Sukses

9 Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan Saat Ngabuburit di Bulan Ramadhan

Berikut deretan kegiatan seru yang bisa kalian lakukan saat ngabuburit.

Liputan6.com, Jakarta Saat bulan Ramadhan waktu berbuka puasa nampaknya menjadi momen yang paling dinantikan umat muslim yang menjalani ibadah puasa. Dari mulai matahari terbit mereka telah menahan makan dan minum sampai tiba waktunya berbuka puasa saat maghrib.

Menjelang berbuka puasa, biasanya perut akan terasa sangat lapar dan juga haus. Namun sebisa mungkin kita harus bisa mengalihkan rasa lapar dan haus tersebut agar ibadah puasa dapat berjalan lancar.

Caranya adalah dengan melakukan beberapa kegiatan yang seru dan menarik sebelum berbuka. Kalian bisa melakukannya saat menunggu waktu berbuka puasa atau yang kerap disebut dengan ngabuburit. Sehingga rasa lapar dan haus bisa kalian nikmati dengan hati yang gembira hingga tiba waktu berbuka puasa. Berikut deretan kegiatan seru yang bisa kalian lakukan saat ngabuburit dilansir dari steemit.

Membaca atau Menulis

Membaca merupakan salah satu kegiatan yang pas dilakukan di waktu senggang. Termasuk waktu menunggu untuk berbuka puasa. Selama bulan Ramadhan ini, kalian bisa membaca buku-buku agama atau membaca ayat suci Al Qur'an.

Selain membaca kalian juga bisa mengisi waktu dengan menulis. Jika kalian memiliki blog, kalian dapat menulis dengan tema Ramadhan atau tema Islam. Berbagi ilmu adalah hal yang baik bukan? jadi tidak ada salahnya Anda membagikan tulisan kalian ke berbagai media sosial.

Berjalan-jalan

Saat menunggu waktu berbuka puasa kalian bisa menghabiskannya dengan berjalan-jalan. Apalagi dengan cuaca yang cerah sangat cocok untuk menemani kalian jalan-jalan. Bisa jalan-jalan santai di taman dekat rumah, atau berkeliling dengan sepeda motor menikmati indahnya pemandangan di sore hari.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berburu takjil dan olahraga

Berburu takjil

Sembari menikmati pemandangan, kalian juga bisa berburu makanan untuk berbuka puasa atau biasa disebut takjil. Ya, selama Ramadhan kita bisa bertemu dengan pedagang takjil di mana-mana. Biasanya mereka menjual es buah, cendol, kolak, dan masih banyak lagi.

Membuat menu berbuka

Jika Anda bosan dengan makanan yang dibeli di luar rumah, kalian bisa mencoba membuatnya sendiri. Seperti contohnya es buah, menu ini mudah dilakukan untuk semua orang. Kalian cukup membeli beberapa potong buah, memotongnya, lalu mencampurnya dengan larutan gula atau sirup. Selain itu, Anda juga bisa menyiapkan beberapa makanan ringan seperti kue. Tapi ingat, menu yang dibuat jangan terlalu banyak. Kalian mungkin bisa terlambat untuk berbuka, karena ketika adzan maghrib kalian masih mengurus memasak di dapur.

Olahraga

Meski dalam keadaan berpuasa, kita harus tetap berolahraga agar tubuh tetap kuat saat menjalani puasa. Namun saat berpuasa, pilihlah olahraga yang tidak terlalu berat. Sehingga kalian tidak akan merasa haus setelah berolahraga nantinya. Olahraga lari bisa menjadi pilihan. Tapi ingat, jangan berlari dengan tempo yang terlalu cepat. Selain itu, jarak yang akan kalian lalui juga tidak terlalu jauh. Jika biasanya kalian dapat berlari dalam jarak 100 meter, kurangi menjadi 50 meter.

 

3 dari 3 halaman

Mendengarkan musik hingga bertanam

Mendengarkan musik

Jika kalian malas melakukan aktivitas di luar rumah, aktivitas berikut ini bisa jadi referensi nih. Ya, mendengarkan musik memang merupakan aktivitas yang bisa dilakukan dalam suasana apapun. Tapi, di bulan suci ini, cobalah untuk mendengarkan lagu-lagu religi.

Menonton film

Tak sedikit individu yang memilih menonton film saat menunggu waktu berbuka. Menonton film juga merupakan kegiatan ngabuburit yang simpel tapi tetap mengasyikkan.

Kamu bisa melakukannya di rumah, baik sendiri maupun bersama keluarga. Dijamin deh rasa lapar dan haus kamu akan teralihkan, terlebih jika filmnya seru.

Bertanam

Bagi kalian pecinta tanaman bisa juga menghabiskan waktu ngabuburit dengan mempercantik taman kalian di rumah atau sekedar menyiram tanaman hiasan kalian.

Perawatan

Kegiatan ngabuburit satu ini nampaknya akan disukai banyak wanita. Ya, ide lainnya untuk mengisi waktu ngabuburit ialah dengan memanjakan diri. seperti maskeran, creambath, meni-pedi dan lainnya. Selain membuat diri lebih cantik, kegiatan ini juga bisa membuat fisik dan psikis kamu semakin rileks serta nyaman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.