Sukses

6 Tips Hidup Sukses ala Elon Musk, Bisa Dicoba

Berikut ini beberapa tips hidup sukses ala Elon Musk

Liputan6.com, Jakarta Elon Musk adalah sosok yang harus diperhitungkan. Selain merupakan salah satu orang paling kaya di dunia, keputusannya juga memberikan dampak yang amat luas. Bahkan, satu cuitan dia di Twitter dapat berdampak pada saham tertentu.

Elon Musk terkenal karena bekerja 100 jam seminggu, menginspirasi banyak orang untuk bekerja keras. Namun, ada beberapa tip dan rahasia yang dia yakini dan ia bagikan di berbagai konferensi dan pertemuan.

Tips-tipsnya itu mungkin dapat membantu Anda menjadi sukses dalam hidup Anda juga. Lalu, apa saja saran-sarannya untuk hidup sukses? Ini dia.

1. Baca buku

Membaca buku tidak hanya membuat bahasa kita lebih baik, tetapi juga memberi kita pengetahuan dan informasi tentang banyak hal yang tidak akan diajarkan orang lain kepada Anda. Elon Musk pernah berbagi pada konferensi pers bahwa ia biasa membaca ensiklopedia sebagai seorang anak.

Untuk generasi baru, Elon berpesan agar “banyak membaca literatur. Cobalah untuk menyerap informasi sebanyak mungkin, serta membangun basis pengetahuan umum yang layak sehingga Anda bisa mendapatkan pemahaman dasar tentang lanskap pengetahuan."

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Jaringan itu penting

Anda tidak bisa hanya duduk di rumah dan menyelesaikan sesuatu. Jaringan adalah bagian penting dari pertumbuhan sebagai pribadi selain membantu diri Anda sendiri secara profesional. “Berbicaralah dengan orang-orang dari berbagai lapisan masyarakat, serta dari berbagai sektor, pekerjaan, dan keterampilan. Pelajari semua yang Anda bisa,” sarannya.

 

3 dari 6 halaman

3. Berkontribusi

Selain diri Anda sendiri, Anda juga harus berkontribusi pada masyarakat. Dalam podcast, Elon mengatakan bahwa orang harus memberi kembali kepada masyarakat dan bukan hanya menerima. Dia berkata: "cobalah untuk memberikan kontribusi bersih yang positif kepada masyarakat. Itu adalah tujuan yang layak untuk dikejar."

 

4 dari 6 halaman

4. Berusahalah menjadi orang yang bermanfaat

Elon berbagi bahwa penting untuk berguna bagi dunia di sekitar Anda meskipun itu adalah sebuah tantangan. "Lakukan hal-hal yang berguna bagi sesama manusia, bagi dunia." Lebih lanjut dia menyarankan bahwa menjadi berguna itu menantang – sangat sulit!”

 

5 dari 6 halaman

5. Ambil risiko

Bermain aman sepanjang waktu akan menghentikan Anda untuk berkembang. Elon berbagi bahwa Anda harus “mengambil risiko sekarang, untuk melakukan sesuatu yang berani, Anda tidak akan menyesalinya. Seiring bertambahnya usia, pengambilan risiko juga berdampak pada keluarga dan anak-anak Anda. Anda akan memiliki lebih sedikit waktu di tangan Anda.” Dia percaya bahwa yang terbaik adalah mengambil risiko ketika Anda tidak memiliki komitmen atau kewajiban apa pun.

 

6 dari 6 halaman

6. Bersiaplah untuk gagal jika Anda berencana untuk sukses

Jika Anda memiliki ide, keyakinan, kerjakan dengan sikap bahwa Anda akan berhasil, namun Elon percaya bahwa Anda juga harus mempersiapkan diri untuk kegagalan. “Jika ada sesuatu yang cukup penting, Anda harus mencoba meskipun kemungkinan hasilnya adalah kegagalan,” katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.