Sukses

Patut Dicoba, 7 Cara Agar Kuku Cepat Panjang dan Kuat

Kuku yang kuat dan sehat tentu diinginkan setiap individu, untuk itu ada beberapa tips mudah agar membuat kuku kuat dan cepat panjang.

Liputan6.com, Jakarta - Kuku yang lembut dan rapuh bisa menjadi masalah besar. Tidak peduli seberapa banyak Anda mencoba menumbuhkannya, kuku akan rusak keculi Anda memberinya perawatan yang tepat.

Kuku yang kuat dan sehat tentu diinginkan setiap individu, untuk itu ada beberapa tips mudah agar membuat kuku kuat dan cepat panjang, seperti melansir dari Bright Side, Senin (21/3/2022). 

1. Jangan memakai cat kuku sepanjang waktu

Kesalahpahaman yang umum di kalangan wanita bahwa Anda harus memakai cat kuku sepanjang waktu, karena itu menciptakan lapisan yang melindungi kuku. 

Meskipun ini terdengar logis, penelitian tidak mendukung klaim ini. Dermatologis menyarankan bahwa mengecat kuku dalam waktu lama bisa membuat bahan kimia dalam cat meresap ke dalam kuku dan menyebabkan perubahan warna, pecah dan mengelupas.

Tentu saja, ini tidak berarti Anda harus benar-benar meninggalkan kuku yang bewarna-warni, tapi berhentilah dari memoles sesekali akan bermanfaat bagi kesehatan kuku secara keseluruhan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Kikir kuku secara teratur, tapi jangan gunakan gunting kuku

Kuku bisa rusak dan patah jika tidak sering dipotong. Namun, penting untuk membuat pilihan yang baik saat memilih alat yang tepat untuk perawatan kuku. 

Clipper menjadi yang paling mudah digunakan, tapi bukan yang terbaik karena bisa menyebabkan retak dan pecah-pecah. Alih-alih, pilih kikir karena tidak terlalu menekan kukumu. Jangan lupa, selalu kikir kukumu ke satu arah, karena gerakan maju mundur akan merusak kukumu.

 

3 dari 5 halaman

3. Makan lebih banyak nasi

Kesehatan kita sangat tergantung pada pilihan makanan kita, begitu juga penampilan kita. Salah satu vitamin penting untuk pertumbuhan dan kekuatan kuku adalah vitamin B, yang bisa ditemukan dalam beras.

Jadi, makan nasi beberapa kali seminggu bisa membantumu memperkuat kuku.

 

4 dari 5 halaman

4. Gosok kuku dengan Vaseline

Vaseline adalah jenis petroleum jelly yang paling umum dimiliki untuk perawatan kuku. Ini bertindak sebagai pelembab untuk kukumu serta untuk kutikulamu. 

Menerapkannya setiap hari bisa membantu kuku rapuh dengan memperkuatnya dan menciptakan lapisan pelindung. Untuk hasil terbaik, biarkan selama 3-5 menit sebelum dibilas.

 

5 dari 5 halaman

5. Rendam kukumu dalam jus jeruk segar

Makanan kaya vitamin C sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan dan, tentu saja, pertumbuhan kuku dan rambut. Namun, vitamin ini juga bisa diterapkan secara eksternal. 

Untuk pertumbuhan kuku yang lebih cepat, cobalah merendam kukumu dalam irisan jeruk atau jus jeruk segar selama 10 menit setiap hari.

Asam sitrat dari jus jeruk bisa mengeringkan kuku, jadi pastikan untuk membilas kuku dengan baik dan melembabkannya dengan krim sesudahnya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.