Sukses

6 Cara Cerdas Membuat Seseorang Menyukai Anda, Menurut Ahli dari FBI

Anda dapat mencoba cara berikut untuk membuat seseorang menyukai Anda

Liputan6.com, Jakarta Baik itu di tempat kerja atau berjejaring di pesta, memecahkan kebekuan dan memulai percakapan, sejujurnya, menakutkan — terutama ketika Anda benar-benar ingin orang itu menyukai Anda.

Bagaimana jika Anda mengatakan sesuatu yang menyinggung mereka? Atau membuat lelucon yang tidak masuk akal, dan Anda disambut dengan tatapan canggung dan keheningan yang tidak wajar? Bagaimana jika Anda terlihat menjengkelkan, atau jahat, atau membosankan?!

Kita semua berpikir bahwa kita tahu rahasia untuk memenangkan seseorang; tersenyum, bersikap sopan, menganggukkan kepala, dan menertawakan lelucon mereka. Tetapi sementara teknik ini mungkin membuat seseorang berpikir bahwa Anda adalah orang yang cukup baik, Anda belum benar-benar membangun hubungan baik dan membuat mereka menyukai Anda.

Rahasia untuk meninggalkan kesan membekas adalah mengetahui bagaimana orang berperilaku, dan apa arti perilaku tersebut. Di situlah Robin Dreeke masuk. Dreeke adalah kepala Program Analisis Perilaku FBI selama lebih dari 27 tahun, jadi dia ahli dalam hubungan interpersonal dan mengetahui apa yang membuat orang tergerak.

Berikut adalah tip teratas tentang cara membuat orang menyukai Anda selama percakapan, menurut pakar di FBI:

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Jangan menghakimi

Tidak ada yang suka merasa seperti sedang dihakimi, jadi saran nomor satu dari Dreeke adalah melakukan setiap interaksi dengan seseorang dengan cara yang tidak menghakimi.

“Carilah pikiran dan pendapat orang lain tanpa menghakimi mereka. Orang tidak ingin dihakimi dalam pemikiran atau pendapat apa pun yang mereka miliki atau dalam tindakan apa pun yang mereka ambil,” jelas Dreeke.

2. Kesampingkan egomu

Sebagian besar dari kita memiliki ego yang dapat menghalangi berteman dan membuat orang menyukai Anda. Jika Anda adalah tipe orang yang hidup untuk membuktikan kesalahan orang lain atau mengoreksi seseorang, atau Anda terus-menerus mencoba untuk menyamakan mereka dengan cerita Anda sendiri, Anda membunuh peluang Anda dalam membangun hubungan.

Jika Anda menempatkan ego Anda di depan, orang lain dapat melihatnya — dan umumnya tidak merespons dengan baik perilaku ini. Mengesampingkan ego dapat membuat Anda tampak lebih terbuka dan ramah.

 

3 dari 6 halaman

3. Jadilah pendengar yang baik

Kita semua tahu bahwa kita harus mendengarkan orang lain, tetapi mengetahui hal ini dan melakukannya adalah dua hal yang sangat berbeda. Kebanyakan orang tidak tahu bagaimana cara benar-benar mendengarkan, tetapi kemampuan untuk benar-benar mendengar apa yang dikatakan seseorang adalah cara yang sangat sederhana untuk membuat mereka menyukai Anda.

Menurut Dreeke, ini termasuk mematikan refleks Anda untuk mulai memikirkan apa yang akan Anda katakan kepada seseorang saat mereka masih berbicara.

“Yang harus Anda lakukan hanyalah bertanya pada diri sendiri, 'Ide atau pemikiran apa yang mereka sebutkan yang menurut saya menarik dan ingin saya jelajahi?'” Dreeke menjelaskan.

Ini akan memberikan kesan bahwa Anda benar-benar mendengar dan peduli dengan apa yang dikatakan orang tersebut, alih-alih menggunakan cerita mereka sebagai kesempatan untuk mulai berbicara tentang diri Anda lagi.

 

4 dari 6 halaman

4. Ajukan pertanyaan yang tepat

Orang-orang suka berbicara tentang diri mereka sendiri. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa kita mendapatkan lebih banyak kesenangan ketika berbicara tentang diri kita sendiri daripada ketika berbicara tentang makanan atau uang.

Dan membuat orang berbicara tentang dirinya adalah tentang mengajukan pertanyaan yang tepat.

Pertanyaan-pertanyaan ini akan bervariasi dari orang ke orang, dan bergantung pada apa yang Anda coba keluarkan dari suatu situasi. Namun, menurut Dreeke menanyakan tentang tantangan seseorang adalah sesuatu yang paling menarik.

“Pertanyaan besar yang saya suka adalah tantangan. “Tantangan seperti apa yang Anda hadapi di tempat kerja minggu ini? Tantangan seperti apa yang Anda alami saat tinggal di bagian negara ini?” Setiap orang punya tantangan. Itu membuat orang berbagi apa prioritas mereka dalam hidup pada saat itu,” kata Dreeke.

 

5 dari 6 halaman

5. Buat mereka merasa nyaman

Jika Anda mencoba untuk memenangkan seseorang yang belum pernah Anda temui atau ajak bicara sebelumnya, prioritas Anda adalah membuat mereka merasa nyaman berbicara dengan Anda.

Cara mudah untuk mencapai ini adalah dengan memberi tahu mereka di muka bahwa Anda harus segera pergi, dan hanya memiliki beberapa saat untuk mengobrol. Menurut Dreeke, ini menghilangkan tekanan, yang merupakan cara jitu untuk membuat seseorang merasa nyaman.

“Ketika orang mengira Anda akan segera pergi, mereka akan merasa santai. Jika Anda duduk di sebelah seseorang di bar dan berkata, "Hei, bisakah saya membelikan Anda minuman?" perisai mereka naik, "jelasnya.

 

6 dari 6 halaman

6. Perhatikan bahasa tubuh

Bahasa tubuh penting dalam situasi apa pun, terutama jika Anda mencoba berteman dan membuat orang menyukai Anda. Faktanya, terkadang sinyal yang Anda berikan dengan tubuh Anda lebih penting daripada apa pun yang sebenarnya Anda katakan, jadi penting untuk memperhatikan kesan yang mungkin Anda berikan secara tidak sadar, melalui postur, kontak mata, atau gerakan tangan Anda.

“Hal nomor satu adalah Anda harus tersenyum. Anda benar-benar harus tersenyum. Senyum adalah cara yang bagus untuk menimbulkan kepercayaan,” Dreeke menekankan.

Dia juga menyarankan untuk menjaga dagu Anda tetap rendah sehingga Anda tidak 'memandang ke bawah' pada siapa pun, memiringkan kepala kecil untuk menunjukkan minat, dan berdiri agak miring, sehingga Anda tidak memaksakan ruang pribadi seseorang.

Terakhir, dia mengatakan Anda harus mencoba mengangkat tangan, karena itu menunjukkan keterbukaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.