Sukses

Kolesterol Tinggi hingga Diabetes, 6 Masalah Kesehatan Ini Bisa Terungkap Lewat Mata Anda

Ternyata ada beberapa masalah kesehatan yang dapat terungkap dari mata Anda. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta Dikatakan bahwa mata adalah cermin jiwa Anda dan mencerminkan segala sesuatu yang tampaknya tersembunyi. Tetapi jika Anda perhatikan dengan seksama, itu juga bisa menjadi cerminan kesehatan Anda.

Mata yang cerah dan jernih itu dapat memberikan wawasan terperinci tentang kesehatan Anda, asalkan Anda tahu cara membacanya. Mendeteksi tanda-tanda ini dapat membantu Anda mengambil bantuan medis sedini mungkin dan menghindari komplikasi agar tidak berkembang lebih jauh.

Berikut adalah 6 kondisi kesehatan yang dapat diungkapkan oleh mata Anda:

1. Diabetes

Penglihatan kabur adalah masalah umum yang berhubungan dengan mata, tetapi juga dapat dikaitkan dengan diabetes tipe 2. Kadar gula darah tinggi yang kronis memberi tekanan pada pembuluh darah, menghasilkan bintik-bintik darah yang terlihat di bagian belakang mata.

Bercak darah di mata berarti kadar gula darah telah mencapai tingkat yang berbahaya dan membutuhkan perhatian segera. Jika kadar glukosa tidak diobati, dapat menyebabkan kebutaan.

2. Kanker

Tanda kanker payudara bahkan bisa dimanifestasikan di mata Anda. Ketika sel-sel kanker mulai menyebar ke bagian lain dari tubuh, tanda-tandanya bahkan mungkin muncul di mata.

Lesi abnormal atau massa/tumor dalam struktur mata seperti uvea (lapisan tengah jaringan di dinding mata) menunjukkan bahwa sel kanker telah menyebar ke mata. Jika Anda memiliki masalah seperti penglihatan kabur, sakit mata, atau melihat kilatan atau floaters, hubungi dokter Anda.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

3. Kolesterol tinggi

Kadar kolesterol tinggi dalam darah Anda secara bertahap dapat menumpuk di mata Anda. Tanda yang terlihat adalah cincin putih, abu-abu atau biru yang terbentuk di sekitar iris Anda. Sementara cincin juga terbentuk karena penuaan, alasan lain bisa jadi adalah kadar kolesterol yang tinggi.

Jika pada usia berapa pun Anda menyaksikan cincin di mata Anda, lakukan tes kadar kolesterol Anda. Kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

4. Retina rusak

Pernahkah Anda memperhatikan kecupan kecil yang kadang-kadang bergerak di sekitar bidang penglihatan Anda? Mereka disebut floaters dan kadang-kadang terlihat oleh semua orang. Tetapi peningkatan tiba-tiba dalam jumlah floaters menunjukkan robekan atau pelepasan retina. Tanda-tanda ini tidak boleh diabaikan karena seiring waktu mereka dapat menyebabkan kerusakan parah pada mata Anda.

 

3 dari 5 halaman

5. Infeksi

Bintik putih yang terlihat di kornea Anda (lapisan bening di bagian depan bola mata Anda) bisa menjadi tanda infeksi kornea. Hal ini sebagian besar disaksikan di antara mereka yang menggunakan lensa kontak bukan kacamata.

Lensa yang terkontaminasi dengan bakteri atau jamur adalah penyebab umum infeksi. Kondisi ini dapat menyebabkan jaringan parut dan nyeri pada kornea.

6. Penyakit kuning

Jika bagian putih mata Anda menjadi kuning maka itu menandakan bahwa Anda menderita penyakit kuning. Penyakit kuning adalah suatu kondisi yang terjadi karena bilirubin yang berlebihan (senyawa kuning yang terbentuk dari pemecahan sel darah merah) dalam darah Anda.

Jumlah senyawa meningkat dalam darah ketika hati Anda tidak dapat menyaringnya dengan benar. Kondisi ini juga bisa membuat urin dan kulit Anda menguning.

4 dari 5 halaman

4 Tanda seseorang alami depresi

Ketahui beberapa tanda yang menunjukkan seseorang mengalami depresi dan membutuhkan bantuanmu:

1. Penarikan sosial secara tiba-tiba

Jika seseorang yang Anda kenal yang telah menjadi kupu-kupu sosial selama berteman denganmu tapi tiba-tiba mulai menarik diri dari lingkungan dan memutuskan semua kontak sosial, ada kemungkinan dia mengalami Depresi.

Jadi, jika Anda melihat tanda seperti itu, pastikan untuk mendapat kepercayaan diri mereka dan buat mereka berbicara tentang apa yang mengganggu mereka.

Setelah Anda yakin, itu adalah depresi, atau bahkan jika Anda tidak yakin, yakinkan mereka untuk mencari bantuan profesional.

2. Perasaan bersalah

Jika seseorang selalu menyalahkan dirinya sendiri dan berada dalam cengkeraman rasa bersalah dan kurang percaya diri, yang belum pernah terjadi sebelumnya, itu menandakan bahwa mereka mengalami depresi.

Perasaan seperti itu bisa memicu pikiran untuk bunuh diri, jadi penting untuk meyakinkan orang tersebut bahwa tidak ada yang salah dengan mereka dan apa pun yang terjadi bukanlah kesalahan mereka.

Mereka akan membutuhkan kepastian yang konstan dan keyakinanmu. Juga, mencari bantuan profesional sejak awal sangat disarankan.

5 dari 5 halaman

3. Kurangnya minat dalam aktivitas sehari-hari

Tanda lain dari seseorang yang mengalami depresi adalah kehilangan minat dalam kegiatan sehari-hari. Jika Anda mengenal seseorang yang dulunya sangat bersemangat untuk melakukan hal-hal kecil dan sekarang menghindarinya, ada kemungkinan mereka mengalami depresi.

Jadi, bicarakan dengan mereka tentang hal itu dan berikan bantuan.

4. Kecemasan, stres dan perilaku gelisah

Tanda penting lainnya yang membuktikan bahwa seseorang mengalami depresi adalah kecemasan yang terus-menerus, tingkat stres yang tinggi dan perilaku gelisah.

Jika seseorang tampak gelisah dan tidak nyaman dan tidak memperhatikan apa yang Anda katakan kepada mereka, atau sering menangis, ada kemungkinan mereka mengalami depresi.

Jadi, atasi masalahnya, hubungi mereka dan bantu mereka melewatinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.