Sukses

Studi: Omicron Miliki Durasi Infeksi Lebih Pendek Dibandingkan dengan Delta

Orang yang terinfeksi varian Omicron cenderung memiliki gejala untuk periode yang lebih pendek dan berisiko lebih rendah untuk dirawat di rumah sakit menurut sebuah penelitian.

Liputan6.com, Jakarta - Individu yang terinfeksi varian Omicron cenderung memiliki gejala untuk periode yang lebih pendek, risiko yang lebih rendah untuk dirawat di rumah sakit, dan serangkaian gejala yang berbeda dari mereka yang terinfeksi Delta, menurut sebuah penelitian.

Ketika varian Omicron yang sangat mudah menular mulai mendominasi menjelang akhir tahun lalu, ternyata, selain lebih baik dalam menghindari respons kekebalan tubuh daripada Delta, ia juga menghasilkan penyakit yang tidak terlalu parah.

Sekarang sebuah penelitian besar tidak hanya mendukung temuan tersebut, tetapi laporan yang dikonfirmasi Omicron terkait dengan durasi penyakit yang lebih pendek dan kumpulan gejala yang berbeda.

Dilansir dari The Guardian, Jumat (8/4/2022), studi ini dilakukan hanya beberapa hari setelah National Health Service (NHS) menambahkan sembilan gejala lebih lanjut untuk Covid-19 ke daftar demam yang ada, batuk baru dan terus-menerus, dan kehilangan atau perubahan rasa atau bau.

Para peneliti menemukan orang-orang yang terinfeksi Covid-19 ketika Omicron merajalela, sekitar setengahnya cenderung melaporkan memiliki setidaknya satu dari tiga gejala terakhir dibandingkan mereka yang menderita Covid-19 ketika Delta marak.

“Ini adalah pelajaran bahwa kita harus jauh lebih fleksibel dalam memikirkan apa itu virus dan bagaimana penyebarannya daripada sebelumnya, tentu saja di Inggris,” kata Prof Tim Spector, rekan penulis penelitian dari King's College London.

Dia menambahkan bahwa tim menunjukkan data kepada pemerintah sekitar lima bulan lalu yang menunjukkan sakit tenggorokan menggantikan hilangnya penciuman sebagai gejala.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gejala Delta lebih berat

Studi yang akan dipresentasikan di European Congress of Clinical Microbiology & Infectious Diseases dan telah diterbitkan di Lancet, didasarkan pada data dari 63.002 peserta studi Zoe Covid.

Para peneliti mencocokkan hampir 4.990 peserta yang memiliki infeksi Covid-19 yang dikonfirmasi antara 1 Juni dan 27 November 2021 ketika Delta adalah varian yang paling umum dengan 4.990 orang yang melaporkan infeksi antara 20 Desember 2021 dan 17 Januari 2022 ketika Omicron mendominasi, dengan pencocokan berdasarkan usia, jenis kelamin dan apakah mereka telah menerima dua atau tiga dosis vaksin.

Pengalaman kedua kelompok kemudian dibandingkan. Tim menemukan gejala peserta berlangsung rata-rata 6,9 hari selama periode ketika Omicron mendominasi, dibandingkan dengan 8,9 hari ketika Delta mendominasi, dengan infeksi selama periode Omicron terkait dengan kemungkinan 25% lebih rendah masuk ke rumah sakit.

Hasilnya menunjukkan hanya 17% orang yang terinfeksi Covid-19 ketika didominasi Omicron kehilangan indra penciumannya, dibandingkan dengan 53% ketika Delta mendominasi. Namun, sakit tenggorokan dan suara serak keduanya lebih umum di antara yang pertama.

3 dari 3 halaman

Penelitian tersebut mengingatkan kita tentang apa yang harus diwaspadai

Spector mengatakan pendekatan pencatatan gejala yang digunakan dalam penelitian ini adalah alat yang sangat berharga. “[Itu] harus mengingatkan kita apa yang harus diwaspadai ketika pasti akan ada varian berikutnya,” katanya. Dia pun menambahkan tindakan harus lebih cepat di masa depan. “Kita harus jauh lebih reaktif dalam menyampaikan pesan kesehatan masyarakat."

Dr David Strain, seorang dosen klinis senior di University of Exeter Medical School, yang tidak terlibat dalam penelitian ini, mengatakan temuan itu sejalan dengan apa yang dialami rumah sakit pada awal tahun ketika varian BA.1 Omicron mendominasi. Tetapi varian Omicron BA.2 telah mengambil alih dan, menurut pengalamannya, gambarannya telah berubah lagi.

"Orang-orang tinggal di rumah sakit lebih lama dan staf dites positif lebih lama, jadi lebih lama sebelum mereka dapat kembali bekerja," katanya. Penelitian ini dilakukan ketika studi React-1 mengungkapkan prevalensi rata-rata Covid di seluruh Inggris berada pada tingkat tertinggi yang pernah tercatat. Sementara itu, Badan Keamanan Kesehatan Inggris melaporkan pada hari Kamis bahwa 15,3% orang berusia 75 tahun ke atas telah menerima suntikan booster Covid sejauh ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Varian Omicron dikenal sebagai garis keturunan B.1.1.529, adalah sebuah varian SARS-CoV-2, sebuah koronavirus yang menyebabkan COVID-19.

    COVID-19 omicron

  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.

    Omicron

  • Delta