Sukses

BCL hingga Maudy Ayunda, Intip Gaya Seleb Perempuan Indonesia Pakai Kebaya Bak Kartini Masa Kini

Berikut ini ulasan gaya selebriti perempuan Indonesia memakai kebaya

Liputan6.com, Jakarta 21 April diperingati sebagai Hari Kartini. Peringatan Hari Kartini merupakan perayaan untukk mengenang jasa Raden Adjeng Kartini sebagai pahlawan perempuan di Indonesia. Selain itu, Hari Kartini identik dengan emansipasi wanita.

RA Kartini lahir pada tanggal 21 April 1879 di Jepara, Jawa Tengah. Ia merupakan seorang pelopor kebangkitan bagi kaum wanita di Indonesia, khususnya kaum pribumi. Berkat perjuangannya, kaum wanita bisa mendapat pendidikan yang sama dengan kaum laki-laki.

Kartini juga mencetuskan dan mengembangkan gerakan emansipasi wanita melalui pemikiran dan tulisan-tulisannya, sehingga wanita memiliki kedudukan yang sejajar dengan pria dan tidak dianggap rendah.

Tak heran jika banyak masyarakat yang menjadikan Hari Kartini sebagai hari penghormatan atas wujud perjuangan kaum hawa, simbol kesetaraan gender dan emansipasi wanita.

Di Indonesia, perayaan Hari Kartini digelar dengan banyak cara. Salah satunya, dengan mengenakan kebaya di kegiatan sekolah, kerja kantoran, bahkan di lembaga pemerintah. Beberapa selebriti perempuan Indonesia juga tampak sering mengenakan kebaya di acara-acara formal.

Penampilan mereka anggun dan memancarkan aura perempuan asli Indonesia. Selain itu, mereka juga berhasil menunjukkan prestasi hingga layak dijuluki Kartini masa kini. Berikut ini sejumlah gaya seleb perempuan Indonesia saat berkebaya:

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Dian Sastrowardoyo

Siapa yang tak kenal dengan Aktris kenamaan Indonesia, Dian Sastrowardoyo? Tak hanya memiliki paras ayu khas perempuan Indonesia, Dian juga dikenal dengan segudang prestasinya. Dian sudah bermain di puluhan judul film sejak usia belia hingga kini memiliki dua orang anak. Bahkan, Dian masih terus berkarya di tengah kesibukannya mengurus keluarga. 

Selain bermain film, Dian juga aktif menyuarakan isu kesetaraan gender, anti kekerasan seksual, dan peduli pad pendidikan di Indonesia hingga mendirikan yayasan Beasiswa Dian Sastrowardoyo. Baru-baru ini, Dian menggeluti profesi baru sebagai produser film dengan debutnya yaitu "Guru-Guru Gokil". Film ini dibintangi Aktor berbakat Gading Martin dan ditayangkan di Netflix pada tahun 2020 lalu. 

Di foto yang dibagikan di Instagram pribadinya, Dian tampak anggun mengenakan kebaya model kutu baru motif floral berwarna putih. Tampilan Dian makin lengkap dengan kain panjang berwarna senada. Dian memakai kebaya dari brand lokal 'Sejauh Mata Memandang'. 

3 dari 6 halaman

Chelsea Islan

Chelsea Elizabeth Islan merupakan artis Indonesia keturunan Amerika Serikat. Perempuan berusia 26 tahun ini dikenal karena kepiawaiannya di bidang seni peran. Dari belasan film yang pernah ia mainkan, peran Chelsea di film Di Balik 98 dan 3 Srikandi menjadi di antara yang paling berkesan. Ia memerankan mahasiswa penuntut demokrasi dalam film dI Balik 98 dan menjadi atlet panah yang mengharumkan nama Indonesia dalam film 3 Srikandi.

Selain itu, Chelsea juga aktif dalam kegiatan sosial seperti kampanye tentang pencegahan kanker payudara untuk perempuan. Rupanya, kegiatan Chelsea ini terinspirasi langsung dari sang ibu, Samantha Barbara yang merupakan aktivis perempuan anti kanker dan mendirikan komunitas "Love Pink Indonesia".

Nah, Chelsea pun makin memancarkan aura kecantikannya saat mengenakan kebaya brokat modern berwarna navy. Kebaya itu kian terlihat mewah dengan sentuhan swarovski di bagian dada. Untuk bawahannya, ia mengenakan kain batik Solo.

4 dari 6 halaman

Maudy Ayunda

Ayunda Faza Maudya atau Maudy Ayunda adalah selebriti perempuan Indonesia yang dikenal karena segudang prestasinya. Tak hanya cakap saat berakting dan menyanyi, Maudy pun berprestasi di bidang pendidikan. Perempuan kelahiran 1994 ini merupakan sarjana lulusan Oxford University dan menempuh pendidikan magisternya di Stanford University, Amerika Serikat.

Kecantikan Maudy kian terpancar saat mengenakan kebaya kutu baru rancangan Desainer terkenal Indonesia, Didiet Maulana. Mengutip penjelasan Didiet di Instagram pribadinya, saat merancang kebaya Maudy, ia terinspirasi kebaya berpotongan pendek yang sejak zaman dulu sering dipakai perempuan Indonesia sebagai busana sehari-hari.

Tampilan Maudy semakin terlihat klasik dengan angkin batik merah marun, selendang sutra, serta kain dengan latar hitam dan motif bunga dan burung. Maudy juga memakai sanggul yang semakin menegaskan identitasnya sebagai perempuan Indonesia, lho!

 

5 dari 6 halaman

Bunga Citra Lestari

Bunga Citra Lestari merupakan salah satu artis peran dan penyanyi yang menginspirasi perempuan Indonesia. Suaranya yang merdu membuat lagu-lagunya selalu menjadi hits, hingga menyabet beragam penghargaan bergengsi. Selain itu, BCL juga berhasil mencerminkan sosok perempuan tangguh dan mandiri dalam berkarya meski telah berkeluarga.

Keanggunan BCL kian terpancar saat mengenakan kebaya kutubaru berwarna biru abu-abu berpadu dengan kain sogan. Menariknya, BCL menggunakan kain lurik untuk dijadikan angkin yang dipakai di bagian pinggang serta selendang yang mempermanis tampilan kebaya.

6 dari 6 halaman

Happy Salma

Seniman berkulit eksotik ini memang selalu memancarkan aura perempuan asli Indonesia. Happy Salma dikenal karena prestasinya di bidang seni mulai dari film, teater, dan sastra. Di tahun 2013, Happy Salma bersama sutradara perempuan lain melahirkan film omnibus Rectoverso yang diangkat dari buku karya Dewi Lestari.

Sejalan dengan kecintaannya pada dunia teater dan sastra, Happy Salma mendirikan Yayasan Seni dan Budaya Titimangsa (Titimangsa Foundation).

Sejak menikah, Happy Salma menetap di Bali bersama keluarganya. Ia beberapa kali terlihat memakai kebaya khas Bali yang sangat anggun. Di salah satu postingannya, ia memakai kebaya Bali berwarna biru muda yang sederhana. Untuk bawahannya, ia memakai kain batik motif Megamendung warna biru dan merah. Tampilan Happy kian lengkap dengan aksesoris berupa anting dan kalung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.