Sukses

Penyebab Kaki Sering Terasa Dingin dan Cara Mengatasinya

Ada beberapa solusi efektif yang bisa membantumu menghangatkan kaki secara alami.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap tubuh bisa beradaptasi dengan perubahan. Saat cuaca dingin, tubuh kita cenderung menjaga aliran darah agar organ tubuh kita tetap hangat. 

Namun, tubuh paling memperhatikan organ kita dan meninggalkan kaki, itulah sebabnya kaki bisa terasa lebih dingin.

Ketika ini terjadi, ada banyak solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut. Meskipun, jika Anda merasa kakimu sering dingin daripada tidak, penting untuk berkonsultasi dengan dokter.

Namun, ada beberapa solusi efektif yang bisa membantumu menghangatkan kaki secara alami. Penasaran apa saja? Berikut ulasannya, seperti melansir dari Bright Side, Selasa (22/3/2022).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Rendam kakimu dengan air hangat

Merendam kaki dengan air hangat tidak hanya meredakan, tapi juga membantumu tertidur lebih cepat karena merangsang sirkulasi darah. 

Suhu air harus sekitar 36 derajat Celcius hingga 38 derajat Celcius. Ini bisa menjadi sesi terapi air alamimu untuk kaki dingin.

Yang harus Anda lakukan, Anda hanya perlu merendam kakimu dalam air hangat selama 10-15 menit. Lap sampai kering setelah selesai. Lalu gunakan pelembab sebagai sentuhan terakhir.

 

3 dari 5 halaman

2. Minum teh jahe

Jahe umumnya dikenal untuk melancarkan sirkulasi darah dan menghangatkan tubuh, termasuk kakimu. Jadi inilah saatnya membuat teh jahe untuk menghangatkan kakimu yang dingin. 

Pertama-tama yang perlu Anda lakukan yakni potong-potong 2-3 potong jahe. Lalu masukkan ke dalam air mendidih. Setelah itu saring rebusan jahe dan minum.

 

4 dari 5 halaman

3. Perbanyak makan makanan yang mengandung zat besi dan vitamin B

Salah satu alasan kakimu kedinginan karena Anda kekurangan vitamin B, yang sangat penting untuk meningkatkan aliran darahmu. Zat besi juga berguna untuk transportasi oksigen ke tubuhmu.

Yang perlu Anda lakukan, untuk zat besi, coba makan lebih banyak daging merah, kacang-kacangan, tahu, oat, bayam, kacang panggang, dan lain-lain.

 

5 dari 5 halaman

4. Olahraga rutin

Anda bisa menghangatkan kakimu dengan melakukan latihan, lebih khusus, latihan langkah, yang membantu meningkatkan suhu kakimu. 

Berjalan dan melalukan jumping jacks juga bisa membantu menyembuhkan kakimu yang dingin.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.