Sukses

4 Efek Buruk Bagi Tubuh Jika Minum Kopi Sebelum Sarapan

Minum kopi sebelum Anda sarapan bisa menyebabkan beberapa konsekuensi yang cukup serius.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak individu tidak bisa menjalankan aktivitas tanpa kopi di pagi hari. Tak heran jika hal pertama yang dilakukan setelah bangun tidur yakni minum secangkir kopi.

Namun, Anda perlu mempertimbangkan kembali kebiasaan ini. Meski sulit, tapi meminumnya sebelum Anda sarapan bisa menyebabkan beberapa konsekuensi yang cukup serius.

Untuk itu, ketahui apa saja yang akan terjadi pada tubuh jika Anda minum kopi sebelum sarapan, seperti melansir dari Bright Side, Kamis (31/3/2022).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Mempengaruhi kadar gula darah

Banyak pecinta kopi tidak tahan membayangkan hari tanpa secangkir kopi, tapi jika hal pertama yang bersentuhan dengan tubuhmu di pagi hari adalah kopi, itu bisa meningkatkan kadar gula darahmu hingga 50%. 

Tapi ini tidak berarti Anda haru membuang minuman favoritmu dan beralih ke kopi tanpa kafein.

Penelitian telah menunjukkan bahwa Anda bisa meningkatkan efek berbahaya ini jika Anda hanya makan sarapanmu terlebih dahulu dan kemudian minum kopimu nanti.

 

3 dari 5 halaman

2. Mengalami kram kaki

Sebagian besar dari kita kadang-kadang mengalami tidur malam yang buruk, tapi jika Anda terbiasa menuangkan secangkir kopi segera setelah bangun, Anda benar-benar menyabotase semua upayamu untuk mendapatkan tidur malam yang nyenyak. 

Karena kafein meningkatkan kadar gula darahmu, itu menyebabkan kram kaki yang bisa membuat Anda terjaga di malam hari.

 

4 dari 5 halaman

3. Mengeringkan kulit

Kopi adalah diuretik yang kuat, yang berarti bisa membuatmu lebih sering ke kamar mandi. Meskipun sesekali menikmati secangkir kopi tidak akan menyebabkan dehidrasi serius, hal itu tetap menyebabkan tubuhmu kehilangan cairan dan penting untuk minum cukup air sepanjang hari. 

Jika Anda tidak minum cairan sebanyak yang hilang, itu bisa mempengaruhi kulitmu, menyebabkannya menjadi kering.

 

5 dari 5 halaman

4. Merasa cemas

Saat bangun tidur, kortisol kita, yang juga dikenal sebagai hormon stres, berada pada titik tertinggi. Jika Anda minum kopi bahkan sebelum sarapan kafein bisa berbenturan dengan kortisol, menyebabkan tubuhmu mengalami lebih banyak stres. 

Lebih baik menunggu sekitar satu jam setelah Anda bangun untuk minum secangkir kopi dan pastikan untuk menghidrasi sebelum meminumnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.