Sukses

Kaya akan Vitamin dan Mineral, Ini 5 Manfaat Durian untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini deretan manfaat yang akan kalian dapatkan jika mengonsumsi buah durian.

Liputan6.com, Jakarta Meski memiliki aroma yang cukup menyengat, durian menjadi salah satu buah yang disukai banyak orang. Buah dengan kulit berduri ini memang dikenal dengan rasanya yang khas, manis dengan perpaduan pahit.

Durian sendiri adalah buah tropis yang unik. Ini populer di Asia Tenggara, di mana ia dijuluki "raja buah." Durian sangat tinggi nutrisi, mengandung lebih dari kebanyakan buah-buahan lainnya.

Durian memiliki bau yang menyengat, dagingnya seperti puding dengan biji besar. Daging buahnya bisa bermacam-macam warnanya. Namun paling sering berwarna kuning atau putih, tetapi juga bisa berwarna merah atau hijau. Durian tumbuh di daerah tropis di seluruh dunia, terutama di negara-negara Asia Tenggara seperti Malaysia, Indonesia, dan Thailand.

Meskipun lebih tinggi lemak dan kalori daripada banyak buah lainnya, durian menawarkan berbagai macam vitamin dan mineral, menjadikannya pilihan nutrisi bagi pecinta makanan di seluruh dunia. Satu cangkir durian cincang segar atau beku (243g) menyediakan 357 kalori, 3,6g protein, 66g karbohidrat, dan 13g lemak. Durian adalah sumber potasium, fosfor, magnesium, vitamin C, dan folat. Berikut ini deretan manfaat yang akan kalian dapatkan jika mengonsumsi buah durian dilansir dari verrywellfit.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Durian sangat tinggi potasium. Kalium terkenal karena kemampuannya untuk menurunkan tekanan darah, yang merupakan penyumbang utama penyakit kardiovaskular. Durian juga tinggi serat dan lemak tak jenuh yang merupakan dua nutrisi kunci untuk kesehatan jantung yang lebih baik.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Baik untuk Kehamilan

Mendukung Kehamilan yang Sehat

Durian telah dipelajari atas kandungan vitamin B folat esensial. Meskipun defisiensi folat di Amerika Serikat agak dikurangi dengan fortifikasi produk biji-bijian, di bagian lain dunia, defisiensi folat menghadirkan risiko besar selama awal kehamilan. Folat diperlukan untuk perkembangan janin yang tepat dari sistem saraf pusat. Di Asia Tenggara, di mana durian biasa dikonsumsi, buah ini dapat berfungsi sebagai sumber folat yang penting bagi orang-orang usia subur. Itu mengapa durian baik bagi kesehatan ibu hamil.

Meringankan Rasa Sakit

Durian sangat tinggi vitamin C, terutama bila dimakan mentah. Secangkir durian segar atau beku memiliki hampir 48mg nutrisi ini, dan rata-rata orang dewasa hanya membutuhkan 75mg hingga 90mg per hari.11 Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan nyeri sendi dan asupan yang cukup telah dikaitkan dengan penurunan risiko nyeri terkait kanker. Ini berarti bahwa mendapatkan cukup vitamin C mungkin merupakan cara yang aman untuk membantu mencegah berbagai kondisi nyeri.

3 dari 3 halaman

Membuat Pencernaan Sehat

Membuat Pencernaan Sehat

Durian kaya akan gula alami yang berfermentasi setelah terpapar bakteri usus selama proses pencernaan. Ini juga bertindak sebagai prebiotik, memberi makan bakteri asam laktat yang bermanfaat dalam mikrobioma usus, mendukung fungsi pencernaan dan kesehatan usus besar. Selain itu, serat dalam durian menambah jumlah besar pada tinja dan meningkatkan keteraturan.

Mencegah Kekurangan Gizi pada Orang Lanjut Usia

Malnutrisi adalah masalah bagi banyak orang lanjut usia. Orang dengan usia lanjut berisiko lebih tinggi mengalami penurunan berat badan dan defisiensi nutrisi karena beberapa faktor, termasuk malabsorpsi, berkurangnya nafsu makan, dan terbatasnya akses ke berbagai makanan. Durian adalah makanan padat energi yang menyediakan berbagai vitamin utama seperti thiamin, yang mungkin terkait dengan Alzheimer secara berlimpah.Dengan menawarkan berbagai nutrisi dalam satu makanan, durian membantu meningkatkan asupan nutrisi bagi orang-orang yang pola makannya terbatas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.