Sukses

Deretan Potret Kondisi Jepang Usai Diguncang Gempa Magnitudo 7,3

Gempa berkekuatan magnitudo 7,3 terjadi di Fukushima, Jepang pada Rabu (16/3/2022).

Liputan6.com, Jakarta Gempa berkekuatan magnitudo 7,3 terjadi di Fukushima, Jepang pada Rabu (16/3/2022). Gempa terjadi pada pukul 23.36 waktu setempat. Dikutip dari CNN, sedikitnya dua orang tewas dan puluhan lainnya mengalami luka-luka. Salah satu orang yang meninggal adalah seorang pria berusia 60-an yang tinggal di kota Soma, kata kantor pencegahan bencana setempat, Kamis (17/3/2022).

Gempa tersebut terjadi di lepas pantai prefektur Fukushima timur Jepang, sebuah wilayah yang hancur oleh gempa kuat dan tsunami 11 tahun lalu yang menyebabkan kehancuran pembangkit listrik tenaga nuklir.

Gempa tersebut menyebabkan pemadaman listrik di timur laut dan timur Jepang, mempengaruhi total lebih dari 2,2 juta rumah tangga, termasuk sekitar 700.000 di Tokyo, menurut TEPCO Power Grid Inc. dan Tohoku Electric Power Network Co. 

Setelah gempa, gelombang tsunami hingga 30 cm diamati di pelabuhan Ishinomaki di Miyagi, kata Badan Meteorologi Jepang sambil juga mendesak warga untuk menjauh dari pantai.

Peringatan tsunami dikeluarkan setelah gempa hari Rabu untuk prefektur pesisir Fukushima dan Miyagi, tetapi dicabut pada Kamis pagi dan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida kemudian mengatakan tidak ada gangguan yang terdeteksi di pembangkit nuklir mana pun di negara itu.

Gempa berkekutan tinggi tersebut tentu saja membuat banyak rumah, gedung-gedung bahkan jalanan rusak parah. Berikut ini deretan potret kondisi Jepang usai diguncang gempa magnitudo 7,3. 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Sebuah supermarket di Shiroishi, prefektur Miyagi, porak poranda usai diguncang gempa magnitudo 7,3

3 dari 9 halaman

Tak hanya barang-barang yang berserakan, atap supermarket pun ikut hancur

4 dari 9 halaman

Jalanan di antara Kunimi IC dan Shiroishi IC terlihat rusak berat akibat gempa tersebut

5 dari 9 halaman

Sebuah restoran ikut hancur akibat gempa yang mengguncang timur laut Jepang Rabu Malam

6 dari 9 halaman

Guncangan yang kuat dari gempa tersebut juga menyebabkan kereta ekspres tergelincir

7 dari 9 halaman

Sebuah rumah di Kunimi, Fukushima, rusak berat

8 dari 9 halaman

Gempa tersebut menyebabkan pemadaman listrik di timur laut dan timur Jepang, mempengaruhi total lebih dari 2,2 juta rumah tangga

9 dari 9 halaman

INFOGRAFIS: Deretan Gempa Terbesar di Indonesia dalam 5 Tahun Terakhir

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.