Sukses

7 Buah Ini Baik Dikonsumsi Selama Ramadan Agar Tetap Sehat

Berikut ini buah-buahan yang baik dikonsumsi selama Ramadan

Liputan6.com, Jakarta Di bulan Ramadan tubuh kita menahan lapar dan haus selama kurang lebih 12 jam. Karena itu penting untuk menjaga asupan makanan apa saja yang masuk ke dalam tubuh saat sahur dan berbuka puasa. Jangan sampai kurangnya nutrisi saat berpuasa malah memperburuk kondisi kesehatan.

Kurangnya menjaga asupan makanan bernutrisi yang dikonsumsi selama bulan puasa menyebabkan sistem pencernaan tidak lancar. Pasalnya, kebanyakan orang akan menyantap makanan apa saja yang tersedia di depannya karena merasa sudah berpuasa selama seharian.

Agar kondisi badan tetap bugar dan terjaga kesehatannya, penting untuk selalu mengonsumsi makanan kaya serat dan vitamin. Salah satunya dengan mengonsumsi buah-buahan. Selain sehat, Anda juga bakal lebih bersemangat melakukan aktivitas sehari-hari meski tengah berpuasa.

Dilansir dari Times of India, Ahli Diet Rachana Bhagwat mengatakan, buah adalah makanan paling sehat untuk dimakan setelah puasa karena nilai gizinya yang tinggi.

"Makan buah dapat mengembalikan keseimbangan elektrolit dalam tubuh. Buah-buahan seperti pepaya, semangka, plum, dan pir sangat baik. Buah-buahan akan membantu tubuh mereka merasa segar untuk hari berikutnya," kata Rachana.

Berbagai jenis buah pun memiliki kandungan vitamin yang berbeda-beda. Anda juga bisa dengan mudah mendapatkan buah-buahan di pusat perbelanjaan. Lalu apa saja jenis buah yang baik dikonsumsi selama Ramadan? Berikut 7 jenis buah yang baik dikonsumsi selama Ramadan agar tubuh Anda tetap sehat dirangkum dari berbagai sumber:

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Jeruk

Jeruk merupakan buah yang kaya akan kandungan vitamin C. Kandungan vitamin C pada 100 gram buah jeruk mampu mencukupi 90 persen kebutuhan vitamin C harian Anda. Diketahui, vitamin C bisa meningkatkan imunitas tubuh dan sangat baik untuk mencegah flu serta mengembalikan kekebalan tubuh. Karena itu, mengonsumsi buah jeruk saat sahur dan berbuka dapat menjaga agar tubuh selalu fit selama berpuasa.

2. Semangka

Buah semangka mengandung kadar air yang tinggi sehingga mampu menjaga tubuh tetap terhidrasi selama berpuasa. Karena itu, disarankan untuk mengonsumi semangka saat sahur dan buka puasa. Selain itu, semangka memiliki kandungan serat yang tinggi, sehingga akan membuat perut terasa kenyang lebih lama. Mengonsumsi semangka juga menyehatkan sistem pencernaan.

Tak hanya itu, vitamin A dan C di dalam buah semangat sangat baik untuk kesehatan kulit. Sehingga kulit Anda akan tetap cerah dan tidak kering meski sedang berpuasa. Buah semangka juga bisa diolah menjadi sup buah atau salad agar terasa lebih nikmat.

 

3 dari 4 halaman

3. Kurma

Kurma menjadi makanan yang disunnahkan Rasulullah SAW untuk disantap saat berbuka puasa. Di balik itu, kurma rupanya memiliki manfaat yang sangaik bagi kesehatan tubuh. Kurma mengandung gula alami yang berfungsi sebagai cadangan energi selama Anda berpuasa. Selain itu, kurma mengandung banyak mineral dan serat yang baik untuk menjaga rasa kenyang lebih lama. Karena itu, disarankan mengonsumsi kurma saat sahur dan berbuka puasa.

4. Pisang

Tahukah Anda, mengonsumsi pisang saat sahur mampu memberikan tenaga selama berpuasa seharian. Tak hanya itu, buah pisang mengandung kalium yang berfungsi untuk melindungi sistem pencernaan dan melapisi dinding usus. Karena itu, mengonsumsi buah pisang selama Ramadhan mampu mencegah peradangan dan sakit maag.

5. Pepaya

Buah pepaya terkenal sebagai buah yang baik untuk sistem pencernaan. Hal ini karena pepaya banyak mengandung vitamin C dan pro-vitamin A yang mampu membantu memecah serat makanan dalam sistem pencernaan, sehingga saluran pencernaan makanan tetap lancar saat berpuasa. Selain itu, pepaya juga mampu mengurangi rasa mual saat pertama kali berbuka puasa.

 

4 dari 4 halaman

6. Apel

Apel mengandung karbohidrat, gula, serat, air, lemak, protein, vitamin A, vitamin B6, vitamin C, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, seng, dan folat. Karena itu ada baiknya mengonsumsi apel saat sahur dan buka puasa selama Ramadan.

Selain itu, apel bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, mengenyangkan perut, menghidrasi, dan menjaga ketahanan tubuh. Manfaat lain dari mengonsumsi buah apel antara lain menurunkan risiko diabetes, penyakit kanker, melawan asma, menjaga kesehatan jantung, dan berat badan tetap stabil.

7. Alpukat

Dengan mengonsumsi alpukat saat bulan puasa dapat menurunkan kolesterol dan berat badan. Alpukat juga berfungsi untuk menyerap nutrisi yang dihasilkan untuk tubuh. Selain itu, alpukat mengandung zat besi, vitamin B, vitamin C, vitamin K, lemak serta minyak yang bisa menjadi sumber energi jika dikonsumsi saat sahur.

Kandungan asam oleat dalam alpukat, berfungsi untuk meningkatkan tingkat lemak di dalam tubuh dan membantu mengendalikan diabetes.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.