Sukses

Dirayakan 14 Maret, Mengenal Apa Itu Hari Kasih Sayang White Day

White Day diperingati sebulan setelah hari Valentine tepatnya 14 Maret.

Liputan6.com, Jakarta Kalian tentu sudah tak asing dengan hari kasih sayang Valentine, namun bagaimana dengan White Day? White Day diperingati sebulan setelah hari Valentine tepatnya 14 Maret. 

Jika pada hari Valentine para pria akan memberikan coklat atau bunga dan hadiah lainnya untuk wanita, sebaliknya di perayaan White Day para wanita membalas hadiah dari pria yang diberikan di hari Valentine.

Dilansir dari daysoftheyear, White Day pertama kali diperingati di Jepang pada tahun 1978. Sebelumnya pada tahun 1977 sebuah perusahaan gula-gula yang berbasis di Fukuoka, Ishimura Manseido, memasarkan marshmallow kepada pria pada tanggal 14 Maret, dengan menyebutnya "Hari Marshmallow".

Namun sayangnya Hari Marshmallow tidak berhasil menjadi fenomena budaya. Asosiasi Industri Manisan Nasional kemudian menetapkan White Day sebagai hari balasan untuk hari Valentine yang mendesak wanita untuk membalas hadiah yang mereka terima dari para pria di Hari Valentine.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Momen menyatakan perasaan

Selain untuk membalas hadiah, White Day juga dapat dimanfaatkan oleh para wanita sebagai kesempatan untuk menyatakan cinta kepada seseorang. Rupanya di Jepang, perayaan White Day juga dikaitkan dengan tradisi 'okaeshi'. Okaeshi sendiri artinya hadiah yang diberikan sebagai tanda terima kasih serta simbol kasih sayang dan penghargaan.

3 dari 3 halaman

Infografis 5 Cara Lindungi Diri dan Cegah Penyebaran Covid-19 Varian Omicron

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.