Sukses

Viral Cuitan Petugas Kebersihan MotoGP Mandalika, Soroti Sampah yang Dibuang Sembarangan oleh Penonton

Viral cuitan petugas kebersihan MotoGP Mandalika soroti sampah yang berserakan

Liputan6.com, Jakarta Gelaran MotoGP Indonesia di Pertamina Mandalika International Circuit baru saja selesai. Pembalap KTM Miguel Oliveira keluar sebagai pemenang.

Sosok pembalap asal Portugal yang juga dokter itu mencatatkan waktu tercepat yakni 33 menit 27,233 detik. Miguel Oliveira mendedikasikan kemenangan MotoGP Mandalika 2022 itu untuk staf hotel serta mempersembahkan trofi untuk putrinya.

Pertama kali diadakan di Indonesia, gelaran MotoGP telah menarik perhatian warga tak hanya di Indonesia tapi juga dunia. Selain warga negara asing yang berbondong-bondong ke Lombok, warga lokal juga tak ingin ketinggalan menonton balapan di Mandalika.

Meski terbilang sukses, sayangnya masih banyak pekerjaan rumah yang harus dihadapi. Termasuk, cara penonton menangani sampah saat menonton balapan tersebut.

Sebuah cuitan dari petugas kebersihan MotoGP Mandalika viral setelah menunjukkan sampah yang ditinggalkan atau dibuang sembarangan oleh penonton.

Akun @Muhammad_Getar mencuitkan "Capek banget jadi petugas kebersihan MotoGP Mandalika. Penontonnya ninggalin barang-barang aneh lagi."

Cuitan yang disukai lebih dari 49 ribu kali dan dibagikan lebih dari 9 ribu kali itu menunjukkan benda-benda yang dibuang sembarangan oleh penonton.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tenaga kebersihan yang cukup kewalahan

Menurut @Muhammad_Getar, meski petugas kebersihan cukup banyak, yakni hingga 500 orang dan dibagi dua shift, namun tetap saja kewalahan membersihkan sampah yang dibuang sembarangan oleh penonton.

Menurut dia, petugas kebersihan yang mendapat bagian zone A diperkirakan yang mendapat bagian membersihkan sampah paling banyak.

 

3 dari 5 halaman

Tidak menjelek-jelekkan gelaran MotoGP Indonesia

@Muhammad_Getar mengaku dia tidak bermaksud untuk menjelek-jelekkan gelaran MotoGP yang baru saja berlangsung di sirkuit Mandalika. Justru, ia bangga dengan adanya sirkuit bertaraf internasional, di lingkungan tempat ia lahir dan dibesarkan.

Ia hanya menyayangkan ulah para penonton yang masih belum bisa menjaga kebersihan. Tidak hanya membuang sampah sembarangan, bahkan dia kerap menemukan sampah makanan yang baru dimakan setengah lalu dibuang begitu saja.

 

4 dari 5 halaman

Respons netizen

Warganet merespons positif cuitan tersebut. Menurut warganet, hal tersebut masih menjadi pekerjaan rumah bersama. Kebiasaan membuang sampah tidak pada tempatnya harus diubah.

Beberapa warganet yang kebetulan menonton gelaran MotoGP tersebut dan berada di Mandalika pun mengakui tersebut.

 

5 dari 5 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.