Sukses

5 Hal yang Terjadi pada Tubuh Saat Berteriak

Ketahui apa yang akan terjadi pada tubuh saat kita berteriak.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap individu memiliki cara sendiri untuk mengekspresikan apa yang ada di kepalanya. Namun, mengelola emosi tidaklah semudah yang dipikirkan. Terkadang kita berusaha tetap tenang, tapi juga lebih suka meluapkannya dengan cara berteriak. 

Sebuah survei yang dilakukan pada tahun 2018 menunjukkan bahwa 22% pesertanya melaporkan merasa marah, sementara 39% merasa sangat khawatir.

Sementara kemarahan adalah keadaan pikiran yang diperlukan untuk kelangsungan hidup kita, sering kali menjadi tidak terkendali ketika tingkat stres kita meningkat. Dan itu bisa memiliki banyak gejala fisik yang jarang kita sadari sampai mereka berkembang cukup banyak.

Untuk itu, ketahui apa yang akan terjadi pada tubuh saat kita berteriak, seperti melansir dari Bright Side, Kamis (24/3/2022).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Menurunkan sistem kekebalanmu

Para peneliti telah menemukan bahwa bahkan mengingat masalah yang Anda miliki di masa lalu akan menurunkan pertahanan kekebalanmu selama enam jam. 

Dan ini terutama berlaku untuk individu yang biasanya tenang dan jarang marah. Individu yang sangat mudah marah menyadari bahwa mereka lebih sering sakit, dengan sistem kekebalan yang melemah.

Itu disertai dengan peningkatan kecemasan mereka, menempatkan kesehatan mereka pada risiko besar tanpa menyadarinya sampai terlambat.

3 dari 6 halaman

2. Mempengaruhi ingatan

Bukan hanya trauma kepala fisik, seperti yang Anda alami saat bermain sepak bola, yang mempengaruhi ingatan orang, tapi juga situasi yang semakin membuat stres. 

Salah satunya adalah melakukan percakapan verbal yang marah dengan seseorang, di mana Anda berdua bertukar kata-kata kasar. Setelah pertengkaran selesai, salah satu atau Anda berdua mengingat hal-hal yang berbeda atau benar-benar melupakan hal-hal tertentu.

4 dari 6 halaman

3. Menyebabkan nyeri kronis

Berteriak tidak hanya buruk bagi mereka yang melakukannya, tapi juga bagi mereka yang menerimanya dan kerusakan bisa dimulai sejak usia sangat muda.

5 dari 6 halaman

4. Detak jantung dan tekanan darahmu meningkat

Anda telah memperhatikan bahwa setiap kali Anda meninggikan suara dan berdebat sengit, detak jantungmu meningkat. 

Ini berarti bahwa tekanan darah Anda juga meningkat, dan itulah mengapa Anda terlihat bingung, dengan pipi dan urat merah muncul dari kulitmu.

Anda juga bernapas lebih berat dan lebih cepat, sesuatu yang mentransfer oksigen dan nutrisi ke organ utamamu.

Dalam beberapa kasus, Anda akan memperhatikan bahwa tangan dan kakimu lebih dingin dari biasanya.

6 dari 6 halaman

5. Menyebabkan berbagai masalah kesehatan

Ketika kita marah, bahan kimia stres membanjiri otak dan tubuh kita dan terus membuat perubahan pada metabolisme kita. 

Itulah mengapa orang dengan masalah kemarahan yang tidak diobati akan mengalami sakit kepala, kecemasan, insomnia dan bahkan masalah pencernaan.

Kondisi kulit, seperti eksim, juga akan muncul selama masa kemarahan yang ekstrem. Akibatnya orang-orang ini berisiko tinggi mengalami stroke atau serangan jantung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.