Sukses

4 Cara Mengatasi Kecemburuan Masa Lalu dalam Hubungan

Tapi bagaimana jika terus-menerus mengkhawatirkan siapa pasanganmu sebelumnya telah tertarik di masa lalu mereka?

Liputan6.com, Jakarta - Dalam hubungan cinta, cemburu menjadi hal lumrah yang biasa terjadi. Sangat normal untuk merasa tidak aman dari waktu ke waktu atau khawatir bahwa pasanganmu akan mengembangkan perasaan untuk orang lain.

Tapi bagaimana jika terus-menerus mengkhawatirkan siapa pendamping pasanganmu sebelumnya dan apa yang tertarik di masa lalu mereka?

Ternyata ini yang disebut dengan kecemburuan masa lalu dalam hubungan. Saat itulah Anda iri dengan hubungan pasanganmu sebelumnya.

Untuk itu, ketahui cara megatasi kecemburuan masa lalu dalam hubungan, seperti melansir dari Pinkvilla, Selasa (29/3/2022).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Terima dan validasi perasaanmu

Kecemburuan tentang hubungan masa lalu tidak membuatmu menjadi individu yang mengerikan, meskipun bisa menyebabkan perasaan yang tidak menyenangkan. 

Saat bersama pasangan, Anda merasa gelisah dan khawatir tentang masa depan. Penting juga untuk mengakui dan menghadapi emosi ini.

Dengan mengakui bahwa ide dan kebiasaanmu tidak sehat, Anda membiarkan dirimu menerima bantuan yang Anda butuhkan. Mereka mungkin menjadi lebih buruk jika Anda berpura-pura jika mereka tidak ada.

 

3 dari 5 halaman

2. Tempatkan dirimu pada posisi pasanganmu

Kita terkadang terjebak dalam persepsi kita sendiri. Pertimbangkan dunia melalui mata pasanganmu untuk membantumu melihat hal-hal lebih jelas, dan pada saat yang sama, memvalidasi pendapatmu sendiri.

 

4 dari 5 halaman

3. Pertimbangkan apa yang benar-benar Anda khawatirkan

Anda merasa penasaran dengan siapa pendamping pasanganmu sebelum mereka bertemu denganmu, atau apa yang membuat mereka tertarik padamu. 

Beberapa individu tidak ingin mendengar tentang hubungan sebelumnya karena mereka ingin merahasiakan masa lalu mereka atau karena mereka takut mendengar tentang perselingkuhan.

Bahkan jika Anda tidak ingin membiacarakannya, Anda bisa merenungkan topik ini.

Membiarkan dirimu untuk secara terbuka mengakui apa yang membuat Anda penasaran atau mengapa Anda penasaan memungkinkan Anda untuk membicarakannya dengan pasanganmu.

 

5 dari 5 halaman

4. Berkomunikasi

Untuk mengatasi kecemburuan tentang hubungan masa lalu dalam hubunganmu, Anda harus berkomunikasi baik dengan pasanganmu. 

Beri tahu mereka dengan tepat bagaimana perasaanmu dan dari mana rasa tidak amanmu berasal. Cobalah untuk memahami bagaimana kecemburuan tentang hubungan masa lalu menyakitinya, dan perhatikan apa yang mereka katakana ketika mereka mengatasi kekhawatiranmu.

Kecemburuan atas hubungan pasangan sebelumnya disebut sebagai kecemburuan tentang hubungan masa lalu.

Dalam suatu hubungan, itu normal untuk memiliki pikiran kecemburuan sekilas. Terobsesi dengan masa lalu pasanganmu atau merasa iri dengan kekasih mereka sebelumnya, di sisi lain, bisa merusak hubunganmu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.