Sukses

Ahli Virus Beri Peringatan Ini Buat Orang-Orang yang Sudah Divaksinasi Covid-19

Berikut ini hal yang harus diperhatikan bagi yang ingin mendapatkan vaksin booster kedua.

Liputan6.com, Jakarta Tren kasus Covid-19 di Indonesia menunjukkan penurunan pada beberapa pekan terakhir. Bahkan, pemerintah tengah merancang untuk bersiap-siap memasuki fase endemik.

Meski demikian, sejatinya pandemi masih jauh dari selesai, dan ahli virus telah memperingatkan bahwa hal-hal buruk bisa mengambil gilirannya seperti yang kita lihat selama dua tahun terakhir. Dengan kemungkinan gelombang lain, banyak orang yang divaksinasi sekarang bertanya-tanya untuk mendapatkan vaksin booster lain. Menurut para ahli, hal tersebut tidak terlalu perlu saat ini.

Dalam sebuah wawancara dengan The Atlantic, John Wherry, PhD, seorang ahli imunologi di University of Pennsylvania, memperingatkan terhadap orang-orang yang mendapatkan booster kedua sebelum itu diperlukan.

Menurut Wherry, meningkatkan imun terlalu sering dengan vaksin asli bisa menyebabkan sistem kekebalan tubuh untuk bereaksi terhadap varian baru dan lebih berbeda seperti varian Omicron dengan efektivitas yang lebih rendah.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dapat membuat respon imun kurang kuat

Juga menurut The New York Times, banyak ahli yang berbagi keprihatinan "dosa antigen asli," yang berarti bahwa respon sistem kekebalan tubuh begitu berorientasi pada versi pertama dari virus (tujuannya dibuatnya vaksin booster) bahwa respon terhadap muncul varian menjadi kurang kuat.

Wherry mengatakan kepada The Atlantic bahwa ia merekomendasikan menunggu vaksin dirancang alternatif, seperti vaksin mukosa mungkin atau vaksin berbasis protein Novavax.

"Ini tidak masuk akal untuk terus meningkatkan vaksin melawan strain yang sudah pergi," Ali Ellebedy, PhD, seorang ahli imunologi di Washington University di St Louis, mengatakan kepada The New York Times pada bulan Januari.

"Jika Anda berpikir akan menambahkan satu lagi dosis setelah yang ketiga, saya sarankan untuk menunggu."

 

3 dari 4 halaman

Pfizer memperbolehkan booster kedua untuk kelompok usia tertentu

Meski demikian, Pfizer tampaknya memiliki pandangan berbeda. Menurut The Washington Post, perusahaan farmasi itu hanya mengajukan otorisasi darurat dari vaksin booster kedua mereka saat ini untuk orang-orang berusia 65 tahun dan lebih tua.

Laporan surat kabar itu menunjukkan bahwa pengajuan Pfizer kepada Food and Drug Administration (FDA) berisi klaim bahwa kekebalan booster sudah berkurang terhadap penyakit yang parah untuk orang dewasa yang lebih tua. Ini berdasarkan data yang dikumpulkan di Israel-negara yang telah resmi booster kedua untuk kelompok lansia.

"Kami bekerja sekarang sangat intensif," kata Albert Bourla, CEO Pfizer, selama acara Washington Post Live. "Saya pikir data kami menunjukkan bahwa [dosis keempat] melindungi. Dosis keempat atau booster kedua memperbaiki secara dramatis perlindungan dari Omicron setelah beberapa waktu, katakanlah, tiga sampai enam bulan."

 

4 dari 4 halaman

Beberapa hal yang harus diperhatikan

Dalam The Atlantic, para ahli virus mengatakan bahwa saat memberikan vaksin keempat sekarang ketika infeksi COVID menurun mungkin memberikan orang dewasa yang lebih tua dengan perlindungan lebih untuk beberapa waktu. Namun ini juga bisa membahayakan perlindungan mereka di kemudian hari jika kasus mulai bangkit lagi.

Lona Mody, MD, seorang geriatrician di University of Michigan, mengatakan bahwa dia tidak percaya belum ada cukup data untuk memberikan lampu hijau untuk booster kedua untuk semua orang dewasa yang lebih tua. Tapi dia juga mengatakan bahwa jika salah satu pasiennya merasa membutuhkan booster kedua terkait kesehatan umum atau tingkat paparan pada pekerjaan pasien, "Saya pasti akan mempertimbangkannya."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Vaksin adalah bahan antigenik yang digunakan untuk menghasilkan kekebalan terhadap suatu penyakit.

    vaksin

  • Vaksin Booster atau disebut vaksinasi dosis ketiga.

    vaksin booster

  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.

    Omicron

  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.
    Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.

    varian omicron

  • COVID