Sukses

6 Tips Makan Gorengan Agar Tetap Sehat Saat Buka Puasa

Gorengan dijuluki sumber penyakit kolesterol. Ikuti cara ini agar bisa merasa aman saat mengonsumsi gorengan di saat berbuka puasa.

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang suka gorengan sebagai menu rutin berbuka puasa? Meskipun anjuran berbuka puasa yang baik itu dengan satu gelas air mineral dan tiga buah kurma, tapi rasanya kurang pas kalau berbuka tanpa adanya gorengan di atas meja.

Gorengan menjadi salah satu menu buka puasa paling disukai masyarakat Indonesia. Meski begitu, gorengan tetap menjadi salah satu sumber penyakit seperti kolesterol hingga diabetes, yang berasal dari tepung dan minyak berlebih.

Melansir dari berbagai sumber, berikut rahasia makan gorengan yang sehat dan aman selama berbuka puasa, agar tidak menyababkan gangguan kesehatan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Bikin gorengan sendiri

Tak mengapa jika repot sedikit, yang penting sehat. Dengan membuat gorengan sendiri di rumah, Anda bisa mengetahui kualitas bahan dan minyak yang digunakan sebagai bahan baku.

3 dari 7 halaman

2. Goreng dengan minyak baru

Agar kualitas gorengan lebih sehat, gunakan minyak baru setiap ingin menggoreng. Ingat, gunakan minyak hanya untuk dua kali penggorengan saja, sebab zat jahat akan muncul jika minyak yang Anda gunakan dipakai berulang kali.

Ciri-ciri minyak yang dipenuhi oleh kolesterol jahat adalah berwarna gelap atau bahkan hitam. Minyak yang sudah berubah warna telah mengandung zat karsinogenik yang dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti kolesterol hingga kanker.

4 dari 7 halaman

3. Menggunakan banyak sayuran

Agar lebih sehat, Anda juga bisa menambahkan banyak sayur ke dalam tepung adonan sesuai yang Anda inginkan.

Buat perbandingan jumlah sayur yang digunakan lebih banyak daripada tepung, dengan begitu Anda bisa menurunkan risiko masalah kesehatan yang mungkin terjadi.

5 dari 7 halaman

4. Tiriskan minyak pada gorengan

Setelah gorengan matang dan siap diangkat, ada baiknya Anda menyaring gorengan tersebut hingga permukaan terlihat kering, garing dan tidak berminyak. Hindari mengangkat gorengan tanpa menyaringnya terlebih dahulu.

6 dari 7 halaman

5. Gunakan alas serap minyak

Setelah gorengan di tiriskan menggunakan penyaring, hidangkan gorengan di atas alas serap minyak, seperti kertas, tisu atau kain. Dengan cara ini Anda akan mengonsumsi lebih sedikit minyak.

7 dari 7 halaman

6. Batasi jumlah konsumsi

Ingat, segala hal yang berlebihan itu tidak baik. Jadi, batasi diri Anda dalam mengonsumsi gorengan. Kalau dirasa satu sudah cukup, berarti tidak perlu yang kedua atau ketiga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.