Sukses

Waspada Penyakit Liver Misterius Dapat Infeksi Anak Akibat Varian Covid-19 yang Belum Diketahui

Penyakit liver misterius diketahui menginfeksi anak akibat varian Covid-19 yang belum diketahui

Liputan6.com, Jakarta Penyakit liver misterius yang mungkin disebabkan oleh varian virus corona yang belum terdeteksi telah membuat beberapa anak membutuhkan transplantasi. Lebih dari 70 kasus hepatitis parah pada anak-anak berusia antara dua dan lima tahun telah tercatat di Inggris sepanjang tahun ini.

Meskipun ukuran sampel 13 orang yang dirawat karena penyakit di Rumah Sakit Royal Skotlandia untuk Anak-anak pada bulan Maret dan April kecil, ini lebih besar dari tingkat kasus yang diharapkan di negara itu untuk satu tahun penuh.

Sebelum mencari pengobatan, banyak anak mengalami periode muntah dan penyakit kuning yang hebat. Di rumah sakit beberapa anak telah didiagnosis dengan gagal hati akut dan membutuhkan transplantasi.

Pejabat yang berbasis di Inggris melakukan kontak dengan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Amerika Serikat, yang sedang menyelidiki kelompok kasus yang membingungkan di negara mereka sendiri.

Para ilmuwan yang telah mencoba mencari tahu apa di balik lonjakan kasus telah mencatat bahwa lima dari 13 anak yang membutuhkan perawatan di Skotlandia baru-baru ini tertular Covid-19, dan tidak satu pun dari mereka yang divaksinasi.

Ini telah menyebabkan hipotesis yang saat ini tidak berdasar bahwa virus corona dapat dikaitkan dengan kondisi tersebut dalam beberapa cara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tingkat keparahan yang luar biasa

"Penyebab menular lainnya yang masih dieksplorasi termasuk peningkatan keparahan penyakit setelah infeksi Omicron BA.2 (virus SARS-CoV-2 dominan yang beredar di Skotlandia) atau infeksi oleh varian SARS-CoV-2 yang belum dikarakterisasi," ilmuwan Euro Surveillance tulisnya dalam laporan baru-baru ini.

"Sebagai catatan, tidak ada anak yang divaksinasi untuk SARS-CoV-2. Virus baru atau virus yang belum terdeteksi juga tidak dapat dikesampingkan saat ini."

Selain jumlah kasus, tingkat keparahan penyakit ini "sayangnya luar biasa", laporan itu melanjutkan.

Tiga anak memerlukan evaluasi transplantasi hati di pusat perawatan kuartener di Inggris, di mana layanan spesialis tersedia.

"Satu anak berhasil menerima transplantasi. Lima dari 13 kasus masih dirawat di rumah sakit. Sampai saat ini, belum ada korban jiwa," para ilmuwan melaporkan.

Ada teori yang bersaing ketika datang ke asal penyakit. Awalnya para ilmuwan berspekulasi bahwa paparan makanan, minuman, atau mainan beracun bisa menjadi penyebab meningkatnya, meskipun tidak ada paparan umum yang ditemukan.

 

3 dari 5 halaman

Diduga penyebabnya Adenovirus

Hipotesis terkemuka adalah bahwa adenovirus adalah penyebabnya. Adenovirus adalah virus berukuran sedang dan tidak berselubung yang datang dalam lebih dari 50 bentuk yang dapat mempengaruhi manusia dan menyebabkan berbagai gejala, termasuk infeksi pernapasan ringan pada anak-anak dan penyakit multi-organ yang mengancam jiwa pada orang dengan sistem kekebalan yang lemah.

"Pada saat publikasi, hipotesis utama berpusat di sekitar adenovirus—baik varian baru dengan sindrom klinis yang berbeda atau varian yang beredar secara rutin yang berdampak lebih parah pada anak-anak yang lebih muda yang naif secara imunologis," kata laporan itu.

"Skenario terakhir mungkin akibat dari pergaulan sosial yang terbatas selama pandemi Coviud-19. Infeksi adenovirus sebagai penyebab hepatitis parah jarang terjadi pada anak-anak yang imunokompeten tetapi telah dilaporkan dalam laporan dan rangkaian kasus."

4 dari 5 halaman

Tidak Divaksinasi, Efek Samping Mematikan Covid-19 Bisa Menyerang Berbulan-bulan Setelah Sembuh

Petugas medis telah mengeluarkan peringatan tentang efek samping Covid yang mematikan yang dapat mempengaruhi penderita berbulan-bulan, atau bahkan bertahun-tahun, setelah mereka tertular virus.

Studi baru mereka telah mengungkapkan bahwa orang yang memiliki virus, menghadapi risiko gagal jantung sebanyak 72 persen lebih tinggi 12 bulan setelah infeksi.

Bahkan orang yang tidak memiliki serangan Covid-19 yang parah, ditemukan bahwa mereka masih dapat mengembangkan masalah.

Studi ini diterbitkan dalam jurnal Nature Medicine peer-review, tetapi diselesaikan sebelum vaksin dikembangkan, jadi tidak memperhitungkan efeknya.

Ditemukan bahwa efek jangka panjang dari Covid dapat dilihat pada jantung dan sistem pembuluh darah.

Ini termasuk gagal jantung, serangan jantung, stroke, pembekuan darah dan banyak lagi.

Para ahli melihat data lebih dari 11 juta veteran AS, termasuk 154.000 yang menderita Covid.

Kesimpulan mereka memperkirakan risiko dalam satu tahun tertular Covid untuk sekitar 20 penyakit kardiovaskular yang terpisah.

5 dari 5 halaman

Risiko yang tinggi

Kesimpulan mereka memperkirakan risiko dalam satu tahun tertular Covid untuk sekitar 20 penyakit kardiovaskular yang terpisah.

Ditemukan bahwa mereka yang memiliki Covid setahun sebelumnya memiliki risiko yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki Covid.

Tanpa dampak vaksin, itu berarti orang yang tidak divaksinasi menghadapi efek samping yang mengkhawatirkan jika mereka terkena Covid.

Risiko mereka akan meningkat semakin serius serangan Covid mereka.

Berbicara kepada Fox News, Eveline Grayver, direktur kesehatan jantung wanita di Northwell Health di New York membahas hasilnya.

Dia tidak terlibat dalam penelitian ini, dan berkata: “Ada 20 gangguan jantung yang didiagnosis untuk pasien yang menderita long Covid."

“Yang paling umum adalah sesak napas dan kelelahan."

"Aritmia atau irama jantung abnormal yang dialami orang, juga signifikan dan dapat menjadi sangat melumpuhkan bagi banyak pasien," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.