Sukses

Biar Tidak Lemas, Ini 5 Waktu Terbaik untuk Olahraga Selama Berpuasa

Hidup sehat selama berpuasa. Yuk, pilih waktu terbaik Anda untuk berolahraga selama di bulan Ramadhan.

Liputan6.com, Jakarta - Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan ampunan. Saat berpuasa setiap muslim diwajibkan untuk menahan diri dari rasa lapar, dahaga dan hawa nafsu, mulai dari terbit fajar hingga tenggelam matahari.

Banyak orang berpikir, bahwa puasa yang dijalankan selama kurang lebih 14 jam itu, tidak memungkinkan kita untuk berolahraga. Puasa juga sering dianggap mengurangi energi tubuh, sehingga tidak mudah untuk menjalani aktifitas peregangan selama bulan Ramadhan.

Melansir dari Khaleejtime.com, Jumat (1/4/2022), berikut ini waktu terbaik yang bisa Anda manfaatkan untuk berolahraga, di tengah menjalani ibadah puasa.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Sebelum sahur

Sebelum sahur menjadi waktu terbaik dan sangat ideal untuk berolahraga. Sebab kondisi perut yang masih kosong akan mempermudah pembakaran lemak menjadi lebih efektif. Di waktu ini juga, Anda masih bisa menghidrasi tubuh begitu selesai berolahraga, lalu dilanjutkan dengan makan sahur.

Untuk bisa berolahraga di waktu tersebut, Anda perlu bangun 30 lebih cepat dari waktu sahur yang telah di tetapkan.

3 dari 6 halaman

Sebelum berbuka puasa

Sebelum berbuka adalah waktu terbaik kedua untuk Anda melakukan olahraga. Di waktu ini Anda tidak perlu mengkhawatirkan masalah tenaga yang terkuras, sebab Anda bisa langsung mengisi energi kembali dengan berbuka puasa.

4 dari 6 halaman

Setelah berbuka puasa

Jika Anda tidak sanggup berolahraga dalam kondisi berpuasa, mungkin waktu peregangan di saat berbuka menjadi jawabannya. Ya, olahraga setelah berbuka puasa menjadi waktu terbaik ketiga yang bisa Anda pilih.

Di saat perut dalam keadaan penuh, sebaiknya Anda lakukan kardio, daripada latihan dengan beban.

5 dari 6 halaman

Setelah sholat tarawih

Gerakkan dalam sholat tarawih bisa dianggap sebagai peregangan awal atau pemanasan sebelum olahraga berat. Maka dari itu, setelah terawih menjadi waktu terbaik keempat untuk Anda berolahraga. Sesudah peregangan, Anda bisa jogging dan melakukan beberapa putaran sebelum akhirnya kembali ke rumah.

6 dari 6 halaman

Sebelum tidur

Kondisi berpuasa menjadi alasan terbesar untuk menghindari olahraga. Untuk mendukung kemalasan di waktu puasa, olahraga sebelum tidur menjadi waktu terbaik kelima yang bisa Anda dapatkan. Lakukan beberapa gerakan peregangan yang bisa Anda lakukan di atas kasur atau sambil berbaring.

Olahraga yang dilakukan sebelum tidur juga bisa meningkatkan kulitas tidur Anda menjadi lebih baik, sebab olahraga mampu meningkatkan hormon endorfin atau hormon bahagia, sehingga tubuh Anda akan merasa jauh lebih rileks.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.