6 Makanan yang Membantu Meredakan Kecemasan

Oleh Yulia Lisnawati pada 22 Mar 2022, 15:04 WIB
Diperbarui 22 Mar 2022, 15:04 WIB
ilustrasi kecemasan
Perbesar
ilustrasi kecemasan (sumber: freepik)

Liputan6.com, Jakarta - Merasa cemas atau anxiety saat berada di situasi yang menimbulkan khawatir dan takut tentu lumrah dialami setiap individu.

Kecemasan adalah respons alami dari tubuh ketika seseorang sedang stres. Namun, jika perasaan cemas itu berlebihan, bisa mengganggu hidupmu. 

Jika Anda memiliki kecemasan yang tidak teratur dan mengganggu Anda dalam berbagai aktivitas, ada beberapa solusi cepat untuk mengatasinya, salah satunya dengan makanan.

Tapi bukan sembarang makanan, melainkan makanan sehat dan bergizi. Sementara individu menganggap makanan sehat itu hambar dan membosankan, tapi ada hal-hal yang bisa Anda makan yang tidak hanya akan membantumu mengurangi kegugupan tapi juga akan sehat dan juga enak.

Berikut beberapa makanan yang membantu meredakan kecemasan, seperti melansir dari Pinkvilla, Senin (21/3/2022).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


1. Makan buah beri

Buah Beri
Perbesar
Ilustrasi Buah Beri Credit: pexels.com/PhotoMIX

Mengidam gula adalah hasil alami dari kecemasan, meskipun itu akan segera membuatmu lelah. Jadi, gantilah konsumsi gulamu dengan beberapa buah beri yang memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang melindungi dan memperbaiki sel-sel yang rusak dan stres. 

Jadi, makanlah blueberry, blackberry, stroberi, dan bahkan gooseberry dan Anda akan merasakan tubuhmu lebih rileks.


2. Minum teh

ilustrasi teh hijau penghilang dehidrasi saat puasa/pexels
Perbesar
ilustrasi teh hijau penghilang dehidrasi saat puasa/pexels

Bukan rahasia lagi bahwa orang-orang di bawah tekanan dan stres memilih untuk minum-minuman manis seperti soda. Tapi nyatanya itu tidak membantu, dan malah menciptakan lebih banyak kerusakan pada tubuhmu. 

Pengganti minuman manis tersebut bisa diganti dengan teh herbal, seperti lavender, chamomile, daun teh hijau, yang mengandung antioksidan yang menenangkan sarafmu.

Minuman ini juga memiliki manfaat tambahan untuk detoksifikasi dan membuat tidurmu lebih baik.

 


3. Cokelat

Cokelat Hitam
Perbesar
Ilustrasi Cokelat Hitam Credit: pexels.com/Frappo

Gula memang berbahaya bagi saraf kita daripada sekadar menenangkannya. Oleh karena itu, bukan sembarang cokelat yang membantu mengatasi kegugupan, tapi cokelat hitam.

Cokelat hitam mengandung senyawa nutrisi yang membentuk antioksidan, yang bisa membantu menenangkan kecemasanmu.

 


4. Vitamin C

Gambar Ilustrasi Sumber Vitamin C
Perbesar
Sumber: Freepik

Vitamin C merupakan pereda stres yang hebat, dan karenanya, buah-buahan seperti jeruk, jeruk nipis dan anggur bisa membantu saraf. 

Selain buah-buahan tersebut, memasukkan sayuran berdaun hijau seperti bayam, kubis, selada dan peterseli dalam makananmu juga ternyata sangat membantu meredakan kecemasan.

 


5. Ikan

Ikan Segar
Perbesar
Ilustrasi/copyright unsplash.com/Jeremy Stewart

Meski makan ikan bukanlah pilihan untuk semua individu, varietas ikan seperti sarden dan salmon sangat bermanfaat bagi orang-orang dengan kecemasan. 

Alasannya adalah ikan ini mengandung Omega-3 tingkat tinggi, asam lemak yang menjaga fungsi kognitif otak, serta menyeimbangkan hormon sehingga menjaga kesehatan mentalmu.

 


6. Yogurt

Kalsium
Perbesar
Ilustrasi Yogurt Credit: unsplash.com/Sara

Dadih dan yogurt menjadi probiotik yang berlimpah, sesuatu yang telah lama dikenal membantu mengatasi kecemasan dan Depresi

Kecuali jika Anda alergi terhadapnya, tidak ada salahnya memasukkan yoghurt ke dalam makananmu, agar tetap tenang dan bahagia.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya