Sukses

Hindari 4 Kebiasaan yang Menyebabkan Gigi Bernoda

Meskipun ada banyak cara untuk memutihkan gigi, beberapa kebiasaan yang Anda lakukan setiap hari bisa menjadi penyebab gigimu.

Liputan6.com, Jakarta - Senyum menjadi salah satu hal pertama yang diperhatikan orang lain tentangmu. Tapi jika gigimu tidak seputih yang Anda inginkan, Anda mungkin akan jarang tersenyum.

Meskipun ada banyak cara untuk memutihkan gigi, beberapa kebiasaan yang Anda lakukan setiap hari bisa menjadi penyebab gigimu kehilangan luminositasnya.

Untuk itu, ketahui beberapa kebiasaan yang membuat gigi bernoda, seperti melansir dari Bright Side, Sabtu (2/4/2022).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Sering minum minuman panas

Banyak individu memiliki kebiasaan minum kopi dan teh panas sebelum memulai rutinitas harian. Tapi jika Anda menikmatinya setiap hari, itu akan membuat gigimu kusam dan berubah warna. 

Kopi, teh dan minuman kaya pigmen lainnya bisa menodai gigimu, dan jika Anda meminumnya panas, minuman itu bisa membuat email gigimu lebih rentan terhadap pewarnaan. 

3 dari 5 halaman

2. Menggunakan obat kumur yang salah

Meskipun obat kumur membuat napasmu segar lebih lama, itu juga akan membuat senyummu kurang cerah jika Anda tidak mewaspadai bahan kimia keras di dalamnya. 

Misalnya, obat kumur yang ditujukan untuk mengobati penyakit gusi sering kali mengandung klorheksidin glukonat, yang bisa menyebabkan noda pada gigi yang tidak bisa dihilangkan tanpa bantuan dokter gigi.

4 dari 5 halaman

3. Menyikat gigi terlalu keras

Meskipun menyikat dan membersihkan gigi sangat penting untuk menjaga senyummu tetap sehat, lebih banyak tidak selalu baik dalam hal kebersihan mulut. 

Jika Anda tidak menyikat terlalu keras hari demi hari, Anda bisa mengikis email secara perlahan, yang bisa membuat gigimu lebih sensitif dan meningkatkan risiko gigi berlubang.

5 dari 5 halaman

4. Tidak minum cukup air

Tetap terhidrasi adalah salah satu hal terbaik yang bisa Anda lakukan untuk kesehatanmu secara keseluruhan. Minum cukup air sepanjang hari juga bisa membantu mencerahkan gigimu. Air membilas zat noda yang tertinggal di gigimu dan membuatnya tetap putih lebih lama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.