Sukses

Studi: Kasus Covid-19 yang Parah Dapat Sebabkan Depresi dan Kecemasan

Perasaan depresi dan rasa cemas dapat bertahan hampir satu setengah tahun setelah serangan serius Covid-19, menurut sebuah penelitian.

Liputan6.com, Jakarta - Perasaan depresi dan cemas dapat bertahan hampir satu setengah tahun setelah serangan serius Covid-19, menurut sebuah penelitian yang dirilis Senin (14/3/2022).

Penelitian yang diterbitkan di The Lancet Public Health itu adalah salah satu yang pertama menganalisis dampak kesehatan mental jangka panjang setelah kasus Covid-19 yang parah, yang oleh para peneliti digambarkan tidak dapat bangun dari tempat tidur setidaknya selama seminggu.

Dilansir dari NBC News, Selasa (15/3/2022), analisis tersebut mencakup 247.249 orang yang tinggal di seluruh Eropa utara yaitu Denmark, Estonia, Islandia, Norwegia, Swedia, dan Inggris dari Februari 2020 hingga Agustus 2021. Selama waktu itu, sekitar 4 persen peserta, 9.979 orang, dinyatakan positif Covid-19.

Dibandingkan dengan mereka yang tanpa Covid-19, orang yang dites positif secara keseluruhan sedikit lebih mungkin mengalami perasaan depresi yang berkepanjangan atau kesulitan tidur. Tetapi sebagian besar, masalah tersebut mereda dalam waktu dua bulan.

Mereka yang penyakit akutnya membuat mereka terbaring di tempat tidur setidaknya selama tujuh hari di rumah sakit atau di rumah, secara signifikan lebih mungkin mengalami kecemasan dan/atau depresi 16 bulan kemudian, kata penulis studi Unner Anna Valdimarsdóttir, seorang profesor epidemiologi di University of Islandia.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Hubungan Covid-19 dengan mental

Studi ini bersifat observasional dan Valdimarsdóttir serta rekan-rekannya tidak dapat menentukan hubungan yang tepat antara Covid-19 yang parah dan kesejahteraan mental jangka panjang. 

Dampak isolasi sosial dari terbaring di tempat tidur dengan penyakit menular selama setidaknya satu minggu mungkin telah berkontribusi pada perasaan tidak berdaya yang bertahan lama, katanya.

3 dari 7 halaman

Memicu gangguan pada kesehatan mental

Tetapi penanda umum Long Covid setidaknya tiga bulan mengalami kelelahan, masalah dengan kognisi dan perhatian dan penurunan kemampuan untuk melakukan pekerjaan rumah tangga fisik juga tampaknya berperan.

“Mungkin kelompok pasien ini masih mengalami gejala fisik yang memicu gejala kesehatan mental, atau sebaliknya,” kata Valdimarsdóttir.

4 dari 7 halaman

Long covid bisa sebabkan depresi

Studi ini sebagian besar mencerminkan apa yang dilihat oleh dokter yang merawat pasien Long Covid di AS. Artinya, banyak pasien yang memiliki kasus Covid yang parah kemudian mengalami perasaan depresi.

“Gagasan bahwa orang yang terbaring di tempat tidur selama tujuh hari memiliki kesulitan kesehatan mental yang lebih besar daripada orang yang tidak, itu tidak mengejutkan bagi saya sama sekali. Itulah yang saya harapkan,” kata Jim Jackson, direktur hasil jangka panjang di ICU Recovery Center di Vanderbilt University Medical Center di Nashville, Tennessee.

5 dari 7 halaman

Kesulitan fokus

Marc Sala, seorang ahli paru dan spesialis perawatan kritis di pusat Covid-19 Komprehensif Northwestern Medicine di Chicago, mengatakan pasiennya yang mengalami long Covid melaporkan kesulitan fokus lebih daripada depresi atau kecemasan, meskipun ia mengakui bahwa mungkin ia dan pasien long Covid lainnya harus bertanya lebih banyak tentang gejala kesehatan mental seperti itu. 

Memang, Valdimarsdóttir mengatakan temuan itu dapat berarti bahwa dokter harus memantau pasien Covid mereka yang paling parah untuk indikasi masalah kesehatan mental, bahkan setelah mereka pulih dari penyakit fisik akut.

6 dari 7 halaman

Masih harus terus diteliti

Namun, Sala memperingatkan agar tidak menafsirkan penelitian baru yang menunjukkan bahwa semua gejala long Covid disebabkan oleh depresi dan kecemasan. 

“Orang-orang harus berhati-hati tentang itu,” kata Sala. “Mereka harus berhati-hati agar long Covid tidak dianggap sebagai manifestasi dari depresi dan kecemasan. Ini jauh lebih rumit dari itu.”

7 dari 7 halaman

Infografis Ragam Tanggapan Perjalanan Domestik Bebas Tes Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Varian Omicron dikenal sebagai garis keturunan B.1.1.529, adalah sebuah varian SARS-CoV-2, sebuah koronavirus yang menyebabkan COVID-19.

    COVID-19 omicron

  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.

    Omicron

  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.

    Omicron Covid-19

  • Depresi adalah kelainan suasana hati yang menyebabkan perasaan sedih dan kehilangan minat terus-menerus.

    Depresi

  • Kesehatan mental mencakup kesehatan emosional, psikologis, dan sosial.

    kesehatan mental

  • Adalah

  • Cemas