Sukses

8 Tips Aman dan Nyaman Mudik Bersama Anak dengan Mobil Pribadi

Jika Anda ingin mudik bersama anak-anak, pastinya akan ada lebih banyak hal yang perlu dipersiapkan.

Liputan6.com, Jakarta - Hari raya lebaran hanya tinggal menghitung hari. Menjelang lebaran, masyarakat Indonesia tak pernah absen dari tradisi mudik atau pulang ke kampung halaman. Sering kali mudik bersama keluarga dan anak-anak menjadi pengalaman tak terlupakan setiap tahunnya.

Survei Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menunjukkan, 40 juta orang diperkirakan akan mudik dengan naik kendaraan pribadi untuk merayakan Idul Fitri 1443 Hijriah.

Presiden Joko Widodo mengungkapkan bahwa berdasarkan suvei tersebut, akan ada 23 juta mobil dan 17 juta sepeda motor yang akan digunakan oleh para pemudik.

Ya, sejumlah persiapan harus dilakukan agar perjalanan mudik lebaran menggunakan mobil menjadi aman, nyaman, dan lancar. Mulai dari mengecek kondisi mobil, hingga barang-barang penting yang harus dibawa selama perjalanan. Jika Anda ingin mudik bersama anak-anak, pastinya akan ada lebih banyak hal yang perlu dipersiapkan.

Simak tips mudik aman dan nyaman bersama anak menggunakan mobil pribadi yang kami rangkum dari berbagai sumber:

1. Periksa Kondisi Mobil

Saat akan melakukan perjalanan jauh, penting untuk memeriksa kondisi mobil. Ada baiknya Anda membawa mobil ke bengkel untuk mendapatkan perawatan secara menyeluruh. Kondisi mobil yang prima menjadi salah satu faktor lancar dan amannya perjalanan mudik.

2. Tempat Duduk yang Aman

Jok mobil umumnya didesain untuk orang dewasa. Sementara anak-anak memiliki ukuran tubuh yang berbeda dengan orang dewasa. Karena itu, ada baiknya Anda menyiapkan tempat duduk yang aman dan nyaman bagi anak-anak. Misalnya, Anda bisa menyiapkan car seat untuk bayi dan anak hingga usia 6 tahun.

Car seat diketahui lebih aman dan nyaman digunakan oleh buah hati selama perjalanan di dalam mobil, serta bisa melindungi mereka dari benturan keras

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Bawa Makanan dan Mainan Kesukaan Anak

Jika Anda ingin mudik bersama anak-anak, pastikan untuk menyiapkan kebutuhan mereka dengan matang. Di antara yang terpenting adalah membawa makanan dan mainan kesukaan anak yang bisa dinikmati saat dalam perjalanan mudik. Selain itu, jangan lupa untuk membawa botol minum anak, air mineral yang cukup, dan alat sanitari mereka.

Perbanyak koleksi buku bacaan dan referensi games-games yang bisa dimainkan saat dalam perjalanan mudik. Misalnya juga mengoleksi lagu-lagu anak-anak agar mereka juga nyaman saat perjalanan.

4. Beristirahat Sesekali

Saat Anda mudik menggunakan mobil pribadi, pastinya perlu memperhatikan stamina dalam mengemudi agar perjalanan Anda aman dan selamat sampai tujuan. Begitu pun saat Anda mudik bersama anak-anak. Pastikan untuk beristirahat sesekali saat lelah, dan ada baiknya untuk memberikan anak waktu istirahat dengan keluar dari mobil.

Ajak anak untuk meregangkan tubuh, mengganti baju dan popok saat istirahat. Anda juga bisa makan bersama anak saat istirahat di rest area.

Selain itu, Anda wajib mengetahui lokasi untuk beristirahat. Perhatikan tempat-tempat yang bisa untuk dipakai istirahat, di antaranya pom bensin, rest area, dan rumah makan. Dengan begitu, saat anak sudah mulai rewel atau bosan, Anda bisa memperkirakan berapa lama lagi akan sampai ke tempat istirahat.

3 dari 3 halaman

5. Pertolongan Pertama Mabuk Perjalanan

Sediakan plastik tempat sampah dan plastik untuk kantung muntah jika sewaktu-waktu anak-anak mabuk dalam perjalanan. Pastikan kantung plastik ditempatkan di tempat-tempat yang mudah dijangkau misalnya di samping pintu atau di belakang kursi pengemudi yang memiliki kantong.

Selain itu, jangan lupa untuk membawa obat-obatan dan vitamin anak saat perjalanan mudik, termasuk obat anti mabok dan minyak balur.

6. Manfaatkan Fitur Keselamatan Kendaraan

Pastikan jendela belakang terkontrol dari kemudi depan. Anda bisa mengaktifkan child lock baik untuk jendela atau pintu belakang agar tidak mudah dibuka dan dimainkan oleh anak-anak. Pastikan semua beroperasi dengan sempurna sebelum berangkat mudik.

7. Siapkan Hiburan untuk Anak

Selain makanan dan mainan, penting juga untuk menyiapkan hiburan yang disukai anak seperti musik dan film yang bisa diputar di mobil. Jika mobil Anda sudah dilengkapi dengan fasilitas DVD, tentu hal ini akan sangat membantu. Saat anak-anak sudah bosan dengan games, mainan, dan nyanyian, tidak ada salahnya memutarkan film-film favorit mereka.

8. Pertimbangkan Waktu Perjalanan

Saat mudik bersama anak, Anda bisa memperhatikan jam tidur mereka. Anda bisa memulai perjalanan mudik pada waktu mereka tidur. Pasalnya, anak-anak akan lebih tenang dan tidak mudah terganggu dalam perjalanan panjang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.