Sukses

Tekan Angka Kematian Akibat Covid-19, Pemerintah AS Tingkatkan Persediaan Vaksin dan Obat

Pemerintah AS tingkatkan persediaan vaksin dan obat guna mencegah adanya kematian akibat covid-19.

Liputan6.com, Jakarta Ketika mandat masker dicabut, dan langkah-langkah mitigasi semakin diperketat di seluruh negeri, kenyataan pahit terus menghalangi kembalinya dunia ke keadaan normal sebelum pandemi. Ratusan orang Amerika masih kehilangan nyawa karena COVID-19 setiap hari.

Namun, dengan semakin tersedianya vaksin virus corona dan perawatan antivirus, banyak pakar kesehatan menegaskan bahwa, mengingat kemajuan medis Amerika Serikat yang luar biasa dalam memerangi virus pada saat ini, hanya sedikit orang Amerika yang masih harus sekarat karena COVID-19.

"Seharusnya cukup dekat dengan 'tidak ada'," Dr. Shira Doron, seorang dokter penyakit menular dan ahli epidemiologi rumah sakit di Tufts Medical Center, mengatakan kepada ABC News.

Para ahli penyakit menular mengatakan bahwa sebagian besar dari mereka yang masih sekarat adalah yang tidak divaksinasi. Pada bulan Februari, orang dewasa yang tidak divaksinasi 10 kali lebih mungkin meninggal karena COVID-19 dibandingkan dengan individu yang divaksinasi dan lima kali lebih mungkin memerlukan rawat inap.

Jika dibandingkan dengan orang dewasa yang divaksinasi penuh dan disuntik booster, orang yang tidak divaksinasi sekitar 20 kali lebih mungkin meninggal karena COVID-19 dan tujuh kali lebih mungkin memerlukan rawat inap.

“Kami memiliki vaksin yang, untuk orang dengan sistem kekebalan normal, sekitar 90% efektif mencegah rawat inap, dan, bagi mereka yang terkena COVID-19 dan bahkan memiliki satu faktor risiko untuk berkembang menjadi penyakit parah, kami memiliki perawatan, seperti Paxlovid dan Bebtelovimab, yang 90% efektif mencegah perkembangan ke rawat inap," kata Doron. 

"Tambahkan itu bersama-sama dan tidak hanya tidak ada yang sekarat, tetapi tidak ada yang harus dirawat di rumah sakit, jika kita menggunakan alat-alat itu sebagaimana mestinya." 

Terlepas dari persetujuan medis yang luas dari obat-obatan, pejabat federal mengatakan bahwa banyak dari sumber daya tersebut, dalam persediaan yang lebih dari cukup, tidak digunakan secara luas sebagaimana mestinya, dan sebagai akibatnya, ribuan nyawa hilang secara tidak perlu.

 

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pemerintah sediakan lebih banyak obat

Pada hari Selasa, Gedung Putih mengumumkan bahwa mereka akan mengambil tindakan baru untuk meningkatkan akses ke Paxlovid, pil antivirus COVID-19 Pfizer.

"Kami sekarang memiliki lebih banyak alat daripada sebelumnya untuk melindungi orang dari virus, termasuk perawatan yang sangat efektif," kata pemerintahan Biden dalam sebuah pernyataan Selasa (26/4/2022).

Paxlovid, yang mengurangi risiko rawat inap dan kematian hingga 90%, saat ini diresepkan untuk sekitar 55.000 orang Amerika seminggu, yaitu sekitar 2,5 kali lebih banyak dari sebulan yang lalu. Tetapi selama seminggu terakhir, AS telah melihat rata-rata 44.000 infeksi baru setiap hari.

Rencana administrasi adalah untuk menggandakan jumlah apotek yang menyimpan obat menjadi 40.000 lokasi secara nasional dalam beberapa minggu mendatang, karena sebelumnya dibatasi menjadi 20.000 karena pasokan yang tidak mencukupi.

Pejabat juga akan bekerja untuk memberikan lebih banyak panduan dan alat kepada dokter untuk memahami dan meresepkan perawatan. Terlepas dari rencana untuk meningkatkan ketersediaan obat-obatan penting untuk memerangi COVID-19, beberapa ahli kesehatan khawatir bahwa itu masih belum cukup untuk menyelamatkan nyawa, mengingat banyak hambatan yang menghalangi memastikan bahwa obat-obatan dan perawatan tersebut tersebar luas. dapat diakses oleh semua orang yang membutuhkannya.

3 dari 3 halaman

Masalah akses tetap kritis

Meskipun terapi dan vaksin akan menjadi alat penting untuk mencegah penyakit serius dan kematian, para ahli mengatakan penurunan jumlah kematian harian COVID-19 juga akan menjadi fungsi dari peningkatan akses yang adil terhadap tindakan pencegahan dan perawatan ini.

"Akses yang adil adalah penghalang besar pada saat ini, terutama untuk perawatan yang efektif seperti Paxlovid," Colleen Kelley, seorang profesor di divisi penyakit menular di Emory University School of Medicine, mengatakan kepada ABC News.

Kurangnya akses transportasi ke apotek yang tepat dapat memiliki konsekuensi besar bagi kesehatan masyarakat. Menurut analisis ABC News musim panas lalu dari lokasi apotek di seluruh negeri, ada 150 kabupaten di mana tidak ada apotek, dan hampir 4,8 juta orang tinggal di kabupaten di mana hanya ada satu apotek untuk setiap 10.000 penduduk atau lebih.

Berdasarkan data Sensus, ada jauh lebih sedikit apotek per orang terutama apotek di bagian pedesaan negara dibandingkan dengan daerah perkotaan. Selain itu, ketidaksetaraan akses menggarisbawahi kesenjangan rasial yang lazim di seluruh negeri baik di daerah pedesaan maupun perkotaan, dengan lebih banyak apotek per orang di lingkungan menengah daripada di lingkungan yang lebih miskin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.