5 Ide Menu Sehat Buat Berbuka Puasa Selain Gorengan

Oleh Putri Annisa pada 04 Apr 2022, 16:03 WIB
Diperbarui 04 Apr 2022, 16:03 WIB
Ilustrasi buka puasa
Perbesar
Ilustrasi Berbuka Puasa Credit: pexels.com/pixabay

Liputan6.com, Jakarta Buka puasa menjadi waktu yang ditunggu-tunggu di Bulan Ramadhan setelah seharian menahan lapar dan dahaga. Tak heran, kita jadi ingin menyantap makanan favorit untuk takjil saat buka puasa.

Di Indonesia, ada beragam pilihan makanan yang dapat dijadikan menu berbuka puasa. Salah satu yang terpopuler adalah gorengan seperti pastel, risoles, dan bakwan karena rasanya gurih dan lezat.

Namun, menyantap gorengan dalam jumlah berlebihan tidak baik untuk kesehatan. Berikut ide menu buka puasa yang tak kalah nikmat dan menyehatkan selain gorengan.

1. Salad Buah

ilustrasi salad buah
Perbesar
ilustrasi salad buah/copyright Unsplash/Dana DeVolk

Perpaduan beberapa macam buah seperti pir, apel, jeruk. anggur, melon, dan buah naga sangat cocok dibuat menjadi salad. Anda tinggal menambahkan susu kental manis, yoghurt, dan mayonais sebagai dressing. Selain praktis, salad buah merupakan menu buka puasa yang menyehatkan karena mengandung banyak nutrisi di dalamnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


2. Kurma

Ilustrasi buka puasa dengan kurma
Perbesar
Ilustrasi buka puasa dengan kurma (sumber: iStock)

Menyantap kurma dengan segelas air putih saat buka puasa adalah salah satu sunnah yang diajarkan Nabi Muhammad SAW. Kurma mengandung banyak serat dan vitamin yang mampu menjaga kesehatan selama berpuasa.


3. Bubur Kacang Hijau

Bubur Kacang Hijau
Perbesar
Ilustrasi Bubur Kacang Hijau Credit: freepik.com

Tak hanya lezat, bubur kacang hijau memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Kacang hijau merupakan salah satu sumber protein serta kaya akan serat dan antioksidan. Selain itu, mengonsumsi bubur kacang hijau bermanfaat untuk menambah stamina tubuh.

 


4. Ubi Rebus

ubi rebus untuk kesehatan
Perbesar
Ilustrasi/copyrightshutterstock/K321

Ubi rebus juga bisa menjadi alternatif menu buka puasa selain gorengan. Selain cara mengolahnya yang praktis, ubi rebus juga memiliki cita rasa manis alami. Ubi merupakan jenis umbi yang mengandung karbohidrat kompleks dan juga kaya serat.

 


5. Kolak

ilustrasi kolak
Perbesar
Kolak kue keranjang juga bisa menjadi alternatif olahan yang bisa dipadu dengan nangka, durian atau apapun sesuai selera. (foto: Liputan6.com/edhie prayitno ige)

Siapa yang tak kenal menu buka puasa satu ini? Kolak menjadi salah satu menu buka puasa favorit masyarakat di Indonesia. Olahan kolak yang sering dijumpai antara lain kolak ubi, pisang, biji salak.

Meski demikian, kandungan gula dan santan yang menjadi bahan campuran kolak tidak baik untuk kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya