Sukses

Konsumsi 5 Jenis Makanan Ini untuk Miliki Kuku Sehat dan Kuat

Sama seperti organ tubuh lain, kuku juga membutuhkan nutrisi agar tetap terjaga kesehatannya.

Liputan6.com, Jakarta - Saat merawat tubuh, seringkali Anda mengabaikan kondisi kesehatan kuku tangan maupun kaki. Tidak dapat disangkal bahwa kuku ternyata bisa menjadi indikator masalah kesehatan yang mungkin terjadi pada tubuh.

Kuku juga membutuhkan perawatan dan nutrisi agar tetap kuat. Keadaan kuku kering, rapuh, mudah patah, hingga berubah warna, akan sangat mengganggu penampilan semua orang, terutama bagi wanita.

Agar kuku tidak rusak, Anda bisa melakukan perawatan kuku secara mandiri dengan memberikan pelembab dan rutin memotong kuku, atau treatment manicure menggunakan tenaga profesional. Selain itu, berikan juga nutrisi kuku dengan beberapa makanan tertentu supaya tumbuh kuat dan tidak mudah terkelupas.

Dilansir dari bnewsbytesapp.com, Minggu (13/3/2022), berikut ini adalah daftar makanan yang dapat membantu Anda untuk mendapatkan kuku yang sehat dan kuat.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Ubi Jalar

Ubi jalar mengandung vitamin A yang berperan besar dalam memproduksi sel untuk membantu pertumbuhan kuku dan membuatnya lebih kuat. Satu ubi jalar dapat memenuhi 561 persen kebutuhan vitamin A harian Anda.

3 dari 6 halaman

Brokoli

Mengonsumsi sayuran berdaun hijau tidak hanya baik untuk kesehatan kuku, tapi juga bagus untuk tubuh Anda secara keseluruhan. Brokoli mampu meningkatkan pertumbuhan kuku yang sehat, karena kaya akan asam amino seperti sisten, zat besi, kalsium, folat, dan antioksidan.

Zat besi yang terkandung di dalam brokoli akan menghasilkan hemoglobin lebih banyak, sekaligus mampu memasok oksigen ke dasar kuku. Hal ini akan membantu kuku Anda terlihat bagus, berwarna cerah dan tubuh lebih cepat.

4 dari 6 halaman

Telur

Telur adalah sumber sempurna vitamin D, protein, vitamin B7, E, B12, zat besi, dan biotin yang meningkatkan kekebalan kuku Anda. Biotin membantu meningkatkan produksi protein dalam matriks kuku yang mencegahnya menjadi kering dan rapuh.

Anda bisa mengonsumsi telur setiap hari dalam bentuk telur dadar, omelet, telur rebus atau frittata.

5 dari 6 halaman

Kacang almond

Almond tinggi akan zinc, biotin, dan vitamin E yang membantu dalam pembelahan sel dan sintesis protein yang penting untuk pertumbuhan kuku yang sehat dan berkilau. Sekitar 23 kacang almond mengandung 60 persen kebutuhan vitamin E harian Anda. Almond juga mampu mencegah kerusakan oksidatif.

6 dari 6 halaman

Paprika kuning

Paprika kuning memiliki lebih banyak vitamin C daripada Jeruk. Vitamin C dikenal untuk meningkatkan produksi kolagen dan protein yang membuat kuku Anda kuat sekaligus tumbuh lebih cepat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.