Sukses

Selain Kesehatan, Ini 4 Manfaat Berlari untuk Meningkatkan Mood

Saat Anda terus mendorong dirimu lebih keras dan lebih cepat untuk berlari, tubuhmu mulai memproduksi endofrin.

Liputan6.com, Jakarta - Berolahraga secara teratur telah terbukti memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, dan ini menjadi alasan mengapa setiap individu disarankan untuk memasukkannya ke dalam rutinitas harian.

Tapi tahukah Anda bahwa dengan merawat tubuhmu, Anda juga merawat pikiranmu? Saat Anda terus mendorong dirimu lebih keras dan lebih cepat untuk berlari, tubuhmu mulai memproduksi endofrin.

Hormon-hormon ini bertindak sebagai stimulan dalam tubuh, menyebabkan apa yang disebut banyak orang sebagai “alami tinggi.”

Berikut beberapa manfaat bagaimana lari bisa meningkatkan mood Anda, seperti melansir dari Pinkvilla, Selasa (22/3/2022).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Meningkatkan manajemen stres

Ini memperlambat pelepasan hormon stres seperti kortisol, yang bisa membantumu menghindari lonjakan besar stres dan kecemasan. 

Berlari melatih Anda untuk menghadapi stres dan tantangan sehari-hari tanpa panik. Anda akan merasa kurang stres saat Anda berhenti berpikir berlebihan.

Hal ini disebabkan fakta bahwa berlari bisa segera mengurangi aktivitas di korteks frontal. Akibatnya, berlari adalah cara paling sederhana dan paling sehat untuk melepaskan diri dari kesibukan sehari-hari.

 

3 dari 5 halaman

2. Meningkatkan produktivitas

Peningkatan produktivitas terlihat dalam beberapa minggu setelah memulai program latihan. Latihan meningkatkan energimu, memerangi stres, memerangi kelelahan dan meningkatkan kesejahteraanmu secara keseluruhan. 

Ketika Anda bahagia dan berenergi, Anda lebih efisien dan efektif di semua aspek kehidupanmu. Jauh lebih mudah untuk fokus pada apa yang Anda lakukan.

Ini akan meningkatkan produktivitasmu dan memungkinkanmu mencapai lebih banyak dalam waktu yang lebih singkat.

 

4 dari 5 halaman

3. Meningkatkan kepercayaan diri

Ketika Anda berlari secara teratur, Anda akan melihat bahwa Anda membuat kemajuan. Beberapa pelari menemukan bahwa ketika mereka secara konsisten memenuhi tujuan kecepatan atau jarak tempuh mereka, atau mengalahkan rekor pribadi, harga diri mereka meningkat. 

Selain itu, tampilan kencang yang berasal dari berlari meningkatkan tingkat kepercayaan dirimu. Jadi, jika Anda seorang dewasa dengan harga diri rendah, larilah dan lihat kepercayaan dirimu melambung tinggi.

 

5 dari 5 halaman

4. Mencegah penurunan kognitif

Berlari mengaktifkan area otak yang bertanggung jawab untuk fungsi eksekutif seperti kontrol perhatian, memori kerja, dan fleksibilitas kognitif. 

Ini akan membantumu tetap fokus pada tujuanmu. Menjaga kebugaran fisik bisa membantu menjaga aliran darah normal ke jaringan otak, mengurangi risiko kerusakan atau kemunduran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.