Sukses

Lansia di AS Dianjurkan untuk Mendapatkan Vaksin Booster Kedua

Orang Amerika yang berusia di atas 60 tahun dikatakan harus mendapatkan suntikan booster kedua dari vaksin virus corona, kata Dr. Ashish K. Jha, koordinator respons Covid-19 Gedung Putih yang baru.

Liputan6.com, Amerika Serikat - Orang Amerika yang berusia di atas 60 tahun dikatakan harus mendapatkan suntikan booster kedua dari vaksin virus Corona, kata Dr. Ashish K. Jha, koordinator respons Covid-19 Gedung Putih yang baru, pada Minggu (17/4/2022).

Hal ini mengutip data baru yang cukup menarik dari Israel yang menunjukkan bahwa suntikan keempat secara signifikan mengurangi infeksi dan kematian di antara orang tua di sana.

Komentar Dr. Jha, di Fox News Sunday, muncul setelah Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) pada 29 Maret mengizinkan suntikan booster kedua dari vaksin coronavirus Pfizer-BioNTech dan Moderna untuk semua orang berusia 50 tahun ke atas.

F.D.A. mengatakan langkah itu adalah upaya untuk memperkuat kekebalan yang berkurang terhadap penyakit parah karena subvarian Omicron yang lebih menular, yang dikenal sebagai BA.2, muncul sebagai versi virus yang dominan di Amerika Serikat.

Ditanya apakah orang Amerika harus mendapatkan suntikan booster kedua, Dr. Jha, yang ditunjuk sebagai koordinator respons Covid-19 pemerintahan Biden bulan lalu, menunjuk pada penelitian dari Israel yang menunjukkan bahwa suntikan keempat menawarkan perlindungan yang kuat, terutama terhadap penyakit parah, pada orang yang berusia di atas 60 tahun.

“Data dari Israel cukup menarik untuk orang di atas 60 tahun,” katanya dilansir dari NY Times. “Ketika orang mendapatkan suntikan booster kedua empat bulan setelah booster pertama mereka, apa yang kami lihat adalah pengurangan substansial, tidak hanya pada infeksi, tetapi juga kematian. Jadi saya pikir orang di atas 60 tahun harus mendapatkannya.”

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sangat direkomendasikan bagi orang lanjut usia

Studi Israel tidak memberikan data tentang efektivitas booster kedua pada orang yang lebih muda dari 60 tahun. Israel mengizinkan dosis keempat vaksin Pfizer-BioNTech untuk mereka yang berusia 60 tahun ke atas, dan untuk populasi berisiko tinggi lainnya, pada bulan Januari.

Dalam penampilan terpisah di “This Week with George Stephanopoulos,” Dr. Jha mengatakan bahwa suntikan booster kedua untuk orang Amerika berusia antara 50 dan 59 tahun adalah panggilan yang lebih dekat. Namun orang-orang dalam kelompok usia itu harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mendapatkan booster kedua, katanya.

“Lima puluh hingga 59, Anda memenuhi syarat,” katanya, mencatat bahwa apakah akan mendapatkan booster kedua tergantung pada profil risiko seseorang.

“Tapi bagi saya, berdasarkan data 60 ke atas, menurut saya itu sangat wajar,” ujarnya. “Inilah yang saya rekomendasikan kepada orang tua saya yang sudah lanjut usia, dan itulah yang menurut saya harus dilakukan orang.”

Dr. Jha mengatakan masih harus dilihat apakah BA.2 akan menyebabkan penyakit yang lebih parah daripada varian dan subvarian virus sebelumnya. Kasus terus meningkat, tetapi rawat inap berada pada tingkat pandemi terendah, katanya di Meet the Press.

“Kabar baiknya adalah vaksin kami bertahan dengan sangat baik terhadap BA.2, melawan semua varian Omicron, terutama jika Anda telah mendapatkan booster,” katanya. “Jadi kuncinya di sini adalah Anda harus memiliki dua suntikan awal, dan Anda harus memiliki booster. Itulah yang benar-benar melindungi orang saat ini.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.