Sukses

Gara-Gara Covid-19, Kaki Pria Ini Diamputasi Setelah Bereaksi dengan Diabetes yang Diderita

Kaki pria ini terpaksa diamputasi setelah diabetes yang ia derita bereaksi dengan Covid dan membuat kakinya mati.

Liputan6.com, Jakarta Seorang ayah enam anak harus diamputasi kedua kakinya setelah pertempuran Covid yang melelahkan membuat kakinya menjadi hitam. Scott Green, dari Redcar, North Yorkshire, Inggris dilarikan ke rumah sakit pada hari pertama lock down pada tahun 2020 karena kondisinya memburuk, tetapi awalnya tidak tahu dia mengidap virus tersebut.

Pria berusia 50 tahun, yang memiliki lima putra dan satu putri, ingat pernah dirawat di Rumah Sakit James Cook di Middlesbrough sebelum bangun dua bulan kemudian. Menurut laporan TeessideLive, dokter dan perawat bekerja tanpa lelah untuk menyelamatkan hidupnya setelah diabetesnya bereaksi terhadap Covid-19 dan tubuhnya mulai mati.

"Saya tidak ingat apa yang terjadi setelah itu - saya tidak ingat sama sekali. Istri saya memberi tahu saya bahwa kami sampai di rumah sakit Middlesbrough dengan taksi," katanya.

"Hal berikutnya yang saya tahu saya bangun sebulan kemudian dari perawatan intensif, memakai tabung di mulut saya, dan mereka akhirnya memberi tahu saya bahwa saya kehilangan kaki saya karena Covid."

"Saya tidak tahu bahwa saya mengidap Covid. Itu bereaksi dengan diabetes saya dan mematikan denyut nadi di kaki saya, jadi saya kehilangan semua aliran darah di kaki saya dan menjadi hitam. Pilihannya hanya diamputasi atau saya mati."

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Sempat mengalami depresi

Scott mengatakan bahwa dia membutuhkan waktu hampir dua tahun untuk dapat berbicara tentang situasi setelah dia didiagnosis dengan PTSD setelah insiden tersebut.

Dia mengatakan dia berjanji kepada salah satu perawatnya bahwa dia akan berbicara tentang ceritanya ketika dia sudah siap.

Dia berkata: "Saya mengalami mimpi buruk sekitar 3 atau 4 kali seminggu dan saya duduk di sana dengan kepala di tangan saya memberi tahu saya bahwa saya kehilangan kaki saya. Saya tidak tahu apakah itu sejak hari mereka memberi tahu saya , atau jika itu hanya sesuatu di kepalaku."

"Tahun lalu saya masih berjuang. Saya menderita PTSD, dan saya juga menderita depresi karena saya kehilangan putra saya karena kanker ketika dia berusia 17 tahun."

Scott juga berbicara tentang bagaimana kehilangan kakinya berdampak pada hidupnya sejak pulih.

"Saya memiliki kursi roda listrik sekarang. Kami harus pindah rumah ke bungalo. Saya masih mengendarai mobil - semuanya telah disesuaikan sehingga saya dapat menggunakan tangan saya."

 

3 dari 5 halaman

Memiliki pasangan yang baik

Istri Scott, Lisa, berada di sisinya sepanjang cobaan itu, dan Scott menggambarkannya sebagai batu karangnya: "Istri saya telah bersama saya dengan segalanya. Jika bukan karena istri saya, saya tahu saya tidak akan berada di sini sekarang."

Terlepas dari trauma yang dialami Scott dalam dua tahun terakhir, dia sekarang merasa jauh lebih positif dan mampu menerima kondisinya.

"Sekarang saya benar-benar berusaha menjaga diabetes saya. Saya mencoba mengendalikannya dengan lebih baik, saya melakukan banyak jenis olahraga yang berbeda," katanya.

"Saya tahu saya melakukan lebih baik daripada sebelumnya. Saya kehilangan banyak berat badan ketika saya berada di rumah sakit."

 

4 dari 5 halaman

Mencoba lebih positif dengan hidupnya

Scott juga mengatakan bahwa dia merasa lebih mudah untuk berbicara tentang situasinya: "Saya berbicara dengan seorang wanita dari badan amal selama sekitar 12 minggu.

"Saya mengeluarkan semuanya - dan saya dapat memberi tahu orang-orang lebih banyak tentang apa yang terjadi sekarang.

"Saya lebih percaya diri berbicara dengan orang dan saya tidak terlalu peduli dengan apa yang orang pikirkan tentang penampilan saya. Saya tidak peduli jika orang melihat saya lagi."

Scott meluangkan waktu untuk berterima kasih kepada staf di Rumah Sakit James Cook yang menyelamatkan hidupnya: "Saya berada di rumah sakit selama sekitar 16 minggu dan jika bukan karena rumah sakit dan perawat dan dokter, saya tidak akan berada di sini sekarang.

"Anda selalu mendengar cerita tentang orang yang telah meninggal. Saya pikir - saya menderita covid dan saya mengalahkannya. Oke, saya kehilangan kaki saya, tapi saya masih bisa mengalahkannya."

5 dari 5 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.