Sukses

WHO Ungkap Alasan Kasus Covid-19 Meningkat di Seluruh Dunia

WHO mencatat beberapa faktor yang bisa mendorong peningkatan kasus Covid-19 di seluruh dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Lonjakan kasus Covid-19 di banyak negara, termasuk China, Korea Selatan, Hong Kong dan negara-negara Eropa tertentu telah mengkhawatirkan para ahli di seluruh dunia. 

Baru-baru ini, China melaporkan kematian terkait Covid-19 pertamanya dalam setahun bahkan ketika negara itu berada di bawah lockdown yang ketat. 

“Peningkatan ini terjadi meskipun ada pengurangan pengujian di beberapa negara, yang berarti kasus yang kami lihat hanyalah puncak gunung es,” kata kepala Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO Tedros Adhanom Ghebreyesis dalam interaksi pers, seperti melansir dari Times of India, Rabu (23/3/2022).

Selain itu, WHO juga mencatat beberapa faktor yang bisa mendorong peningkatan kasus Covid-19 di seluruh dunia.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Subvarian Omicron BA.2 bisa jadi pemicunya

Omicron BA.2 adalah subvarian dari varian Omicron yang sangat menular. Saat ini menjadi varian yang sedang diselediki di Inggris, tapi dikatakan sebagai kekuatan pendorong lonjakan kasus Covid-19 saat ini di seluruh dunia, menurut WHO. 

Para ahli percaya bahwa subvarian BA.2 tidak memiliki mutasi kunci pada protein lonjakan, yang merupakan bagian integral dari proses pendeteksian, sehingga menyulitkan penyedia layanan kesehatan untuk melacaknya.

Sementara WHO belum mengumumkan putusan, diyakini bahwa BA.2 saat ini adalah varian yang paling menular sejauh ini.

“Omicron menularkan pada tingkat yang sangat intens. Kami memiliki sub-garis keturunan BA.1 dan BA.2 lebih mudah menular dan ini adalah varian yang paling menular yang pernah kita lihat dari virus Corona hingga saat ini,” kata Dr Maria Van Kerkhove, kepala teknis Covid-19 WHO.

 

3 dari 4 halaman

Pencambutan pembatasan dan pelonggoran lockdown Covid-19

Menurut badan kesehatan global, alasan lain untuk peningkatan mendadak kasus Covid-19 adalah pencabutan pembatasan dan pelonggaran lockdown Covid-19. 

Dengan munculnya varian Omicron, negara-negara di seluruh dunia telah memberlakukan tindakan Covid yang ketat. Namun, saat kasus mulai menurun, untuk mengembalikan ekonomi ke jalurnya, para pejabat mencabut semua pembatasan. Ini telah menyebabkan peningkatan kasus virus Corona, kata WHO. 

Sesuai organisasi, seseorang harus terus mengambil semua tindakan yang diperlukan, mulai dari vaksinasi dan tidak membiarkan prokes lengah.

 

4 dari 4 halaman

Informasi salah mengenai vaksinasi Covid-19 sebagian bisa disalahkan

Kepala WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan bahwa tingkat vaksinasi yang rendah di beberapa negara disebabkan oleh “sejumlah besar informasi yang salah,” menurut laporan Reuters

Selain itu, informasi yang salah dan berita palsu tentang pandemi yang berakhir setelah Omicron juga telah menambah pemicunya, menurut pejabat tersebut.

Pada Selasa, Dr Maria Van Kerkhove mencatat, “Dalam empat minggu terakhir, jumlah informasi yang salah tampaknya semakin buruk.”

Dr Mike Ryan, direktur eksekutif Program Darurat Kesehatan WHO memperingatkan agar tidak lengah.

“Gagasan kita selesai dengan itu, di belahan bumi utara dan harus menunggu sampai musim dingin berikutnya, kita harus sangat waspada dan berhati-hati dengan ini,” katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.