang telah disaring dari potensi iritan.

7. Membantu menurunkan kadar karbon dioksida di rumah

Rumah kita mengandung kadar karbon dioksida yang dihasilkan dari napas kita (juga napas hewan peliharaan kita). Jika Anda tidak mengudarakan rumah Anda, level ini akan meningkat. Hal ini menyebabkan perasaan mengantuk dan pusing karena tubuh tidak menerima oksigen yang cukup.

Dengan adanya filter udara, udara segar akan terus bersirkulasi ke dalam rumah, artinya kandungan oksigen akan semakin tinggi. Ini akan secara efektif menurunkan tingkat karbon monoksida dan meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan Anda saat di rumah.

 

5 dari 6 halaman

8. Mengurangi bau di sekitar rumah dengan menjaga udara tetap segar

Ada beberapa bau yang sulit kita hilangkan, entah itu dari masakan atau hewan peliharaan kita. Jika Anda tidak memiliki ventilasi rumah yang baik, maka pembersih udara dapat membantu menghilangkan bau yang tidak diinginkan ini.

Apakah bau ini hanya tidak menyenangkan atau menimbulkan ancaman kesehatan yang lebih serius, menyebabkan alergi dan asma, menyaring udara dari partikel yang tidak diinginkan akan meningkatkan kualitas udara yang Anda hirup.

9. Membantu menghilangkan serangga dari sekitar rumah

Pembersih udara dapat menyingkirkan serangga yang sulit dihilangkan seperti tungau debu dan nyamuk. Keduanya dapat menjengkelkan untuk hidup bersama, tetapi nyamuk membawa risiko tambahan penularan penyakit dan sangat bagus dalam mengganggu tidur malam yang nyenyak.

Anda dapat menghilangkan serangga lebih efektif dengan pembersih udara daripada menggunakan pembunuh serangga beracun yang akan mengundang racun baru ke dalam rumah Anda.

6 dari 6 halaman

10. Meningkatkan tingkat suasana hati dengan memberi Anda udara segar

Telah terbukti bahwa menggunakan pembersih udara dapat meningkatkan suasana hati yang lebih positif karena Anda menjadi kurang gelisah saat menghirup udara bersih. Banyak dari kita mengalami depresi musiman atau gangguan afektif musiman (SAD), namun menggunakan filter udara dapat meningkatkan suasana hati Anda.

Menggunakan filter udara "pengion" yang menghasilkan "ion negatif" disarankan karena mereka bertanggung jawab untuk meningkatkan suasana hati kita. Jelas, untuk hasil terbaik, filter pengion adalah cara yang tepat!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.