Sukses

Meski Kasus Menurun, Ahli Peringatkan Pandemi Covid-19 Belum Berakhir

Pandemi virus corona belum berakhir dan kasus pada kelompok usia yang lebih tua meningkat, seorang ahli memperingatkan.

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi Covid-19 belum berakhir dan kasus pada kelompok usia yang lebih tua meningkat, seorang ahli memperingatkan. Sementara, data baru menunjukkan kasus telah turun secara substansial sejak puncak gelombang Omicron pada Januari, infeksi di Inggris meningkat di antara mereka yang berusia 55 dan lebih tua.

Para peneliti mengatakan peningkatan jumlah kasus pada kelompok usia dapat disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk lebih banyak interaksi antara kelompok usia sejak pembatasan dilonggarkan, dan berkurangnya vaksin booster.

Profesor Paul Elliott, direktur program React Imperial College London, mengatakan ada kemungkinan angka tersebut menunjukkan infeksi mulai meningkat di Inggris tetapi tidak jelas kemana mereka akan berlanjut.

Dikutip dari Standard, Minggu (13/3/2022), Dr Jenny Harries, kepala eksekutif Badan Keamanan Kesehatan Inggris (UKHSA), mengatakan, “Data ini mengkonfirmasi bahwa kasus telah menurun secara substansial setelah puncak gelombang Omicron.”

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pentingnya Vaksinasi

Namun, meningkatnya kehadiran sub-garis keturunan BA.2 dari Omicron dan sedikit peningkatan infeksi baru-baru ini pada mereka yang berusia di atas 55 tahun menunjukkan bahwa pandemi belum berakhir dan bahwa kita dapat berharap melihat Covid-19 beredar pada tingkat tinggi.

“Vaksinasi tetap menjadi cara terbaik untuk melindungi kita semua dari penyakit parah dan rawat inap akibat infeksi Covid-19. Kami mendesak Anda untuk segera mendapatkan dosis primer atau booster Anda jika Anda belum melakukannya,” tambahnya.

3 dari 5 halaman

Kasus di Inggris Turun

Temuan terbaru dari studi React-1, yang mencakup 8 Februari hingga 1 Maret dengan putaran 18 studi, menunjukkan bahwa prevalensi di Inggris selama periode ini adalah 2,88%. Ini turun dari 4,41% yang dilaporkan pada putaran 17 yang mencakup 5 Januari hingga 20 Januari 2022. 

Namun, itu juga merupakan tingkat kasus tertinggi kedua yang tercatat sejak penelitian dimulai pada tahun 2020. Temuan itu berarti bahwa selama periode pengumpulan data, sekitar satu dari 35 orang di Inggris terinfeksi virus tersebut.

4 dari 5 halaman

Lebih Menular

Ketika ditanya apakah peningkatan jumlah BA.2 dapat menyebabkan lonjakan kasus baru, Prof Elliott mengatakan data perlu dilacak dengan hati-hati.

“Ini lebih menular. Kami melihat peningkatan infeksi, terutama pada kelompok yang lebih tua, dan kami melihat peningkatan rawat inap,” ujarnya.

“Jadi saya pikir apa yang kami katakan di penelitian kami adalah bahwa kami benar-benar perlu memantau dengan cermat data infeksi melalui survei, seperti React, dan kami perlu memantau rawat inap. Saat ini, kami mungkin melihat awal kenaikan, tetapi kami tidak tahu ke mana arahnya,” tutup Prof Elliott.

5 dari 5 halaman

Infografis 6 Cara Efektif Hadapi Potensi Penularan Covid-19 Varian Omicron

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.