Sukses

5 Cara Simpel yang Bantu Mengatasi Stres dengan Cepat

Ketahui cara sederhana dan cepat yang bisa berguna untuk mengatasi stres.

Liputan6.com, Jakarta - Stres tentu lumrah dialami siapa saja. Pemicunya pun bermacam-macam, mulai dari masalah ekonomi, masalah pribadi dan pekerjaan.

Stres berlebih bisa mempengaruhi kesehatan mental seseorang. Perasaan ini juga bisa membuat individu merasa mudah lelah, tidak produktif, atau kehilangan motivasi untuk bekerja.

Lebih dari 40 juta individu dewasa di Amerika Serikat, mengalami gangguan kecemasan, yang membuat hidup mereka sangat sulit untuk diatasi.

Selain itu, sekitar 77% orang mengatakan bahwa peningkatan tingkat stres mereka memiliki efek negatif pada kesehatan fisik mereka.

Satu-satunya orang yang bisa membantumu mengurangi stres dan kecemasan adalah dirimu sendiri. Untuk itu, ketahui cara sederhana dan cepat yang bisa berguna untuk mengatasi stres, seperti melansir dari Bright Side, Minggu (10/4/2022).

1. Metode Jepang kuno

Menurut teknik ini, lima jari kita mengekspesikan perasaan dan emosi yang berbeda.

  • Jempol: Ini yang membantumu menghilangkan kecemasan dan banyak kekhawatiran.
  • Jari telunjuk: Ini mewakili ketakutanmu.
  • Jari tengah: Kemarahan dan kepahitan bisa dilawan melalui jari ini.
  • Jari manis: Anda bisa menyingkirkan melankolis dan depresi.
  • Kelingking: Di situlah harga diri Anda berada, yang memberi Anda optimisme dalam hidup.

Lalu pegang setiap jari dengan kepalan tanganmu

1. Langkah pertama adalah meraih setiap jari dengan tangan yang berlawanan dan memegangnya dengan kepala erat. Anda mulai dengan ibu jari dan ulangi dengan setiap jari.

2. Anda perlu memegang setiap jari selama 1-2 menit. Setelah beberapa waktu, Anda akan mulai merasakan denyut nadimu, dan saat itulah Anda akan tahu bahwa teknik ini benar-benar bekerja.

3. Anda bisa mengulangi latihan ini setiap hari dan Anda akan melihat betapa lebih baik Anda mengatasi stres dan kecemasan dalam kehidupan sehari-harimu.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Berikan tekanan di bagian tengah telapak tanganmu

Anda bisa menggabungkan latihan jari yang disebutkan di atas dengan metode tekanan ini. Anda cukup memberikan sedikit tekanan di bagian tengah telapak tanganmu dengan ibu jari yang berlawanan selama minimal 1 menit.

Anda juga bisa memijat tempat ini dengan gerakan berlawanan arah jarum jam dan Anda akan melihat detak jantung cepatmu menurun.

3. Lakukan pernapasan perut

1. Langkah pertama di sini adalah mencari tempat yang nyaman, baik dengan Anda duduk atau berbaring.

2. Selanjutnya, Anda harus meletakkan satu tangan di dada dan tangan lainnya di perut.

3. Anda harus mengambil napas dalam-dalam, tapi melalui perutmu, bukan dadamu. Dengan cara ini, perut Anda akan mencorong tangan Anda ke atas, tapi dada Anda akan tetap apa adanya tanpa gerakan apa pun.

4. Anda bisa bernapas dengan bibir mengerucut, seolah-olah Anda mencoba bersiul. Tangan di perutmu harus kembali ke dalam. Bahkan, Anda bisa menggunakan tangan itu untuk mendorong semua udara keluar dari perutmu.

5. Anda bisa mengulangi latihan ini 3 sampai 10 kali. Jangan terburu-buru, tapi berikan napasmu waktu sebanyak yang dibutuhkan. Anda harus memperhatikan bagaimana metode ini membuatmu merasa dan jika itu meningkatkan detak jantungmu, maka Anda bisa terus melakukannya.

 

3 dari 3 halaman

4. Peregangan

Ada banyak latihan peregangan yang bisa Anda praktikkan dengan mudah di rumah.

  • Pertama-tama, Anda harus berdiri dengan kaki terpisah 3-4 kaki dan tangan di belakang. Tanganmu harus memegang kedua ujung handuk. Anda kemudian harus membungkuk ke depan dengan kepala menghadap tanah. Kemudian Anda bisa mulai menggerakkan tangan ke atas dan ke bawah sambil tetap memegang handuk.
  • Anda juga bisa mencoba putaran tulang belakang duduk, di mana Anda harus duduk tegak ke arah tepi kursi. Kemudian letakkan tangan kanan di belakang kursi dan tangan kiri di paha kanan. Tarik napas dalam-dalam dan putar tulang belakangmu ke kanan lalu ulangi latihan dari sisi lain.

5. Praktik perhatian

Mindfulness adalah latihan di mana kita berkonsentrasi penuh pada pikiran dan perasaan kita. Ini tentang berkonsentrasi penuh pada kehidupan saat ini, tidak peduli seperti apa kelihatannya. Dan ada cara bagaimana Anda bisa melakukannya melalui pernapasan:

  • Pertama, Anda perlu menemukan waktu dan tempat di mana Anda bisa tetap tenang dan berkonsentrasi pada pikiran batinmu. Bisa di kereta dalam perjalanan pulang, di kamar mandi, atau saat menyiapkan makan malam.
  • Berkonsentrasilah pada pernapasanmu dengan memperhatikan gerakan perutmu saat bernapas masuk dan keluar. Lupakan semua hal lain yang mengejek otakmu.
  • Cobalah untuk tetap dalam keadaan tenang setidaknya selama lima menit dan jangan biarkan pikiran lain memasuki pikiranmu. Anda hanya harus fokus pada pernapasanmu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.