Sukses

Demi Mencari Istrinya, Pria Nekat Mendayung Perahu dari Thailand ke India

Seorang pria Vietnam harus diselamatkan oleh kapal nelayan Thailand setelah mencoba menyeberangi Laut Andaman dengan perahu karet untuk mencari istrinya.

Liputan6.com, Jakarta Seorang pria Vietnam harus diselamatkan oleh kapal nelayan Thailand setelah mencoba menyeberangi Laut Andaman dengan perahu karet untuk mencari istrinya.

Dilansir dari Odditycentral, pada Rabu (23 Maret 2022) Angkatan Laut Kerajaan Thailand menerima laporan dari kapten kapal pukat nelayan tentang perahu karet kecil yang mereka temukan di Laut Andaman, sekitar 80 kilometer dari pantai. 

Rupanya, ada seorang pria di atasnya dengan beberapa barang bawaan seperti tangki air minum yang hampir kosong, dan beberapa mie instan. Pria itu tidak bisa berbahasa Thailand atau Inggris, dan karena takut dirinya akan terbunuh, perahu nelayan memutuskan untuk menariknya dan perahunya kembali ke tempat yang aman.

Marinir Thailand mencegat kapal penangkap ikan dan mencoba berbicara dengan pria yang diselamatkan, tetapi mereka tidak bisa mendapatkan banyak informasi darinya. 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mencari istrinya ke India

Seorang penerjemah Vietnam kemudian dibawa masuk, dan para pejabat mengetahui bahwa pria itu bernama Ho Huang Hung, sedang mencari istrinya di India. Dia telah kehilangan kontak dengan istrinya tersebut dua tahun lalu karena pandemi Covid-19 dan berharap untuk bertemu kembali. Rupanya, pria berusia 37 tahun itu terbang ke Bangkok dari Kota Ho Chi Minh pada 2 Maret 2022 silam, berharap untuk kemudian terbang ke Mumbai, India. 

3 dari 5 halaman

Membeli perahu karet

Sayangnya, dia kesulitan mendapatkan visa dan tidak dapat memenuhi rencananya, jadi dia pergi ke Pattaya, di mana dia membeli perahu karet biru dan kuningnya dan memulai perjalanannya pada 5 Maret 2022.

Hung mengatakan kepada pihak berwenang Thailand bahwa dia siap untuk mendayung sampai ke India, melintasi Samudra Hindia dengan perjalanan sekitar 2.000 kilometer. Sayangnya, setelah 18 hari di laut, pria Vietnam itu hanya berjarak 80 kilometer dari pantai Thailand.

4 dari 5 halaman

Berbekal Mie Instan

Pada hal ini, asalkan tidak ada hal buruk yang terjadi padanya, dia akan mencapai tujuannya dalam waktu sekitar 625 hari. Dengan hanya 10 bungkus mie instan dan sedikit air, Ho Huang Hung memiliki cukup bekal untuk mungkin bertahan beberapa hari lagi, tapi jelas tidak sampai 20 bulan lagi. 

Dan dengan munculnya Topan Asani di Teluk Benggala, dia beruntung telah ditemukan. Terlepas dari kegagalannya untuk merencanakan perjalanannya mencari sang istri, tekad Hung bahkan mengesankan Angkatan Laut Thailand, yang baru-baru ini men-tweet, "Tidak peduli seberapa besar lautan... itu tidak dapat menghalangi cinta sejati pria ini". Hung telah ditawari akomodasi sementara sampai pihak berwenang memutuskan bagaimana membantunya bersatu kembali dengan istrinya.

5 dari 5 halaman

Infografis Ayo Jadikan 2022 Tahun Terakhir Indonesia dalam Masa Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini