Sukses

8 Makanan yang Tak Boleh di Masak dengan Air Fryer

Perlu diketahui bahwa ada beberapa jenis makanan yang tidak bisa Anda masak menggunakan air fryer.

Liputan6.com, Jakarta - Teknologi memasak atau menggoreng menggunakan air fryer memang sudah diminati beberapa waktu lalu. Namun, seiring dengan kelonjakan harga minyak goreng baru-baru ini, air fryer semakin digemari karena menjadi solusi untuk menikmati sensasi makanan renyah, tanpa perlu menggoreng dengan banyak minyak.

Air Fryer bekerja menggunakan metode hot air frying, sehingga mampu menghasilkan makanan renyah di luar dan lembut di dalam. Alat ini bisa menghasilkan makanan yang rendah lemak dan kalori, sehingga air fryer dianggap sebagai alat memasak yang praktis dan juga menyehatkan.

Namun, ada beberapa jenis makanan yang ternyata tidak boleh digoreng menggunakan air fryer. Jadi, sebelum Anda beralih menggunakan alat penggoreng udara, ada baiknya untuk mengetahui informasi ini.

Seperti dilansir dari Thekitchn, Kamis (24/3/2022), berikut beberapa makanan yang tidak boleh dimasak menggunakan air fryer.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

1. Makanan basah dari adonan tepung

Jenis masakan yang menggunakan adonan basah, seperti corn dog, fried chicken, atau bakwan jagung tidak akan berfungsi di penggorengan udara.

Karena lapisan tepung akan menetes melalui jaring keranjang sebelum sempat mengering. Namun, Anda bisa melumuri adonan basah tersebut dengan tepung panir agar bagian luar bisa tetap kencang.

3 dari 9 halaman

2. Donat atau muffin

Jika Anda menggoreng donat dengan menggunakan air fryer, itu menjadi satu kesalahan besar. Alat ini akan membuat hasil donut menjadi kering dan keras.

4 dari 9 halaman

3. Hidangan keju tanpa pelapis

Tanpa lapisan, keju yang dimasak menggunakan air fryer akan meleleh dan membanjiri bagian bawah penggorengan sebelum mengering. Jika Anda ingin memasak potongan keju, Anda perlu melapisi keju dengan tepung panir yang renyah dan kering.

5 dari 9 halaman

4. Beef slice atau makanan yang terlalu berlemak

Beef slice adalah irisan daging tipis yang penuh dengan lemak. Ketika diproses dalam air freyer, lemak akan menyembur ke seluruh bagian mesin sehingga mesin jadi sulit untuk dibersihkan. Parahnya, daging Anda mungkin akan mengering dan tidak tidak juicy lagi.

6 dari 9 halaman

5. Memasak nasi

Memasak beras menggunakan air fryer sama seperti memasak daging yang tebal, karena tidak akan bisa matang sepenuhnya. Alat ini tidak cocok dipakai untuk memasak nasi, karena nasi membutuhkan tingkat kelembaban yang tinggi untuk bisa matang dengan sempurna.

7 dari 9 halaman

6. Sayuran hijau

Memasak sayur di dalam air fryer bukan pilihan yang tepat. Kecuali jika Anda ingin membuat camilan, seperti keripik bayam dengan sensasi rasa hangus.

8 dari 9 halaman

7. Ayam utuh besar

Anda tidak bisa memasak ayam utuh dengan air fryer. Bahkan jika dipaksa, daging ayam tetap tidak akan bisa matang sepenuhnya. Penting untuk Anda ketahui, bahwa air fryer memiliki kapasitas yang terbatas, jadi lebih baik belah ayam menjadi beberapa bagian sebelum menggorengnya.

9 dari 9 halaman

8. Roti panggang

Berpikir untuk memanggang roti dengan air fryer adalah satu kebodohan. Roti bakar yang seharusnya nikmat dan lembut malah jadi mengering, garing, bahkan hangus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.