Sukses

Aplikasi Ini Klaim Dapat Menguji Covid-19 dengan Batuk ke Arah Ponsel

Aplikasi Ini Klaim Dapat Menguji Covid-19 dengan Batuk ke Arah Ponsel dengan Akurasi hingga 92%

Liputan6.com, Jakarta Sebuah aplikasi smartphone baru mengklaim dapat menguji apakah Anda positif Covid-19 dengan akurasi hingga 92%. Caranya pun cukup unik. Anda cukup batuk ke ponsel untuk mengetahui hasilnya.

ResApp, yang dikembangkan oleh para ilmuwan, menggunakan pembelajaran mesin untuk menganalisis suara batuk.

Saat dalam tahap pengujian, aplikasi ini ditemukan telah mendeteksi Covid-19 dengan benar pada 92% orang yang terinfeksi.

Profesor Catherine Bennett, anggota Dewan Penasihat Ilmiah Covid-19 ResApp, mengatakan: "Skala besar dari pandemi global ini dan kemungkinan evolusi menjadi penyakit endemik berarti kita membutuhkan alat diagnostik yang lebih terukur yang dapat menyeimbangkan ketergantungan kita yang berlebihan saat ini pada pemeriksaan antigen dan PCR."

"Dengan mengesampingkan Covid-19 secara cepat, tes COVID-19 ResApp akan secara signifikan mengurangi jumlah tes antigen dan PCR cepat yang diperlukan, sambil tetap mempertahankan pengawasan penyakit yang diperlukan untuk mengelola dampak lanjutan dari Covid-19."

Pengembang menguji aplikasi dengan mendaftarkannya pada 741 pasien di India dan AS - termasuk 446 orang dengan Covid-19.

Para peserta menyelesaikan survei tentang gejala yang mereka alami dan batuk ke smartphone yang memiliki aplikasi di dalamnya.

Hasilnya menunjukkan aplikasi tersebut mampu mendeteksi Covid dengan benar pada 92% orang dengan virus tersebut.

Tes aliran lateral dapat mendeteksi sekitar 72% kasus bergejala dan 58% kasus tanpa gejala.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pfizer tertarik untuk mengakuisisi

Para peneliti selanjutnya menguji aplikasi untuk melihat apakah itu akan mendeteksi Covid-18 secara khusus dengan mengujinya terhadap batuk dari 1.007 pasien yang menderita kondisi pernapasan lain, termasuk asma, pneumonia, dan infeksi saluran pernapasan.

Tes ini mengungkapkan aplikasi mendeteksi Covid-19 dengan spesifisitas 90%.

Pengembang mengatakan aplikasi ini akan digunakan dalam pengaturan di mana pengujian Covid-19 sering diperlukan, yang mencakup pengaturan perjalanan, olahraga, hiburan, dan perawatan kesehatan.

Inovasi ini terbukti menarik Pfizer yang telah menawarkan untuk mengakuisisi ResApp seharga 0,088 poundsterling per saham secara tunai, yang mewakili total nilai ekuitas sekitar 57,14 juta poundsterling.

Tony Keating, CEO dan Managing Director ResApp menambahkan: "Kami sangat gembira dengan hasil awal untuk mendeteksi Covid-19 menggunakan audio batuk yang direkam pada smartphone."

"Algoritma ini menawarkan peluang unik untuk menyediakan uji skrining Covid-19 dalam skala besar di seluruh dunia, mengurangi tantangan distribusi, biaya, dan dampak lingkungan dari pengujian antigen dan PCR cepat," pungkasnya.

3 dari 5 halaman

Jadi yang Terlama, Seorang Pasien di Inggris Terinfeksi Covid-19 Lebih dari 16 Bulan

Dokter Inggris telah mendokumentasikan infeksi Covid-19 terlama. Seorang pasien yang mereka tangani memiliki tingkat virus yang terdeteksi selama lebih dari 16 bulan, atau total 505 hari.

Individu yang tidak disebutkan namanya itu memiliki kondisi medis lain yang mendasarinya dan sayangnya meninggal di rumah sakit pada tahun 2021. Infeksi persisten seperti ini masih jarang, kata petugas medis London.

Kebanyakan orang secara alami membersihkan virus, tetapi pasien tersebut memiliki sistem kekebalan yang sangat lemah. Infeksi kronis seperti ini perlu dipelajari untuk meningkatkan pemahaman kita tentang Covid-19 dan risiko yang dapat ditimbulkannya, kata para ahli.

Pasien tersebut pertama kali tertular Covid-19 pada awal 2020. Pasein memiliki gejala dan dikonfirmasi dengan tes PCR. Pasien keluar masuk rumah sakit berkali-kali selama 72 minggu berikutnya, baik untuk pemeriksaan rutin maupun perawatan.

Pada setiap kesempatan sekitar 50 kali secara keseluruhan, dia dites positif, yang berarti dia masih terinfeksi Covid-19. Para dokter, dari King's College London dan Guy's and St Thomas' NHS Foundation Trust, mengatakan analisis laboratorium terperinci mengungkapkan bahwa itu adalah infeksi yang sama dan terus-menerus, bukan serangan berulang.

4 dari 5 halaman

Tak bisa menghilangkan infeksi tersebut

Pasien tidak bisa menghilangkan infeksi, bahkan setelah diberi obat antivirus. Ini berbeda dengan Long Covid di mana virus telah dibersihkan dari tubuh tetapi gejalanya tetap ada.

Salah satu petugas medis yang akan mempresentasikan temuan tersebut pada konferensi medis, Kongres Eropa Mikrobiologi Klinis dan Penyakit Menular adalah Dr Luke Blagdon Snell.

Dia mengatakan kepada BBC, "Ini adalah tes usap tenggorokan yang positif setiap kali. Pasien tidak pernah memiliki tes negatif. Dan kami dapat mengatakan itu adalah satu infeksi berkelanjutan karena tanda genetiknya, informasi yang kami dapatkan dari pengurutan genom virus, unik dan konstan pada pasien itu."

Infeksi yang berkepanjangan jarang terjadi tetapi penting, kata para peneliti, karena mereka mungkin menimbulkan varian baru Covid-19 meskipun itu tidak terjadi dalam kasus ini.

5 dari 5 halaman

Virus yang beradaptasi

Dr Snell mengatakan, "Virus masih beradaptasi dengan inang manusia ketika orang terinfeksi untuk waktu yang lama. Ini mungkin memberikan peluang bagi Covid untuk menghasilkan mutasi baru."

"Beberapa pasien yang telah kami pelajari memiliki mutasi yang terlihat pada beberapa varian yang menjadi perhatian," katanya lagi.

Dia menekankan bahwa tidak satu pun dari sembilan pasien yang mereka periksa telah melahirkan varian baru yang berbahaya. Seseorang dengan infeksi kronis mungkin tidak menular ke orang lain, tambahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.