Sukses

11 Trik Ini Bakal Bikin Rumahmu Wangi Seperti Hotel Mewah

Berikut ini trik untuk membuat rumah wangi seperti hotel mewah

Liputan6.com, Jakarta Setelah sesi pembersihan besar-besaran terlebih menjelang lebaran, rumah Anda akan terlihat seperti baru kembali. Namun, setelah menghabiskan sepanjang akhir pekan melakukan ini, terkadang kita tidak bisa menghilangkan perasaan bahwa rumah kita masih jauh dari ideal.

Alasan untuk ini bisa terletak pada berbagai bau yang terserap ke dinding, furnitur, dan peralatan rumah tangga. Berikut ini beberapa trik mudah yang akan membantu Anda menetralisir sumber utama bau tak sedap di rumah seperti dihimpun dari Brightside.

1. Bumbu dapur sebagai aromatizer untuk sepatu

Rak sepatu tidak bisa disebut tempat yang harum. Sepatu, boots, dan sneakers seringkali mulai mengeluarkan bau tak sedap akibat interaksi dengan keringat.

Tapi jika kita menggunakan cengkeh, kita bisa menyingkirkan masalah tersebut. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menempatkan beberapa tas, yang bisa dibuat dari saputangan, dengan bumbu ini ke dalam setiap sepatu atau sepatu bot.

Diperlukan beberapa jam agar cengkeh menyerap kelembapan berlebih dan mengeluarkan aromanya di sepatu.

2. Lilin menghilangkan bau tak sedap di kamar mandi

Lilin di kamar mandi tidak hanya dapat menciptakan suasana yang nyaman, tetapi juga menetralisir bau yang tidak sedap. Dan tidak perlu hanya menggunakan lilin aroma untuk ini. Asap yang sedikit terlihat yang berasal dari lilin bebas aroma dapat melakukan tugas ini dengan baik juga.

Itulah mengapa menyalakan lilin sambil menikmati prosedur higienis Anda dapat memberi Anda sesuatu yang baik — ingatlah untuk meniup lilin sebelum meninggalkan kamar mandi.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

3. Penyegar udara mobil dapat melawan bau kamar mandi yang tidak sedap

Untuk membuat kamar mandi Anda harum, Anda bisa mencoba menggunakan pengharum ruangan mobil. Benda ini biasanya memiliki tali gantung yang dapat digunakan untuk mengikatnya ke tempat sampah.

Anda dapat melakukan hal yang sama dengan tempat sampah untuk menyamarkan bau yang berasal dari sampah.

4. Kantong berisi sabun dapat menghilangkan bau apek dari lemari Anda

Bau apek di lemari disebabkan oleh kelembaban dan kurangnya ventilasi. Karena itu, sebelum memasukkan pakaian ke dalam lemari pakaian, Anda harus memastikan pakaiannya benar-benar kering.

Juga, masuk akal untuk "menyelesaikan" rasa buatan sendiri di lemari. Untuk melakukannya, bungkus sepotong sabun berbau harum dengan sepotong kain dan letakkan di sebelah pakaian. Anda bisa menggunakan kaus kaki bersih sebagai kantong sabun.

Juga, ada baiknya mempertimbangkan mengganti gantungan plastik dan kawat dengan yang kayu. Anda dapat memilih produk dari cedar, yang mampu menyerap kelembapan berlebih dan memberikan aroma yang menyenangkan.

 

3 dari 6 halaman

5. Deterjen laundry akan menyegarkan udara di kamar mandi

Cara lain yang baik untuk menyegarkan kamar mandi adalah dengan membuat aromatizer sendiri. Tempatkan beberapa bola kapas ke dalam mangkuk, tuangkan 2-3 sendok makan deterjen cair ke dalamnya, dan letakkan panci di sudut kamar mandi. Aromanya akan bertahan hingga 3 hari — setelah itu, aromatizer buatan tangan harus diganti.

6. Kulit jeruk keprok dapat menyegarkan microwave Anda

Terkadang saat membuka pintu oven microwave, kita kehilangan keinginan untuk memasukkan makanan apa pun ke dalamnya. Sebaliknya, Anda jadi ingin mencubit hidung kami dan menjaga jarak aman, karena bau busuk sering muncul di sini. Untungnya, cukup mudah untuk menyingkirkan masalah ini.

Yang perlu Anda lakukan adalah mengambil kulit jeruk keprok dan memanaskannya dengan daya rendah agar tidak terbakar. Bau busuk akan hilang. Anda dapat membuat oven Anda harum menggunakan metode yang sama.

 

4 dari 6 halaman

7. Roti dan kentang memastikan aroma yang enak di lemari es

Anda bisa membuat penyegar kulkas sendiri. Caranya, ambil sepotong roti, panggang hingga hitam, lalu haluskan. Tuang remah-remah roti yang terbakar ke dalam kantong kasa dan taruh di rak bersama dengan produk lainnya.

Kentang yang sudah dikupas dan diiris juga dapat membantu Anda menghilangkan bau tak sedap di lemari es. Ini berfungsi sebagai penyerap. “Filter” kentang ini perlu diganti setiap 2-3 hari.

8. Cuka dan apel akan membantu menghilangkan bau tak sedap dari talenan

Talenan kayu menyerap bau makanan yang kita potong. Untuk mencegah produk menjadi sumber bau tak sedap di dapur, coba gunakan cuka. Papan harus dicuci dengan air panas dan deterjen, lalu dilap dengan cuka dan dibilas sampai bersih.

Apel dapat membantu menghilangkan bau bawang putih yang tertinggal. Untuk melakukan ini, parut buah, sebarkan di permukaan papan, dan biarkan di sana selama 10 menit.

 

5 dari 6 halaman

9. Pasta gigi dan koran menghilangkan bau piring plastik

Banyak dari kita menggunakan wadah plastik untuk membawa makan siang kita dan, seiring waktu, mereka mulai berbau tidak enak. Untuk menghilangkan masalah ini, ambil spons dan cuci wadah dengan sedikit pasta gigi.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan koran. Tempatkan beberapa lembar koran kusut ke dalam wadah kering, tutup, dan biarkan semalaman. Baunya akan hilang. 

10. Lemon dan kentang akan mencegah bau amis menyebar ke seluruh rumah

Betapapun kita suka makan ikan, baunya bukanlah sesuatu yang ingin kita hirup untuk waktu yang lama. Sayangnya, memasak produk ini bersamaan dengan menyebarkan aroma tidak sedap ke seluruh dapur atau bahkan seluruh rumah.

Untuk meminimalkan bau secara signifikan, gosok ikan dengan jus lemon sebelum dimasak. Jika Anda perlu menggorengnya dalam wajan, disarankan untuk melakukannya bersama dengan beberapa potong kentang. Sayuran ini dapat menyerap sebagian bau.

 

6 dari 6 halaman

11. Memanaskan spons dalam oven microwave dapat mencegah munculnya bau tak sedap

Bakteri berkembang biak dengan baik di lingkungan yang lembab, jadi spons pencuci piring adalah tempat yang sempurna bagi mereka untuk tumbuh. Itu sebabnya, seiring waktu, spons mulai berbau menjijikkan, dan kita membuangnya.

Spons akan bertahan lebih lama jika didesinfeksi setiap selesai mencuci piring. Untuk melakukan ini, Anda hanya perlu menghangatkan produk basah dalam microwave selama 1 menit.

Metode ini menghilangkan hingga 99% bakteri, yang berarti spons tidak akan mengeluarkan bau yang tidak sedap untuk waktu yang lama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.