Sukses

Jada Pinkett Smith: Rambut Rontok Saat Mandi, Gejala Pertama Alopecia yang Aku Rasakan

Jada Pinkett Smith menceritakan gejala atau tanda pertama dari Alopecia yang ia rasakan.

Liputan6.com, Jakarta Jada Pinkett Smith tampak memukau pada upacara Academy Awards pada hari Minggu, tetapi ketika Chris Rock membuat lelucon tentang kepalanya yang dicukur, itu membuat suaminya, Will Smith berang.

Komentar itu mungkin tampak tidak berbahaya bagi sebagian orang, tetapi lelucon itu ternyata mendapat reaksi langsung berujung tamparan. Insiden itu memang mengejutkan, namun mengetahui tentang apa yang telah dialami Jada Smith selama beberapa tahun terakhir membuatnya jelas mengapa Will Smith emosi kondisi istrinya menjadi bahan lelucon.

Beberapa tahun yang lalu aktor, pembawa acara talk show, dan ibu dari Jaden dan Willow itu membungkus rambutnya dengan turban. Musim panas lalu dia mencukur rambutnya, menjelaskan dalam sebuah posting Instagram bahwa sudah waktunya untuk melepaskan.

Alasannya? Kembali pada Mei 2018, Pinkett Smith mengungkapkan bahwa dia menderita alopecia, gangguan autoimun yang menyebabkan kerontokan rambut. Ia mengatakan bahwa "tidak mudah untuk membicarakannya" di sebuah episode acara bincang-bincang Facebook Watch-nya, Red Table Talk.

Di acara itu, Jada Smith yang emosional membuka diri tentang perjuangannya menghadapi Alopecia Areata. "Saya mengalami masalah dengan rambut rontok. Dan saya katakan, itu menakutkan ketika pertama kali dimulai."

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Dia pertama kali menyadari bahwa dia kehilangan rambut di kamar mandi

Di Red Table Talk, Pinkett Smith mengatakan tanda pertama alopecia-nya menjadi jelas saat dia keramas rambutnya.

"Saya sedang mandi suatu hari dan kemudian hanya segenggam rambut, hanya di tangan saya, dan saya seperti, 'Ya Tuhan, apakah saya akan botak?'" Ia mengatakan bahwa itu adalah "salah satu waktu dalam hidup ketika saya benar-benar gemetar ketakutan," dia menjelaskan bahwa dia mulai memotong rambutnya, dan akhirnya memakai turban.

"Ketika rambut saya dibungkus, saya merasa seperti seorang ratu," katanya.

 

3 dari 5 halaman

Rambutnya adalah bagian besar dari identitasnya

Sementara Pinkett Smith mungkin tampak sebagai gambaran kepercayaan diri dan keanggunan di bawah tekanan, kehilangan rambutnya bukanlah sesuatu yang dia ambil dengan tenang.

"Rambut saya telah menjadi bagian besar dari diri saya. Merawat rambut saya telah menjadi ritual yang indah, dan memiliki pilihan untuk memiliki rambut atau tidak, dan kemudian suatu hari menjadi seperti, 'Ya Tuhan, saya mungkin tidak punya pilihan.'"

Meskipun mengambil "setiap jenis tes," katanya dokter tidak tahu mengapa dia kehilangan rambutnya.

 

4 dari 5 halaman

Sekitar dua persen dari populasi memiliki jenis alopecia ini

Alopecia areata adalah gangguan autoimun yang menyebabkan apa yang disebut dokter sebagai kerontokan rambut "tanpa jaringan parut". Ini berarti folikel tak bisa bertahan, sehingga rambut rontok bisa datang dan pergi seiring waktu.

Ini mungkin tidak merata, dan dalam beberapa kasus, kebotakan total terjadi. Sekitar dua persen dari populasi umum akan mengalami alopecia areata di beberapa titik dalam hidup mereka, kata sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nature Review of Disease Primers pada 2017.

Alopecia areata adalah jenis alopecia non-jaringan parut yang paling umum kedua, dengan pola alopecia pria dan wanita yang paling umum. Para peneliti menyebut alopecia areata "kompleks" dan "poligenik," yang berarti dapat disebabkan oleh lebih dari satu gen atau faktor.

 

5 dari 5 halaman

Jada "hanya bisa tertawa" tentang kondisinya sekarang

Dalam sebuah video Instagram yang diposting akhir tahun lalu, Pinkett Smith tampaknya menemukan humor dalam perjuangannya melawan alopecia. "Pada titik ini saya hanya bisa tertawa," katanya, membelai kepalanya yang dicukur dan menunjukkan satu garis kebotakan yang menonjol.

Dalam keterangannya, dia menulis, "Aku dan alopecia ini akan menjadi teman... titik!"

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.