Sukses

MotoGP Mandalika 2022 Selesai, Ini 7 Momen Unik yang Jadi Sorotan Warganet

Banyak momen unik yang terjadi pada ajang internasional MotoGP Mandalika 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia baru saja menjadi tuan rumah dalam ajang internasional MotoGP Mandalika 2022. Ajang balap motor itu diselenggarakan di Sirkuit Internasional Mandalika, Kuta, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Acara tersebut berlangsung pada 18-20 Maret. Sementara pada 16 Maret, sejumlah pembalap MotoGP melakukan parade serta berkunjung ke Istana Presiden di Jakarta.

Penyelenggaraan MotoGP ini menjadi momen bersejarah bagi Indonesia setelah 25 tahun absen sebagai tuan rumah. Banyak momen unik yang terjadi hingga viral di media sosial, mulai dari momen haru hingga tawa. Berikut rangkumannya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Aksi Pawang Hujan

Aksi pawang hujan dalam acara tersebut menjadi sorotan warganet, pembalap, hingga kru MotoGP. Aksi itu dianggap unik karena bisa menghentikan hujan serta memindahkannya ke daerah lain.

"The Master," tulis akun Twitter @motogp yang menampilkan video Rara Isti Wulandari sedang melakukan ritual.

Perempuan yang tinggal di Bali itu adalah sosok pawang hujan yang diundang langsung oleh pihak promotor Indonesia. Di sisi lain, beberapa orang tidak percaya hingga menertawakan aksi Rara. Namun siapa sangka, hujan yang cukup lebat disertai petir pada 20 Maret itu tak lama kemudian berhenti.

Hal ini membuat sejumlah pihak terkejut dengan peristiwa itu, salah satunya kru resmi MotoGP.

"IT WORKED!" balas @motogp dalam cuitan yang menampilkan video Rara.

"THANK YOU for stopping the rain!" cuit @motogp.

3 dari 8 halaman

2. Fabio Quartararo Tirukan Pawang Hujan

Juara kedua MotoGP Mandalika 2022 Fabio Quartararo mendapat sorotan warganet karena ikut menirukan aksi Rara.

Sebelum balapan dimulai, Fabio ikut memegang wadah bulat dan sendok seraya menirukan gerakan Rara saat ritual. Banyak warganet yang tertawa saat melihat tingkah lucunya.

4 dari 8 halaman

3. Sambaran Petir

Menjelang balapan MotoGP dimulai, Sirkuit Mandalika diguyur hujan yang cukup lebat hingga petir menyambar di area lintasan. Hal itu tentu mengundang rasa takut penonton hingga pembalap. Diketahui, tidak ada korban dalam kejadian itu.

5 dari 8 halaman

4. Aksi Burnout Marc Marquez

Marc Marquez secara mengejutkan melakukan aksi burnout ketika sedang parade MotoGP Mandalika 2022 di Jakarta.

Aksinya itu langsung mengundang tepuk tangan penonton serta menjadi trending topik di media sosial. Diketahui, Marquez sengaja melakukan burnout karena memiliki kedekatan dengan Indonesia.

6 dari 8 halaman

5. Aleix Espargaro Lempar Helm

Aleix Espargaro menepati janjinya untuk memberikan helm miliknya kepada penonton. Setelah balapan selesai, Aleix langsung berlari ke dekat tribun penonton serta langsung melemparkan helm balap yang dipakai.

Janji itu dia tepati setelah akun Instagram-nya berhasil mendapatkan satu juta followers.

"Hai penggemar Indonesia, jika saya mencapai 1 juta pengikut sebelum hari Minggu, setelah balapan saya akan melemparkan helm balap saya ke tribun!" tulis Aleix melalui Instagram @aleixespargaro.

7 dari 8 halaman

6. Ucapan Terima Kasih Miguel Oliveira untuk Risman

Seorang staf hotel di Lombok bernama Risman mendapat sorotan warganet karena ucapan terima kasih dari sang juara pertama Miguel Oliveira.

Dalam sambutan juaranya, Miguel mengatakan bahwa kemenangan itu dia dedikasikan untuk anaknya dan Risman. Sebab, Risman telah menjadi orang berjasa yang membantunya selama dia di Lombok.

"Saya ingin mendedikasikan podium ini untuk Risman, dia staf di hotel tempat saya menginap. Dia benar-benar pria yang baik. Saya berjanji kepadanya jika saya naik podium saya akan mendedikasikan kepadanya. Jadi, Risman lihatlah," ungkap Miguel dalam siaran langsug MotoGP.

8 dari 8 halaman

7. Trofi Khusus untuk Fabio

Fabio Quartararo mendapatkan trofi khusu dari Ketua Adat Sasak sebagai tanda kehormatan. Dalam video yang beredar di TikTok @ilham_nrr, Fabio terlihat bahagia saat menerima trofi tersebut. Hal itu juga disambut dengan tepuk tangan yang meriah dari kru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.