Sukses

5 Ide Menu Sehat Buat Berbuka Puasa Selain Gorengan

Berikut ini alternatif menu buka puasa yang sehat dan praktis selain gorengan

Liputan6.com, Jakarta Buka puasa menjadi waktu yang ditunggu-tunggu di Bulan Ramadhan setelah seharian menahan lapar dan dahaga. Tak heran, kita jadi ingin menyantap makanan favorit untuk takjil saat buka puasa.

Di Indonesia, ada beragam pilihan makanan yang dapat dijadikan menu berbuka puasa. Salah satu yang terpopuler adalah gorengan seperti pastel, risoles, dan bakwan karena rasanya gurih dan lezat.

Namun, menyantap gorengan dalam jumlah berlebihan tidak baik untuk kesehatan. Berikut ide menu buka puasa yang tak kalah nikmat dan menyehatkan selain gorengan.

1. Salad Buah

Perpaduan beberapa macam buah seperti pir, apel, jeruk. anggur, melon, dan buah naga sangat cocok dibuat menjadi salad. Anda tinggal menambahkan susu kental manis, yoghurt, dan mayonais sebagai dressing. Selain praktis, salad buah merupakan menu buka puasa yang menyehatkan karena mengandung banyak nutrisi di dalamnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Kurma

Menyantap kurma dengan segelas air putih saat buka puasa adalah salah satu sunnah yang diajarkan Nabi Muhammad SAW. Kurma mengandung banyak serat dan vitamin yang mampu menjaga kesehatan selama berpuasa.

3 dari 5 halaman

3. Bubur Kacang Hijau

Tak hanya lezat, bubur kacang hijau memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Kacang hijau merupakan salah satu sumber protein serta kaya akan serat dan antioksidan. Selain itu, mengonsumsi bubur kacang hijau bermanfaat untuk menambah stamina tubuh.

 

4 dari 5 halaman

4. Ubi Rebus

Ubi rebus juga bisa menjadi alternatif menu buka puasa selain gorengan. Selain cara mengolahnya yang praktis, ubi rebus juga memiliki cita rasa manis alami. Ubi merupakan jenis umbi yang mengandung karbohidrat kompleks dan juga kaya serat.

 

5 dari 5 halaman

5. Kolak

Siapa yang tak kenal menu buka puasa satu ini? Kolak menjadi salah satu menu buka puasa favorit masyarakat di Indonesia. Olahan kolak yang sering dijumpai antara lain kolak ubi, pisang, biji salak.

Meski demikian, kandungan gula dan santan yang menjadi bahan campuran kolak tidak baik untuk kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.