Sukses

Berikan Energi Selama Berpuasa, Ini 12 Manfaat Kismis yang Perlu Anda Ketahui

Segudang manfaat kismis untuk infestasi kesehatan tubuh Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Kismis atau yang dikenal sebagai kishmish terbuat dari beberapa jenis buah anggur, yang dikeringkan baik di bawah sinar matahari atau melalu alat pengering. Buah kering, kecil dan keriput ini tidak memberikan kesan apa-apa saat melihatnya. Namun, setelah mengetahui kandungan manfaat di dalamnya, Anda mungkin akan sangat terkesan.

Meskipun kecil, manisan ini mengemas banyak sekali nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, bahkan kismis sering kali diberikan kepada atlet yang akan memulai olahraga berat, tujuannya untuk membantu meningkatkan energi alami tubuh saat berolahraga.

Karena itu, kismis sangat baik jika Anda konsumsi saat sahur dan berbuka puasa, sebab buah kering ini akan memberikan energi tambahan selama Anda berpuasa. Tubuh juga tidak mudah letih ataupun malas bergerak.

Kismis adalah sumber yang kaya serat, zat besi, kalsium, dan nutrisi penting lainnya. Ini yang memberikan energi pada tubuh sekaligus menjaga kesehatan kulit dan rambut Anda menjadi lebih berkilau.

Melansir dari Timeofindia, Kamis (21/4/2022), berikut manfaat yang terkandung dalam buah imut nan manis, kismis.

Membantu menurunkan berat badan

Kismis penuh dengan gula alami yang akan membantu tubuh mengendalikan nafsu makan tanpa menambah asupan kalori. Dengan demikian, kismis dapat mendukung tujuan penurunan berat badan Anda serta membuat Anda merasakan kenyang untuk waktu yang lebih lama.

Dapat membantu menyembuhkan anemia

Kismis kaya akan nutrisi. Mereka memiliki jumlah tinggi zat besi dan vitamin B kompleks di dalamnya yang dapat menyembuhkan anemia. Tembaga yang terkandung dalam kismis juga membantu dalam memproduksi sel darah merah.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Membantu masalah pencernaan

Kismis bisa dibilang sebagai serat alami. Oleh karena itu, mereka bertindak sebagai pencahar alami. Makan manisan buah kering seperti kismis, dapat membantu mengatasi sembelit dan mengatur pergerakan usus, sehingga menghasilkan system pencernaan yang lebih baik pula.

Membantu mengatur tekanan darah

Kismis yang kaya akan potasium akan membantu menyeimbangkan kandungan garam dalam tubuh Anda, sehingga dapat mengatur tekanan darah. Kismis juga merupakan sumber makanan antioksidan yang baik untuk mengubah biokimia pembuluh darah, dan mengurangi tekanan pada darah.

Baik untuk kesehatan tulang

Kismis mengandung kalsium dalam jumlah yang cukup tinggi, buah ini juga kaya akan zat gizi mikro yang penting untuk pembentukan tulang. Memakan kismis atau merendamnya dengan air, bisa membantu menjaga tulang tetap sehat dan kuat.

Mencegah bau mulut

Kismis memiliki banyak sifat antibakteri. Sifat antibakteri ini bermanfaat untuk membantu menjaga kebersihan mulut dan menghilangkan bau pada mulut. Jadi, konsumsilah kismis saat berpuasa agar Anda tidak khawatir lagi dengan masalah bau mulut di bulan Ramadan.

3 dari 4 halaman

Meningkatkan kekebalan tubuh

Kismis kaya akan vitamin B dan C. Vitamin ini membantu memperkuat kekebalan tubuh dan membuat tubuh menjadi rentan terhadap infeksi. Selain itu, sifat anti-inflamasi dan sifat antibakteri pada kismis akan menghindari Anda dari demam, infeksi dan berbagai penyakit lainnya.

Memberikan energi

Fruktosa dan glukosa alami yang ada di dalam kismis membantu menyediakan energi dalam jumlah besar. Jika dimakan dalam jumlah sedang, kismis akan membantu mencegah kelemahan dan penambahan berat badan.

Pengelihatan yang lebih baik

kismis mengandung Fitonutrien polifenol yang bermanfaat untuk menyingkirkan radikal bebas yang merusak pengelihatan dan menyebabkan degenerasi pada otot mata. Dengan demikian kismis akan membantu meningkatkan pengelihatan dan kesehatan mata secara keseluruhan.

Meminimalir asam

Kadar kalium dan magnesium dalam kismis membantu tubuh mengeluarkan racun dan cairna berbahaya dari tubuh. Kismis juga dapat menyeimbangkan pH dalam tubuh yang bisa mengurangi toksisitas darah dan gas berbahaya yang dapat menyebabkan masalah internal.

4 dari 4 halaman

Menjaga kesehaan organ hati

Minuman bersoda dan alkohol adalah musuh hati yang paling jahat. Jika Anda suka mengonsumsi diantara kedua minuman tersebut, maka Anda harus makan buah kismis atau minum air rendaman buah kismis untuk meminimalisir efek buruk dari soda ataupun alkohol.

Kismis kaya akan bioflavonoid yang membantu memurnikan darah, mendetoksifikasi hati Anda  dan menjaganya tetap sehat.

Manfaat kismis untuk kulit dan rambut

Selain merawat kesehatan tubuh, kismis juga memiliki manfaat untuk kesehatan serta kecantikan kulit dan rambut. Kismis di klaim dapat membantu menjaga kulit dari penuaan dini, mencegah timbulnya jerawat, membuat kulit wajah menjadi lembut, kenyal dan bercahaya.

Untuk rambut, kismis dipercaya bisa memperlambat pertumbuhan uban, mempercepat pertumbuhan rambut yang lebih sehat, serta membantu mengatasi jerawat yang bersarang di kulit kepala.

Jika ingin mendapatkan kulit tampak lebih sehat dan rambut semakin berkilau, maka Anda wajib mengonsumsi kismis secara rutin setiap harinya. Jadikan kismis sebagai camilan sehat kalian, lalu rasakan manfaat dari manisnya kismis sebagai infestasi kesehatan alami Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.