Sukses

Ibu Ini Berikan Putranya Rp 26 Juta, Hadiah Tidak Menggunakan Media Sosial 6 Tahun

Hadiah tersebut karena putranya bisa tidak menggunakan media sosial selama 6 tahun

Liputan6.com, Jakarta Untuk orang tua yang membesarkan anak-anak mereka di era media sosial, keputusan harus dibuat tentang berapa banyak waktu layar yang mereka berikan kepada anak-anak mereka setiap hari.

Dengan banyak bukti bahwa tumbuh di media sosial dapat merusak kesehatan mental anak-anak dan remaja, banyak orang tua khawatir tentang seberapa sering anak-anak mereka menghabiskan waktu online.

Sementara beberapa orang tua mengambil pendekatan yang lebih santai, yang lain mengontrol waktu layar anak-anak mereka dan mengizinkan mereka hanya mengakses media sosial selama satu jam atau lebih setiap hari.

Tetapi seorang ibu di negara bagian Minnesota AS mengambil pendekatan unik untuk masalah putranya dan social media.

Menurut laporan People, enam tahun lalu, Lorna Klefsaas menawari putranya yang saat itu berusia 12 tahun, Sivert, sebuah kesepakatan. Kesepakatan itu yakni jauhi media sosial sampai ulang tahunnya yang ke-18 dan Lorna akan memberi putranya uang senilai 1.800 dolar US atau sekitar Rp 26 juta.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tantangan untuk anaknya

Dia menyebutnya "Tantangan 18 untuk 18" - dan pada 19 Februari lalu ketika Sivert akhirnya berusia 18 tahun, pemuda itu menerima hadiah uang tunainya.

Berbicara kepada saluran berita AS KARE 11, Sivert mengatakan bahwa anaknya "tidak benar-benar memiliki konsep uang yang hebat" pada saat itu, tetapi menambahkan dia menggigit tangan ibunya untuk menerima kesepakatan itu.

Meskipun Lorna menyadari bahwa dia kerap meminta putranya untuk menyerah karena tak tega, dia mengatakan bahwa dia tidak ragu putranya akan menyelesaikan tugas itu.

Dia mengatakan bahwa dia "bangga" dengan putranya, yang kadang-kadang berjuang dengan tatanan tinggi, tetapi selalu menepati janjinya.

 

3 dari 5 halaman

Mendapat ide setelah melihat putrinya

Lorna mendapat ide itu setelah melihat putrinya yang lebih tua berjuang untuk tumbuh dewasa di media sosial saat remaja.

"Dia sangat terobsesi untuk mempertahankan garis-garis Snapchatnya sehingga benar-benar memengaruhi suasana hatinya. Itu memengaruhi persahabatannya," katanya.

Sebagai "intervensi," Lorna memutuskan untuk mengeluarkan putrinya dari media sosial yang membuat remaja itu "sangat kesal."

Tetapi setelah melihat tiga minggu kemudian bahwa putrinya merasa lega dan bersyukur karena tidak menggunakan ponselnya sepanjang waktu, Lorna memutuskan bahwa dia akan mengadopsi taktik yang sama dengan putranya yang lebih muda.

 

4 dari 5 halaman

Percaya kepada putranya

Ketika Lorna pertama kali duduk untuk menawarkan kesepakatan kepada putranya, dia pikir dia terlalu muda untuk sepenuhnya terjebak di media sosial - yang mereka yakini membuatnya lebih mudah untuk mematuhinya.

Dia mencatat dia tidak pernah merasa perlu untuk memeriksa putranya, mengatakan dia "kompetitif" dan tahu dia akan tetap melakukannya untuk membuktikan suatu hal.

Setelah menerima hadiahnya pada ulang tahunnya yang ke-18 beberapa hari yang lalu, Sivert mengatakan kepada CNN: "Saya tidak akan mengatakan bahwa pernah ada waktu di mana saya pikir saya akan hancur."

Pemuda itu menambahkan bahwa teman-temannya selalu memberi tahu dia tentang apa pun yang perlu dia ketahui.

Tapi sekarang dia akhirnya diizinkan menggunakan media sosial dan dia pun membuat akun Instagram pertamanya.

 

5 dari 5 halaman

Gunakan media sosial dengan sehat

Sementara dia mulai memahami cara menggunakan aplikasi itu, dia mengakui ada sedikit "kurva belajar" untuk itu semua.

Dia berkata: "Ini lucu. Saya merasa seperti saya berusia 80 tahun."

Lorna mencatat bahwa, meskipun keluarga tidak menentang media sosial, mereka ingin anak-anak mereka menggunakannya secara sehat.

Dia berkata: "Ini tentang tidak membiarkan diri Anda terbebani olehnya, atau kecanduan, atau terpengaruh oleh hal-hal yang diposkan orang."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.