10 Manfaat Buah Anggur Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Oleh Putri Annisa pada 18 Apr 2022, 14:03 WIB
Diperbarui 18 Apr 2022, 14:03 WIB
Buah anggur
Perbesar
ilustrasi/copyright pexels.com/Kai-Chieh Chan

Liputan6.com, Jakarta - Buah anggur telah dipercaya bermanfaat sebagai salah satu bahan obat sekaligus camilan buah menyehatkan sejak zaman Yunani Kuno. Di Timur Tengah, tanaman anggur bahkan sudah dibudidayakan sejak 8.000 tahun yang lalu. Hingga dalam mitologi beberapa budaya, buah ini melambangkan kelimpahan dan kesuburan.

Anda dapat menemukan anggur dalam berbagai warna, termasuk hijau, merah, hitam, kuning, dan merah muda. Mereka tumbuh dalam kelompok dan datang dalam varietas berbiji dan tanpa biji.

Anggur memiliki kandungan nutrisi yang begitu banyak. Mulai dari kalsium, zat besi, vitamin A, B, C, dan D, serta magnesium dimiliki oleh buah berbentuk bulat ini. Anggur juga kaya akan antioksidan dan serat, serta kandungan air yang tinggi. Karena itu, mengonsumsinya sangat dianjurkan karena beragam manfaatnya untuk tubuh.

Dilansir dari Medical News Today, Senin (18/4/2022), nutrisi dalam anggur dapat membantu mencegah penyakit kanker, sakit mata, penyakit kardiovaskular, dan kondisi kesehatan lainnya. Meski memiliki rasa yang cenderung manis, buah anggur tetap aman dikonsumsi penderita diabetes jika dalam takaran yang tepat.

Kulit buah anggur merah mengandung resveratrol fitokimia, yang dapat melindungi dari beberapa penyakit dan kondisi kronis. Flavonoid myricetin dan quercetin juga ditemukan dalam anggur. Keduanya membantu tubuh melawan pembentukan radikal bebas yang berbahaya.

Tak hanya untuk kesehatan, ternyata anggur juga menyimpan manfaat yang baik untuk kecantikan. Lantas, apa saja 10 manfaat terbaik dari buah ini untuk kesehatan dan kecantikan Anda? Berikut ini kami rangkum dari berbagai sumber:

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


1. Meringankan Gejala Alergi

Rhinitis Alergi
Perbesar
Ilustrasi Rhinitis Alergi Credit: pexels.com/Stainley

Buah anggur bermanfaat untuk membantu meringankan alergi yang sedang Anda alami. Efek antiinflamasi dan quercetin-nya dapat meringankan gejala alergi seperti pilek, gatal-gatal, dan mata berair.

2. Menyehatkan Jantung

Kandungan polifenol yang terdapat pada anggur dipercaya sangat ampuh mencegah penyakit kardiovaskular, melawan radikal bebas, dan menunjang endotel. Nutrisinya juga mampu melindungi tubuh, khususnya jantung yang mengalami kerusakan akibat kolesterol jahat.

3. Mencegah Sembelit

Manfaat ajaib lainnya adalah dapat mencegah sembelit. Kandungan serat dan air yang tinggi pada buah anggur dapat membantu melancarkan sistem pencernaan. Sehingga buang air besar pun lancar dan terhindar dari sembelit.

4. Memperlambat Pertumbuhan Sel Kanker

Menurut para ahli, buah yang mengandung antioksidan tinggi ini sangat baik dalam mencegah dan melawan sel kanker dalam tubuh. Beberapa kanker yang bisa dicegah dengan mengonsumsi anggur secara rutin adalah paru-paru esophagus, mulut, faring, rahim, usus besar, pankreas, hingga prostat. Selain itu, ekstrak pada kulit anggur merah yang mengandung polifenol dipercaya ampuh untuk mencegah tumbuhnya sel kanker di dalam tubuh.


5. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Hipertensi Penyebab Kematian Tertinggi, Siasati dengan Monitoring Digital dan Layanan Telemedis
Perbesar
Ilustrasi periksa tekanan darah. (Shutterstock)

Beberapa penelitian menemukan jika buah-buahan seperti anggur kaya akan flavonoid yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Tidak hanya untuk menurunkan, kandungan ini juga bermanfaat untuk menstabilkan tekanan darah dalam tubuh serta memperlancar sistem peredaran darah.

6. Mengurangi Tanda Penuaan

Anggur memiliki kandungan vitamin C tinggi yang merupakan sumber antioksidan. Hal itu dapat membantu mengurangi tanda penuaan pada kulit. Antara lain kerutan, garis-garis halus pada wajah, dan bintik-bintik hitam. Antioksidan dapat melawan radikal bebas pada tubuh dan mencegah kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

7. Menghilangkan Bekas Jerawat

Vitamin C pada anggur hijau mampu meningkatkan produksi kolagen yang bertanggung jawab dalam pertumbuhan sel, jaringan, dan ligmen yang baru. Sehingga, bekas jerawat yang ada di wajah pun dapat hilang secara bertahap jika dikonsumsi secara rutin.


8. Mencegah Rambut Rontok

Gambar Ilustrasi Wanita Mengalami Rambut Rontok
Perbesar
Sumber: Freepik

Kandungan vitamin E dan asam linoleat pada anggur juga dipercaya dapat mencegah kerontokan pada rambut. Agar dapat mencegahnya, Anda bisa mengoleskan minyak biji anggur secara merata ke seluruh bagian rambutmu. Lakukan dengan teratur setiap hari agar rambut lebih kuat dan sehat.

9. Mencegah Katarak

Kandungan antioksidan lutein dan zeaxanthin pada anggur dapat menjaga kesehatan mata. Kedua senyawa itu bisa mengurangi stres oksidatif dan kerusakan pada retina, mencegah katarak, dan gangguan mata lainnya. Resveratrol pada anggur dapat melindungi dari berbagai masalah mata. Antara lain seperti degenerasi makula terkait usia, katarak, glaukoma, dan masalah lainnya.

10. Meningkatkan Daya Ingat

Manfaat buah anggur selanjutnya yaitu baik untuk otak. Dilansir dari WebMD, resveratrol dalam anggur memperlambat pemecahan sel yang secara alami terjadi seiring bertambahnya usia. Hal itu dapat mencegah pembentukan plak berbahaya di otak Anda.

Selain itu, mengonsumsi buah anggur bisa bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat. Studi pada orang dewasa muda yang sehat menunjukkan bahwa minum sekitar 8 ons (230 ml) jus anggur. Menunjukkan peningkatan kecepatan keterampilan terkait memori dan suasana hati, 20 menit setelah konsumsi.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya