Sukses

7 Tanda Anda Sebaiknya Resign dan Cari Pekerjaan yang Bikin Bahagia

Berikut ini beberapa tanda Anda sebaiknya resign dan mencari pekerjaan yang membuat bahagia

Liputan6.com, Jakarta Sesekali, Anda mungkin berpikir, "Haruskah saya berhenti dari pekerjaan saya?" Ada banyak alasan bagus untuk meninggalkan pekerjaan dan membuat perubahan karier. Bagi Anda, waktu yang Anda habiskan di tempat kerja seringkali melebihi waktu Anda bersama orang-orang yang paling berharga dalam hidup Anda.

Anda mungkin merasakan tanggung jawab, kesetiaan, kepada perusahaan yang membayar gaji Anda. Tapi, kemudian segalanya berubah dan Anda kehilangan rasa loyalitas dan semangat untuk pekerjaan yang Anda lakukan.

Tahukah Anda bagaimana cara mengetahui kapan saatnya untuk mengundurkan diri dan pindah dari pekerjaan yang tidak lagi membuat Anda bahagia?

Tapi, sebelum Anda menulis surat pengunduran diri dan menyerahkannya, Anda perlu mengetahui beberapa tanda yang dapat menunjukkan bahwa Anda siap untuk perubahan.

Berikut ini beberapa tanda bahwa sudah waktunya Anda untuk resign, mengundurkan diri, dan beralih ke sesuatu yang lebih baik. Dihimpun dari Yourtango, ini dia.

1. Anda merasa puas diri

Setelah kurva belajar diratakan dan Anda menguasai tantangan baru, tidak ada yang baru untuk menarik minat Anda atau membuat sifat kreatif Anda mengalir lagi. Anda datang setiap hari dan melakukan pekerjaan Anda sambil merasa nyaman. Anda melakukan pekerjaan itu dan Anda merasa puas dengan berpikir, "Ini cukup bagus."

Ketika Anda pergi ke manajer Anda untuk menanyakan tentang melakukan lebih banyak dan dia memberi tahu Anda, "Cuma itu", Anda mungkin ingin mempertimbangkan bagaimana perasaan Anda tentang terus melakukannya setiap hari.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Anda menurunkan standar Anda

Anda masuk ke perusahaan ini dengan harapan tinggi bahwa Anda akan belajar dan tumbuh, naik, merasa tertantang, dan meningkatkan keterampilan serta gaji Anda. Ketika ini tidak terjadi, bahkan ketika Anda sabar dan terus menunggu, Anda mungkin mendapati diri Anda merasa tidak peduli jika itu terjadi sama sekali.

Ini akan menjadi energi yang terkuras dan Anda akan merasa kesulitan untuk mengumpulkan apa yang diperlukan bahkan untuk melakukan apa yang Anda pekerjakan. Standar Anda sendiri dikompromikan.

 

3 dari 6 halaman

3. Anda menganggur di tempat

Saat Anda mulai merasa puas diri dan menurunkan standar Anda, Anda mungkin menemukan bahwa Anda tidak menuju ke mana-mana dengan cepat. Anda telah menempatkan mesin Anda dalam posisi netral. Anda bosan dan terputus dari pekerjaan yang Anda lakukan, rekan kerja Anda, dan perusahaan.

Anda merasa tidak termotivasi dan seolah-olah Anda hanya melakukan gerakan. Jika Anda berada di tempat ini, secara netral, kemungkinan ada orang yang memperhatikan.

4. Anda membuat keputusan yang buruk

Kesalahan ceroboh bisa terjadi ketika Anda tidak fokus dan kehilangan semua konsentrasi. Anda mungkin merasa kurangnya komitmen untuk pekerjaan ini karena itu tidak memberi makan jiwa Anda. Jika Anda diharapkan untuk memberikan arahan kepada orang lain dan pilihan yang Anda buat sembarangan, orang lain mungkin akan menderita akibatnya.

 

 

4 dari 6 halaman

5. Anda membawa pekerjaan ke rumah bersama Anda

Jika Anda berjuang dengan satu atau lebih dari gejala-gejala ini, sulit untuk tidak membiarkan pekerjaan yang menguras jiwa pulang bersama Anda. Anda mungkin menemukan diri Anda mengeluh tentang setiap aspek pekerjaan, bahkan jika beberapa tidak terlalu buruk.

Karena pekerjaan ini menguras setiap ons kehidupan dari tubuh Anda di siang hari, Anda pulang dengan mudah tersinggung dan rewel, melampiaskannya pada orang-orang yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan yang membuat Anda sengsara.

 

5 dari 6 halaman

6. Anda tidak ingin bangun di hari Senin

Siapa yang tidak pernah merasakan ini sesekali? Setelah akhir pekan yang panjang, atau liburan yang luar biasa, atau Minggu malam yang larut? Jika ini hanya terjadi sesekali, ini bukan sesuatu yang perlu Anda khawatirkan.

Namun saat perasaan itu menyerang Anda setiap Senin pagi atau, lebih buruk lagi, setiap pagi hari kerja. Anda beralih ke mode bertahan hidup dan mendorong diri Anda melalui hari lain di kantor, merasa tidak termotivasi, tidak puas — benar-benar tidak bahagia. Ini adalah tanda pasti lain saatnya untuk beralih ke pekerjaan lain.

 

6 dari 6 halaman

7. Pekerjaan itu membahayakan kesehatan Anda

Bekerja di organisasi yang budayanya membenarkan perlakuan buruk, atau yang hubungan karyawannya tidak berfungsi, bukanlah lingkungan yang harus dipilih siapa pun untuk bekerja di dalamnya. Sayangnya, kita sering tidak tahu apa itu budaya perusahaan sampai kita sudah berkomitmen untuk bekerja di sana — dan mungkin perlu waktu untuk menyatukan semua bagian.

Jika Anda merasa diremehkan atau diremehkan oleh rekan kerja dan tim manajemen tampaknya setuju dengan perilaku itu, mulailah mencari di tempat lain.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.