4 Alasan Menghabiskan Waktu Bersama Teman Penting untuk Kesehatan Mental

Oleh Yulia Lisnawati pada 20 Mar 2022, 19:03 WIB
Diperbarui 20 Mar 2022, 19:03 WIB
Ilustrasi ngobrol, tertawa
Perbesar
Ilustrasi ngobrol, tertawa. (Photo by Priscilla Du Preez on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Persahabatan memberikan lebih dari sekadar waktu yang menyenangkan. Mempertahankan hubungan positif, seperti olahraga dan makan sehat, harus dianggap sebagai investasi yang diperlukan untuk kesehatanmu.

Menghabiskan waktu bersama teman tidak hanya menyenangkan, tapi juga memiliki banyak manfaat kesehatan fisik dan emosional jangka panjang.

Apakah teman Anda terdiri dari pasangan dan keluarga dekat, atau jika itu terdiri dari orang-orang yang tidak memiliki hubungan biologis denganmu, semua jenis dukungan sosial yang positif itu sangat bermanfaat.

Berikut beberapa alasan mengapa menghabiskan waktu bersama teman sangat penting untuk kesehatan mentalmu, seperti melansir dari Pinkvilla, Minggu (20/3/2022).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


1. Mengurangi stres

mudah lupa
Perbesar
ilustrasi perempuan stres/Photo by Engin Akyurt from Pexels

Setiap individu mengalami berbagai masalah memicu stres. Jika Anda tahu bahwa Anda bisa mengandalkan orang lain, kemungkinan kecil Anda akan menganggap masa sulit sebagai stres. 

Saat Anda merasa khawatir tentang suatu hal, Anda akan mengungkapkan kekhawatiranmu pada seorang teman, yang mendengarkan Anda curhat dan membantumu dalam mencari solusi.

Potensi Stressor tidak memiliki kesempatan untuk membangun dan menyebabkan tekanan yang signifikan jika Anda tahu Anda memiliki teman yang peduli dan ingin membantu.

 


2. Teman bisa membantu meningkatkan harga diri

Fimelahood Ikut Ngobrol Cantik di Sephora Foundation Diversity
Perbesar
Di akhir Oktober kali ini Fimelahood akan ngobrol cantik di acara Sephora Foundation Diversity. (Ilustrasi: Photo by Priscilla Du Preez on Unsplash)

Teman bisa meningkatkan harga diri dan kepercayaan dirimu. Pemandu sorakmu adalah teman yang baik. Anda selalu ingin teman-teman yang bahagia bagimu untuk berbagi dalam kesuksesanmu. 

Saat Anda merasa tidak yakin, teman yang suportif bisa membantumu merasa lebih percaya diri dengan memberikan pujian dan kepastian.

Mereka akan menyoroti betapa luar biasanya Anda dan seberapa banyak yang Anda tawarkan kepada orang lain.

 


3. Teman memberimu dukungan emosional

Ilustrasi ngobrol
Perbesar
Ilustrasi ngobrol. (Photo by Bewakoof.com Official on Unsplash)

Jika Anda berada dalam situasi yang sulit, memiliki teman untuk membantumu bisa membuat transisi lebih mudah. Ikatan sosial memberikan dukungan emosional, yang meningkatkan kesejahteraan psikologismu. 

Orang yang menganggap teman dan keluarga mereka sebagai pendukung dianggap memiliki makna hidup yang lebih besar dan tujuan yang lebih kuat.

 


4. Teman mendorongmu untuk menjadi versi terbaik Anda

Ilustrasi tiga orang sedang ngobrol
Perbesar
(Unsplash.com@priscilladupreez)

Teman juga bisa memberikan dampak positif. Anda lebih mungkin mengembangkan nilai-nilai tersebut jika Anda berteman dengan orang-orang yang murah hati dengan waktu mereka, membantu orang lain, ambisius, atau berorientasi keluarga. 

Teman-teman Anda juga bisa mendukung keputusanmu dengan membuat perubahan bersamamu.

Teman yang baik sangat penting di semua tahap kehidupan. Beberapa aspek persahabatanmu bisa berkembang seiring waktu saat Anda dewasa dan berubah sebagai individu.

Persahabatan yang kuat, di sisi lain, akan terus memperkuat Anda dari tahun ke tahun karena hal-hal penting, seperti kepercayaan, dukungan dan rasa hormat.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya