Sukses

Ide Hampers Lebaran Low Budget Tak Sampai Rp 100 Ribu

Berikut ini ide hampers lebaran yang ramah di kantong

Liputan6.com, Jakarta Hari raya lebaran hampir tiba. Tradisi membuat kue kering, memasak ketupat dan opor ayam, serta silaturahmi dengan sanak saudara tak pernah ditinggalkan umat Islam di Indonesia saat merayakan lebaran. Satu lagi yang tak pernah luput yaitu kebiasaan masyarakat bertukar bingkisan lebaran atau hampers.

Berbagi hampers menjelang lebaran menjadi tradisi yang ngetren akhir-akhir ini. Orang-orang sibuk mengirimkan hampers terbaiknya, untuk kerabat, sahabat, maupun rekan-rekan kerja. Sebenarnya, kebiasaan untuk saling memberikan bingkisan lebaran sudah ada sejak lama. Dulu, nama bingkisan ini adalah parcel.

Tak hanya itu, Rasulullah SAW bahkan menganjurkan umatnya untuk saling bertukar hadiah. Hal itu dijelaskan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari. "Salinglah memberi hadiah, maka kalian akan saling mencintai." (HR. Bukhari)

Meski demikian, Anda tak perlu memaksakan diri untuk memberikan hampers yang diluar batas kemampuan financial. Anda bisa lho, memberikan hampers sesuai dengan keinginan dan budget Anda sendiri.

Nah, jika Anda ingin berbagi hampers untuk teman dan kerabat dengan dana yang terbatas, simaklah ide-ide hampers dengan budget di bawah Rp 100.000 berikut ini:

Masker dan Hand Sanitizer

Meski pandemi COVID-19 telah mereda, bukan berarti kita harus lengah dan mengabaikan protokol kesehatan. Ya, Anda bisa mengirimkan hampers berisi masker, had sanitizer, dan mask strap untuk teman dan kerabat. Selain meghabiskan dana yang tidak terlalu besar, hampers berisi perlengkapan sanitari ini juga pasti akan sangat berguna bagi mereka yang menerimanya.

 

 

 

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hijab

Hampers berisi hijab juga tidak memerlukan biaya yang terlalu besar. Jika Anda memiliki dana Rp 100.000, Anda sudah bisa membeli hijab bahan paris lengkap dengan ciputnya. Tak hanya harganya yang terjangkau, hijab juga berguna untuk bisa dipakai saat hari raya Idul Fitri.

Peralatan Sholat

Perlengkapan sholat seperti sajadah, mukena, atau peci juga bisa jadi pilihan hampers yang ramah di kantong. Saat ini ada banyak pilihan mukena yang dijual dengan harga terjangkau namun tetap berkualitas. Sangat pas untuk dipakai Sholat Id nanti!

Tumblr dan Alat Makan

Ide hampers yang ramah di kantong selanjutnya adalah alat makan dan tumblr. Tumblr dan alat makan seperti sendok, garpu, serta sumpit merupakan barang yang berguna dan praktis dipakai ke mana-mana. Selain itu, Anda bisa sekalian mengajak kerabat untuk menjalani hidup yang lebih ramah lingkungan.

3 dari 4 halaman

Kue Lebaran

Kue Lebaran

Kue lebaran tak hanya sebatas nastar, kastengel, dan sagu keju yang membutuhkan dana cukup besar untuk membuatnya. Jika punya dana yang terbatas, Anda bisa memberikan kue lebaran berisi kue semprit, biji ketapang, atau puding buatan sendiri sebagai hampers untuk kerabat.

Minuman Rempah

Saat ini ada banyak toko online yang menjual minuman rempah kemasan dengan harga terjangkau. Anda bisa juga mengemasnya sendiri dengan cantik untuk diberikan sebagai hampers kepada kerabat. Tak hanya harganya yang ramah di kantong, minuman rempah ini juga bisa jadi konsumsi sehari-hari selama pandemi.

Tanaman

Selama pandemi, banyak orang jadi senang berkebun dan mengoleksi tanaman. Jika kerabat Anda juga suka tanaman, maka bisa menjadikan hal yang satu ini sebagai hampers lebaran. Beberapa tanaman dibanderol dengan harga terjangkau. Anda hanya perlu menghias dan menjadikannya hampers lebaran. Tak lupa tambahan ucapan dan kartu Lebaran sebagai tanda perhatian.

 

4 dari 4 halaman

Tips Menghias Hampers Sendiri

Di media sosial, berseliweran hampers lebaran dengan hiasan gaya rustic. Berbeda dengan hampers jadul yang dibungkus menggunakan plastic wrap, kemasan hampers yang sedang ngetren saat ini menggunakan besek yang terbuat dari bambu. 

Biasanya, harga hampers yang dijual lengkas dengan hiasannya dibanderol dengan harga lebih mahal. Anda bisa juga lho membuatnya sendiri di rumah untuk membungkus hadiah lebaran untuk orang-orang tersayang.

Bahan-Bahan:

- Besek bambu

- Bunga kering

- Tali rami

- Kardus

- Kertas samson

- Isolasi plastik

- Gunting

Cara membuat:

1. Gunting kertas samson dengan bentuk memanjang, dan kumpulkan menjadi satu ke dalam besek sebagai alas dari hampers tersebut

2. Letakkan hadiah di atasnya

3. Berikan kartu ucapan yang sudah dituliskan, terbuat dari kardus yang dilapisi kertas samson

4. Tempelkan bunga kering pada kartu ucapan

5. Tutup besek, ikat menggunakan tali rami

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.